26 Jenis Obat Tradisional Penurun Panas atau Demam Pada Anak dan Dewasa yang Efektif Menyembuhkan

Posted on

Jenis Obat Tradisional Penurun Panas atau Demam – Pada dasarnya suhu normal manusia dapat bervariasi berdasarkan kelompok usia, berikut ukuran rata-rata suhu tubuh normal yang bervariasi diantaranya :

  • Suhu normal bayi : 36,1 – 37,7 derajat Celcius
  • Suhu normal anak : 36,3 – 37,7 derajat celcius
  • Suhu normal dewasa : 36,5 – 37,7 derajat celcius

Suhu tubuh manusia dapat berubah-ubah setiap harunya. Suhu tubuh terendah terjadi pada pagi haru sedangkan suhu tubuh akan meningkat hingga 0,6 derajat celcius pada sore hari.

Suhu tubuh rendah di bawah nilai normal disebut dengan istilah hipotermia. Kondisi ini dapat terjadi ketika seseorang terpapar cuaca dingin yang berlebihan seperti berada di tempat dingin yang terlalu lama, tidak menggunakan pakaian yang hangat saat berada di tempat dingin, atau setelah terjatuh ke dalam kolam atau ke dalam air yang dingin.

Suhu tubuh tinggi di atas nilai normal disebut dengan sitilah Hipertermia. Kondisi ini dapat terjadi ketika tubuh mengalami kegagalan dalam mengatur suhu atau tidak dapat mengimbangi antara produksi panas dengan panas yang dikeluarkan tubuh, sehingga suhu tubuh terus mengalami peningkatan.

Demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius. Demam terjadi akibat adanya perubahan pada sensor tubuh terhadap panas yang disebabkan oleh toksin yang dikeluarkan kuman (misalnya saja pada demam tifoid atau penyakit tipes). Demam sebenarnya merupakan suatu tanda dari adanya reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Pada orang dewasa suhu yang mencapai 39,4 derajat celcius sedangkan demam pada anak yang mencapai suhu 38 derajat celcius sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan. Suhu tubuh yang terlalu tinggi jika berlangsung terus-menerus dapat menyebabkan dehidrasi berat dan mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh, sedangkan pada anak demam tinggi dapat menimbulkan kejang, sebab itulah anda perlu melakukan pemeriksaan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelum anda melakukan pemeriksaan ke dokter, ada baiknya anda juga terlebih dahulu memberikan upaya untuk membantu menurunkan suhu tinggi atau setidaknya untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan dari suhu yang tinggi. Upaya yang dapat dilakukan antara lain, yaitu:

  1. Perbanyak konsumsi cairan seperti cukupi air mineral atau konsumsi jus buah.
  2. Banyak konsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, mentimun, buah pir, apel dan lainnya.
  3. Kompres kening atau ketiak dengan air hangat
  4. Hindari aktifitas fisik terlalu berat.

Jika beberapa upaya diatas belum bisa menurunkan suhu tubuh anda juga dapat menggunakan beberapa bahan alami dibawah ini untuk membantu menurunkan suhu tinggi pada tubuh.

Obat Tradisional Penurun Panas

1. Bawang Merah
Bawang merah mengandung kuersetin, sikloaliin metilalin, floroglusin dan minyak atsiri yang baik bagi kesehatan tubuh anak untuk membantu menurunkan panas. Cara yang digunakan untuk membantu menurunkan panas adalah dengan membalurkan parutan bawang merah ke seluruh badan anak dan setelah beberapa saat panas akan turun.

2. Kunyit
Kunyit memiliki kandungan curcumin, zingiberen dan turmeron yang mampu menurunkan panas anak. Selain menurunkan panas anak, kunyit juga mampu menjadi antioksidan, antibakteri dan juga anti inflamasi. Untuk memanfaatkan kunyit untuk obat penurun panas adalah dengan mencampurkan sari kunyit dengan segelas air hangat lalu campurkan dengan madu dan perasan jeruk nipis, konsumsi secara rutin hingga suhu tubuh turun.

3. Temulawak
Temulawak mengandung banyak nutrisi seperti xanthorrhizol, germacrene dan alpha betha curcumena yang mampu menurunkan panas anak. Karena itulah banyak produk obat penurun panas yang menggunakan temulawak sebagai bahan dasar obat. Untuk menurunkan demam dengan temulawak adalah dengan mengambil sari temulawak lalu campurkan dengan satu gelas air hangat, lalu beri sedikit madu dan minum hingga panas tubuh menurun.

4. Teh Jahe
Mengkonsumsi teh jahe bermanfaat untuk membuka pori-pori dalam tubuh sehingga membuat tubuh mengeluarkan keringat hingga membantu menurunkan demam. Konsumsi teh jahe juga bermanfaat meredakan flu.

5. Seledri
Rebusan air seledri juga bermanfaat untuk membantu menurunkan demam dan membuat anda tidur nyenyak. Cara membuat ramuannya adalah dengan rebus seledri kedalam 1/2 liter air mendidih selama 15 menit lalu konsumsu air rebusan seledri sebagai obat penurun panas.

6. Air kelapa muda
Dalam Air kelapa muda mengandung kalium yang masih sejenis mineral, zat tersebut diperlukan ketika tubuh sedang mengalami demam. Mengkonsumsi air kelapa pada saat demam bermanfaat untuk mengeluarkan keringat lebih banyak dan suhu tubuh dapat turun.

7. Sambiloto
Obat tradisional lainnya untuk menurunkan panas atau demam adalah sambiloto kering. Cara menurunkan demam dengan sambiloto adalah dengan rebus 10gram daun sambiloto dengan 200ml air dan 25 gram kunyit. Rebus hingga air tersisa 100 ml, saring dan tambahkan madu, konsumsi rebusan tersebut 3 kali sehari.

8. Lempuyang Emprit
Lempuyang memiliki kandungan minyak atsiri yang juga bermanfaat sebagai obat penurun panas alami. Cara membuat ramuan ini adalah dengan mengambil sari lempuyang lalu campurkan dengan setengah gelas air hangat dan konsumsi dengan menambahkan 2 sdm madu, untuk hasil terbaik konsumsi ramuan tersebut 3 kali sehari.

9. Daun pegagan
Dalam sari daun pegagan terdapat kandungan saponin, triterpenoid, vellarine, dan hydrocotyline yang juga bermanfaat sebagai obat penurun panas dan revitalisasi tubuh. Rebus 1 genggam daun pegagan dengan 2 gelas air dan tunggu hingga tersisa 1 gelas rebusan dan konsumsi 3 kali sehari.

10. Daun Meniran
Daun meniran memiliki kandungan vitamin C, triterpenoid, tanin, alkaloid dan flavonoid yang merupakan antioksidan dan seluruh kandungan baik tersebut sangat berperan besar sebagai penurun panas. Rebus 1 genggam daun meniran dengan 2 gelas air dan tunggu hingga tersisa 1 gelas rebusan dan konsumsi 3 kali sehari.

11. Daun kemangi
Daun kemangi juga bermanfaat untuk obat penurun panas tradisonal. Caranya dengan siapkan 20 lembar daun kemangi dan rebus dengan satu sendok jahe kering, rebus dengan 200 ml air dna tunggu hingga tersisa 100ml air rebusan dan konsumsi dengan menambahkan sedikit madu.

12. Cuka sari apel
Obat penurun panas tradisional lainnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Gunakan 1 1/2 cangkir cuka sari apel pada bak mandi air hangat lalu gunakan untuk berendam selama 10 atau 20 menit.

13. Putih Telur
Cara selanjutnya untuk menurunkan panas adalah dengan putih telur. Kocok putih telur lalu ambil saputangan tipis dan celupkan pada putih telur. Setelah itu tempelkan kain tersebut pada telapak kaki atau tumit dan ganti kain dengan yang baru jika kain telah mengering. Lakukan hingga panas turun.

14. Daun Mint
Obat penurun panas selanjutnya adalah dengan menggunakan daun mint. rendam satu genggam daun mint dalam segelas air panas selama 10 menit. Konsumsi rendaman daun mint 3 hingga 4 kali sehari untuk membantu menyembuhkan demam.

Menurunkan Panas Secara Alami

selain menggunakan beberapa cara pengobatan tradisional seperti diatas, anda juga dapat menggunakan beberapa cara alami berikut ini untuk membantu menurunkan demam, antara lain dengan :

  1. Mandi air hangat pada saat demam dapat bermanfat untuk membantu menruunkan demam dan membantu membuat rileks tubuh. Mandi air hangat juga bertujuan untuk membunuh organisme serta bakteri dalam tubuh.
  2. Mengatasi demam selanjutnya adalah dengan mengkompres air hangat pada bagian kening dan bagian lengan.
  3. Mengkonsumsi makanan pedas saat sedang demam dapat membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat serta membantu meningkatkan sirkulasi darah. Hal tersebut juga dapat membuat suhu tubuh turun.
  4. Mengkonsumsi jus nanas juga bermanfaat menurunkan demam, karena nanas memiliki kandungan anti peradangan alami yang dapat meredakan demam.
  5. Mencukupi tubuh dengan air mineral bertujuan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Tubuh membutuhkan 2 liter air setiap harinya untuk membantu metabolisme tubuh berjalan dengan lancar.
  6. Saat tubuh mulai terasa demam, cobalah untuk mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh sehingga tubuh akan terhindar dari serangan demam yang lebih parah.
  7. Ketika sedang demam, gunakan pakaian tipis dan nyaman. Baju dapat menolong turunkan suhu badan karna dapat keluarkan suhu panas badan. Kemudian saksikan perubahan panas badan anak, apakah naik atau turun.
  8. Banyak istirahat dan tidur tercukupi dengan baik dapat menolong menurunkan panas pada anak dibandingkan dengan anak yang kurang waktu istirat dan kurang tidur.

Itulah penjelasan tentang Jenis Obat Tradisional Penurun Panas atau Demam. Jika panas belum juga turun dan penderita menunjukkan tanda-tanda tertentu seperti panas truun naik hingga muncul bintik-bintik merah dan ruam pada kulit segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.