30 Jenis Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Jantung Penting Diketahui

Posted on

Jenis Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Jantung – Makanan yang baik untuk kesehatan jantung adalah makanan yang tidak memiliki kandungan tinggi kolesterol jahat. Mengetahui jenis makanan yang sehat untuk jantung penting sekali dilakukan untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan mengurangi resiko angka kematian akibat serangan jantung.

Untuk menghindari penyakit jantung, kita perlu menerapkan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi jenis makanan sehat, melakukan olahraga teratur dan tidak merokok. Jika kita melakukan pola hidup tersebut, maka dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung sebanyak 82%. Sedangkan pada usia 70-90 tahun yang biasa melakukan pola hidup sehat dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 66%.

Cara paling mudah untuk mengurangi resiko penyakit jantung adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung. Makanan sehat untuk jantung bermanfaat membantu kerja jantung dengan baik. Berikut ini terdapat ebrbagai jenis makanan sehat untuk jantung yang dapat kita konsumsi setiap hari.

Makanan Sehat untuk Jantung

1. Ikan Salmon
Selain tinggi kandungan omega-3, salmon juga banyak mengandung protein yang sangat menguntungkan untuk menjaga kesehatan. Setiap 3 ons daging ikan salmon mengandung lemak antara 5 hingga 11 gram dan 700 hingga 1.800 miligram zat omega-3. Selain itu ikan salmon juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral.

2. Ikan Tuna
Ikan tuna juga tinggi omega-3. Omega-3 berperan membantu jantung untuk mengatur denyut jantung, melindungi tekanan pada denyut jantung, menurunkan potensi serangan jantung, meningkatkan rasio kadar HDL dalam darah dan menggantikan semua makanan yang banyak mengandung kolesterol.

3. Almond
Almond banyak mengandung vitamin E, kalsium, kalium dan magnesium, tinggi serat dan protein. Dalam 23 butir kacang almond mengandung 1 gram lemak jenuh dan kolesterol serta 13 gram lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi 1 ons kacang almond dalam sehari juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Almod akan menghancurkan kolesterol jahat dalam darah dan mengubahnya menjadi kolesterol baik.

4. Kenari
kenari banyak mengandung asam lemak omega3, magnesium, folat, vitamin E, lemak tak jenuh dan pitosterol. Mengkonsumsi kacang kenari sabanyak satu ons dapat membantu menurunkan resiko masalah darah ke bagian jantung. Selain itu, kandungan omega-3 alpha-linolenic acid yang bisa bermanfaat untuk mencegah masalah penggumpalan darah.

5. Susu Kedelai
Susu kedelai adalah jenis minuman yang diolah dari bahan kedelai. Rutin mengkonsumsi susu kedelai bermanfaat untuk mengurangi resiko serangan jantung dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Hal ini karena dalam satu gelas susu kedelai terdapat kandungan gizi sebanyak 6.5 gram protein, 3 gram lemak sehat, 0.5 gram lemak jenuh dan kurang dari 20 mg kolesterol.

6. Beras Merah
Beras merah memiliki kandungan zat yang penting untuk tubuh, seperti mangan yang berfungsi untuk menetralisir lemak dalam tubuh. Zat mangan juga membantu proses sintesis lemak dalam tubuh, memperbaiki sistem syaraf dan organ reproduksi. Dalam satu porsi beras merah mengandung lebih dari 70% kebutuhan mangan untuk tubuh. Serta antioksidan yang untuk menetralisir lemak dalam tubuh. Zat mangan juga membantu proses sintesis lemak dalam tubuh, memperbaiki sistem syaraf dan organ reproduksi. Dalam satu porsi beras merah mengandung lebih dari 70% kebutuhan mangan untuk tubuh

7. Wortel
Wortel mengandung sekitar 200 % vitamin A, 9 % vitamin K, 3 % kalsium dan 7 % vitamin C. Kandungan lain dari wortel adalah beta-karoten yang sangat bagus untuk jantung. Wortel juga memiliki beberapa kandungan zat lain yang sangat penting untuk jantung seperti asam folat, vitamin B6, potassium, magnesium dan tiamin. Semua kandungan wortel tersebut bisa membangun otot jantung, mencegah stroke dan juga membentuk sistem syaraf dalam tubuh.

8. Bayam
Bayam memiliki kandungan zat phytochemical dari zat warna hijau daun, vitamin, asam folat dan zat besi. Bayam akan melindungi fungsi jantung, mencegah gangguan pada detak jantung dan menjaga indra penglihatan. Bayam juga dikenal sebagai makanan penambah darah super cepat.

9. Kacang Hitam
Kacang hitam memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk kesehatan jantung. Kandungan folat, antioksidan dan magnesium didalamnya dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Kandungan serat pada kacang hitam bermanfaat mengontrol kadar kolesterol dan gula darah.

10. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung, melindungi pembuluh darah dalam tubuh dan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk salad dan memasak sayuran atau dimakan sebagai olesan untuk roti.

11. Tahu
Tahu memiliki kandungan protein vegetarian dalam jumlah yang besar, serat dan lemak tak jenuh ganda yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ketika dimasak, tahu akan menyerap rempah-rempah yang juga bermanfaat untuk jantung.

12. Buah Apel
Mengkonsumsi 2 buah apel setiap hari mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa apel dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, serta membantu mengatur gula darah. Apel memiliki kandungan fitonutrien, serta kandungan dari senyawa lain yang baik untuk organ jantung, yaitu quercetin dan pektin. Quercetin bermanfaat untuk mencegah peradangan dan asma, yang diduga juga mampu menurunkan resiko kanker.

13. Buah Anggur
Buah anggur sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, hal ini karena buah anggur memiliki kandungan serat dan senyawa quercetin yang membantu melindungi pembuluh darah dari masalah penyumbatan. Kandungan polifenol dan asam fenolik pada buah anggur dikaitkan dengan kesehatan jantung yang baik.

14. Kubis
Selain kaya kandungan fitonutrien yang bermanfaat untuk kesehatan organ jantung, kubis juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, potasium, dan zat besi, yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh secara umum. Terbentuknya plak lemak dalam arteri (aterosklerosis) menyebabkan penyakit jantung. Kandungan sulforaphane yang merupakan senyawa alami ditemukan dalam kubis brussel, kol, kembang kol, kangkung, bermanfaat untuk mengurangi perkembangan penyakit pada arteri.

15. Buah Berry
Macam-macam buah berry seperti pada bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry memiliki tinggi kandungan serat dan antidioksidan yang berkhasiat menurunkan resiko serangan jantung. Selain itu rasa manis di dalam buah beri tidak memicu diabetes.

16. Buah Jeruk
Kandungan pektin yang terkandung di dalam buah jeruk membantu untuk menetralkan protein galektin-3 yang merusak sel-sel jaringan pada jantung. Jeruk juga bermanfaat untuk membantu menjaga arteri dan melindungi tubuh dari serangan jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

17. Madu
Madu memiliki rasa manis alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi madu juga mampu memerangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Madu memiliki kisaran kandungan antioksidan yang sebanding dengan apel, pisang, jeruk dan stroberi.

18. Legum
Legum adalah sejenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3, serat larut dan kalsium yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

19. Biji Chia
Chia adalah sejenis biji makanan yang berasal dari tanaman din Gurun Salvia Hispanica di Meksiko. Dalam biji chia mengandung omega 3 dan serat yang mengenyangkan. Serat berfungsi baik untuk mengurangi kolesterol yang cara kerjanya membawa kolesterol keluar dari dalam tubuh sehingga akan berdampak baik untuk menjaga kesehatan jantung

20. Buah Pisang
Pisang memiliki kandungan zat yang baik untuk menjada kesehatan jantung seperti kandungan kalium, mineral elektrolit, dan sedikit sodium. Kalium sangat penting untuk jantung karena berperan untuk mengalirkan listrik ke denyut jantung. Sementara kandungan rendah sodium bisa membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan serangan jantung.

21. Kentang
Kentang tinggi kandungan serat yang berfungsi baik untuk membersihkan seluruh kandungan kolesterol jahat dalam darah. Kentang juga memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin C yang mampu mengurangi radikal bebas dalam tubuh, sedangkan kandungan karotenoid dalam kentang bermanfaat menjaga detak jantung.

22. Kedelai
Kedelai banyak mengandung protein dan lemak tak jenuh. Kandungan zat pada kedelai bisa mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol dan memperkuat otot jantung.

23. Alpukat
Alpukat berperan besar untuk menyerap karotenoid ( terutama beta-karoten dan lycopene). Dua zat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar LDL dalam darah dan meningkatkan kolesterol yang baik untuk jantung.

24. Brokoli
Brokoli memiliki kandungan gizi yang penting untuk tubuh seperti serat, vitamin C, vitamin B6, vitamin A, dan kalium. Bahkan brokoli juga memiliki kandungan anti oksidan, glukobrasin, karotenoid seperti zeaxantin, beta-karoten, dan flavonoid. Brokoli juga berperan untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol dalam darah, menjaga pembentukan pembuluh darah, dan sebagai anti – inflamasi. Brokoli mengandung protein tinggi yang bisa mencegah serangan jantung koroner.

25. Oatmeal
Oatmeal memiliki kandungan vitamin, mineral dan memiliki kandungan tinggi serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Oatmeal yang terbuat dari gandum memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi kesehatan jantung. Oatmeal adalah makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk pembentukan tulang dan gigi.

26. Pepaya
Pepaya memiliki kandungan antioksidan, vitamin C dan vitamin A yang berperan mencegah proses oksidasi pada kolesterol tubuh. Oksidasi tubuh berhubungan dengan serangan jantung yang bisa terjadi dalam waktu sangat cepat. Kandungan antioksidan dalam pepaya berperan untuk mencegah timbunan plak dalam pembuluh darah yang biasanya menjadi penyebab serangan jantung. Selain itu vitamin E yang ada dalam pepaya juga mengandung paraoxonase yang bisa menghambat proses oksidasi LDL dan HDL dalam tubuh. Pepaya juga kaya akan serat yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh.

27. Labu
Dalam seperempat iris labu mengandung magnesium yang bisa berfungsi untuk menciptakan adenine trifosfat, mengolah sistem DNA dan RNA yang berperan untuk memompa jantung. Bahkan kandungan magnesium dalam labu juga berperan untuk mengatur sistem kerja pembuluh darah yang bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

28. Asparagus
Asparagus memiliki kandungan gizi yang sangat penting untuk jantung, antara lain serat, vitamin B, dan asam folat. Vitamin B dalam asparagus berfungsi untuk mengatur sistem homosistein yang dapat mencegah serangan jantung. Selain itu kandungan zat anti-inflamasi dalam asparagus juga bisa mencegah serangan jantung.

29. Tomat
Tomat memiliki kandungan zat yang penting untuk menjaga kesehatan jantung seperti kandungan vitamin C dan lycopene. Selain itu, kandungan asam salisilat pada tomat juga berperan untuk mencegah proses pembekuan darah.

30. Ubi Jalar
Ubi jalar menjadi sumber makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan Kandungan vitamin B6 dalam ubi jalar bisa berfungsi untuk mengatur sistem homosistein dalam tubuh sehingga bisa mengurangi resiko serangan jantung. Kandungan magnesium yang bisa bermanfaat untuk membuat sistem arteri dalam tubuh berjalan dengan baik. Kalium adalah jenis zat lain yang ditemukan dalam ubi jalar. Kalium menjadi salah satu jenis elektrolit yang berfungsi untuk mengatur detak jantung dan beberapa sistem syaraf dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Jenis Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Jantung yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..