Jenis Makanan Yang Bahaya Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Posted on

Makanan Yang Bahaya Dikonsumsi Saat Perut Kosong –¬†Makanan yang dikonsumsi setiap hari akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Seperti pada saat mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan perut menjadi mulas atau gangguan pencernaan lainnya. Sama halnya pada saat kondisi perut kosong kita mengkonsumsi makanan tidak sehat maka akan mengganggu kesehatan seperti masalah pencernaan.

Hal ini sesuai dengan pendapat Dr. Rupali Datta, seorang ahli gizi klinik dari Fortis Hospital di India menyarankan beberapa makanan yang harus dihindari saat perut kosong atau saat bangun tidur. Ini bertujuan agar sistem pencernaan kembali berfungsi secara optimal setelah diistirahatkan selama berjam-jam.

Jenis Makanan Yang Bahaya Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari pasa saat perut kosong, antara lain:

1. Konsumsi Soda
Soda adalah salah satu jenis minuman yang segar diminum saat cuaca panas. Namun hindari konsumsi minuman bersoda saat kondisi perut kosong karena dapat berakibat merusak membran mukosa dan menurunkan suplai darah ke perut yang mengakibatkan makanan lebih sulit untuk dicerna.

2. Konsumsi Minuman Dingin
Pada saat kondisi perut kosong sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman dingin. Minuman dingin yang dikonsumsi saat perut kosong dapat merusak selaput lendir dan membuat kerja sistem pencernaan melambat. Karena itu lebih baik konsumsi minuman hangat (suam-suam kuku) untuk mendorong sistem metabolisme bekerja lebih maksimal.

3. Konsumsi Buah Pir
Banyak yang menganggap makan buah saat pagi hari bisa dijadikan sebagai alternatif sarapan karena dapat membuat perut cepat kenyang. Namun tidak dengan buah pir, mengkonsumsi buah pir saat perut kosong dapat melukai membran mukosa halus dikarenakan buah pir mengandung serat kasar.

4. Konsumsi Tomat
Tomat memang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, mengkonsumsi tomat pada saat perut kosong dapat meningkatkan keasaman pada perut karena tomat mengandung asam tannic. Hal tersebut akan menyebabkan ulkus lambung. Karena itu hindari konsumsi tomat pada pagi hari.

5. Konsumsi Sayuran Mentah
Mengkonsumsi makanan mentah seperti salad atau trancam memang rasanya segar. Namun makanan mentah tidak cocok dikonsumsi pada saat perut kosong. Sebab sayuran mentah memiliki serat kasar yang dapat membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga menyebabkan perut menjadi kembung.

6. Konsumsi Buah Pisang
Mengkonsumsi buah pisang saat perut kosong dapat menyebabkan jumlah kadar magnesium dalam darah menjadi meningkat. Hal ini dapat membahayakan fungsi hati dalam tubuh.

7. Konsumsi Permen
Mengkonsumsi permen manis pada saat perut kosong dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh yang menyebabkan meningkatnya beban pakreas. Meningkatnya kadar insulin dalam tubuh dapat memicu penyakit diabetes. Karena itulah hindari mengkonsumsi makanan manis pada saat kondisi perut kosong.

8. Konsumsi Mentimun
Mentimun adalah salah satu sayuran mentah yang memiliki kandungan asam amino. Namun, meskipun demikian hindari mengkonsumsi mentium saat kondisi perut kosong karena dapat menyebabkan perut mulas, kembung dna sakit perut.

9. Konsumsi Buah Jeruk
Jeruk tinggi kandungan asam yang baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin C nya yang tinggi menyebabkan jeruk tidak cocok dikonsumsi pada saat perut kosong karena dapat menyebabkan perut mulas. Selain menyebabkan mulas, jeruk juga menyebabkan radang perut dan sakit lambung.

10. Konsumsi Makanan Pedas
Makanan pedas menjadi salah satu favorit masyarakat di Indonesia. Namun hindari makan pedas saat kondisi perut kosong karena dapat merusak dan menyebabkan iritasi pada mukosa lambung. Selain itu makanan pedas juga dapat meningkatkan produksi asam dalam perut.

11. Konsumsi Makanan Mengandung Ragi
Mengkonsumsi roti atau jenis makanan yang mengandung ragi pada kondisi perut kosong sebaiknya dihindari karena makanan mengandung ragi dapat menyebabkan iritasi pada lapisan perut dan menyebabkan perut kembung.

12. Konsumsi Kopi
Kopi selalu setia menemani banyak orang dipagi hari, namun kopi tidak cocok dikonsumsi saat perut masih ksoosng. Hal ini karena kopi dapat merangsang sekresi asam klorida yang menyebabkan perut mulas dan berakhir pada gastritis (maag).

Itulah penjelasan tentang Jenis Makanan Yang Bahaya Dikonsumsi Saat Perut Kosong . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.