Jenis Makanan Untuk Mendukung Program Hamil Yang Harus Dikonsumsi Calon Ibu dan Pasangan

Posted on

Jenis Makanan Untuk Mendukung Program Hamil  – Selain karena faktor genetik, kesehatan sel sperma dan sel telur juga ditentukan dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Salah satu keberhasilan progam hamil adalah dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Saat melakukan progam hamil anda harus memperhatikan jenis makanan untuk tetap mendapatkan nutrisi seimbang dan dapat menurunkan tingakt stress. Karena salah satu faktor kegagalan pada progam hamil diakibatkan karena stress.

Karena itulah anda harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, baik bagi istri maupun suami. Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang dapat anda konsumsi untuk mendukung kesuksesan progam hamil yang anda lakukan.

Makanan Program Hamil

Produk Olahan Susu
Jenis produk olahan susu yang baik dikonsumsi untuk mendukung progam hali adalah jensi produk olahan susu lemak utuh. Sebuah penelitian menyebutkan, wanita dengan mengkonsumsi satu porsi produk olahan susu lemak utuh memiliki tingkat kegagalan ovulasi 27% lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsusmi produk olahan susu atau pada mereka yang mengkonsumsi produk olahan rendah lemak. Selain itu, susu juga tinggi vitamin D yang bermanfaat baik dalam memproduksi hormon seksual. Untuk mendukung promil, sebaiknya ganti konsumsi rendah lemak dengan susu lemak utuh.

Makanan Karbohidrat Tinggi Serat
Jenis makanan karbohidrat tinggi serat yang dapat dikonsumi untuk mendukung promil diantaranya seperti gandum utuh, bayam, oatmeal, dan beras tumbuk. Makanan jenis ini dapat membantu menurunkan kadar beban glikemik dalam tubuh sehingga dapat memperbesar kesempatan untuk hamil.

Konsumsi Ikan Salmon
Salah satu penyebab kemandulan adalah tubuh yang kekurangan vitamin D. Karena itulah mengkonsumsi makanan tinggi vitamin D sangat diperlukan dalam melakukan progam hamil, salah satunya dengan mengkonsumsi ikan salmon. Selain vitamin D, ikan salmon juga tinggi omeg 3 dan asam lemak sehat yang mendorong aliran darah kerahim untuk meningkatkan kesuburan. Selain itu berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas North Carolina,menyatakan bahwa vitamin D dapat memperbaiki mood dan mendorong terjadinya reproduksi. Vitamin D juga berperan dalam menyiapkan rahim sebagai tempat menempel embrio janin.

Kacang-Kacangan
Jenis makanan untuk mendukung kehamilan selanjutnya adalah jenis kacang-kacangan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani, 39% lebih sulit mengalami kehamilan, dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi protein nabati, mereka cenderung tidak mengalami kesulitan untuk mengalami kehamilan. Seperti jenis kacang tanah, pistachio, dan biji-bijian seperti wijen bisa meningkatkan peluang keberhasilan promil Anda. Makanan ini mengandung coenzyme Q10 (CoQ10), zat antioksidan yang beperan dalam produksi energi sel di dalam tubuh, termasuk sel telur.

Jenis Sayuran Daun Hijau Gelap
Jenis sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, brokoli dan lainnya memiliki banyak kandungan folat dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan proses ovulasi secara signifikan. Asam folat bermanfaat juga untuk mengurangi risiko keguguran dan masalah genetik pada bayi. Selain untuk wanita, asam folat juga baik untuk pria untuk membanti meningkatkan kesehatan sperma dan menghindari produksi sperma abnormal.

Roti Gandum
Roti gandum adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna dibandingkan dengan jenis karbohidrat olahan, hal ini bermanfaat untuk membantu menjaga kadar gula dan kadar insulin tetap stabil. Tingginya kadar insulin dalam tubuh dapat mengganggu hormon reproduksi sehingga menyebabkan wanita lebih sulit untuk hamil dibandingkan dengan wanita yang memiliki kadar insulin normal. Pilihlah jenis roti berwarna gelap dibandingkan dengan roti putih.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah jenis lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin serta mengurnagi peradang diseluruh tubuh karena radang dapat mengganggu ovulasi, pembuahan dan perkembangan embrio tahap awal. Gunakan minyak zaitun untuk campuran salad atau pengganti minyak untuk memasak.

Jenis Kerang-Kerangan
Jenis kerang-kerangan memiliki kandungan vitamin B12. Menurut penelitian, vitamin B12 memiliki hubungan antara kekurangan vitamin B12 dan kadar estrogwn yang abnormal yang dapat mengganggu implantasi telur ketika dibuahi. Vitamin B12 dapat membantu memperkuat lapisan endometrium dalam pembuahan sel telur, sehingga mengurangi risiko keguguran.

Asparagus
Asparagus memiliki kandungan asam folat yang bermanfaat baik untuk mendukung progam hamil. Menurut penelitian, asam folat berfungsi membantu mengurangi risiko kegagalan ovulasi. Untuk wanita sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung tinggi asam folat untuk mendukung progam hamil.

Biji Labu
Biji labu memiliki kandungan zat besi non-heme, yaitu jenis zat besi yang hanya ditemukan pada jenis makanan tertentu salah satunya pada labu. Wanita yang secara rutin mengkonsumsi zat besi non-heme memiliki 40% lebih tinggi mengalami kehamilan. Untuk menikmati biji labu, anda dapat memanggang biji labu dalam oven hingga kering dan anda dapat mengkonsumsinya seperti makan kuaci.

Telur
Telur memiliki kandungan vitamin D yang menurut sebuah penelitian di Universitas Yale mengukur kadar Vitamin D dari 67 orang wanita yang mandul dan menemukan bahwa hanya 7% dari mereka yang memiliki kadar vitamin D yang normal, sedangkan 93% lainnya menderita kekurangan vitamin D.

Tahu
Tahu memiliki kandungan zat besi. Berdasarkan penelitian, bahwa wanita yang kekurangan zat besi lebih berrisiko mengalami kegagalan ovulasi, dan memiliki kualitas sel telur yang tidak sehat sehingga dapat menurunkan peluang kehamilan hingga 60%.

Kacang Almond
Almon memiliki kandungan vitamin E yang juga dapat mendukung promil. Sedangkan menurut penelitian, bahwa vitamin E dapat membantu meningkatkan kuallitas seperma pria. Sedangkan berdasarkan studi kasus yang dilakukan pada tikus betina, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kemandulan.

Kacang Polong
Kacang polong memiliki kandungan zinc. Zinc dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria, meningkatkan volume sperma, memperbaiki bentuk, fungsi dan kualitas sperma sehingga menambah kesuburan pria. Sedangkan pada wanita, kurangnya zinc dapat menyebabkan ketidakseimbangan estrogen dan progesteron.

Itulah penjelasan tentang Jenis Makanan Untuk Mendukung Program Hamil   . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.