11 Jenis Makanan Sehat Yang Dilarang dan Berbahaya Bika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Posted on

Jenis Makanan Sehat Yang Dilarang dan Berbahaya Bika Dikonsumsi Secara Berlebihan¬† –¬†Salah stau kunci untuk menerapakan hidup sehat adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan sehat. Namun terlalu berlebihan mengkonsumsi jenis makanan sehat juga tidak berdampak baik untuk kesehatan.

Menurut ahli gizi Jenna Hope, Setiap orang perlu memperhatikan kuantitas makanan yang dikonsumsi, meski makanan tersebut tergolong sebagai makanan sehat. Terlalu banyak mengkonsumsi air putih juga dapat menyebabkan ketidak seimbangan elektrolit didalam tubuh.

Selain air putih, Jenna Hope juga mengatakan terdapat jenis makanna sehat yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi secara berlebihan antara lain:

Jenis Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Berlebihan

1. Selai Kacang
Selai kacang menjadi salah satu makanan sehat yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Selai kacang memiliki kandungan asal lemak tak jenuh tunggal yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan sendi. selai kacang juga menjadi sumber protein nabati yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Namun, selai kacang memiliki kandungan kalori tinggi, oleh karena itu terlalu banyak mengkonsumi selai kacang dapat membuat tubuh berlebihan asupan kalori. Disarankan hanya mengkonsumsi selai kacang satu sendok makan atau sekitar 95 kalori.

2. Matcha
Matcha atau teh hijau adalah salah satu minuman sehat kaya antioksidan dan senyawa L-Theanine yang bermanfaat baik untuk menenangkan otak. Efek kafein pada matcha lebih rendah dibandingkan dengan kopi dan tidak menyebabkan lonjakan atau penurunan energi dalam waktu singkat. Namun, kandungan kafein pada matcha membuatnya tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi matcha pada sore atau malam hari dapat menganggu kualitas tidur. Sedangkan mengkonsumi matcha berlebihan harus dihindari dari orang-orang yang sedang mengalami stress atau cemas, karena hal ini dapat menstimulasi gejala yang mirip dengan kecemasan.

3. Produk Kedelai
Kedelai merupakan sumber protein yang baik dan kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, selenium serta zinc yang memiliki sifat antioksidan. Sedangkan, dalam sebuah penelitian menyebutkan jika kedelai dapat meningkatkan kadar estrogen. Tingginya entrogen dalam tubuh memiliki kontribusi terhadap peningkatan resiko kanker payudara. Karena itulah, disarankan untuk tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi jenis olahan kedelai. Sebagai penggantinya anda dapat mengkonsumsi susu dari beras, almond atau oat.

4. Buah Kering
Buah kering sering sekali dijadikan sebagai alternatif makanan ringan yang lebih sehat dibandingkan dengan snack atau jenis makanan ringan. Hal ini karena buah kering kaya kandungan serat dan mikronutrien seperti kalium, magnesium dan zat besi. Namun kandungan gula pada buah kering jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit diabetes. Sebagai contoh, dalam satu porsi kismis memiliki kandungan gula sebanyak 20Gram, jumlah tersebut sudah melebihi 2/3 dari batas asupan gula harian yang diperbolehkan.

5. Beetroot
Beetroot (Bit) adalah buah yang populer dengan banyaknya kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun bit juga memiliki kandungan oksalat tinggi yang dapat mengikat kalsium dan magnesium untuk mencegah penyerapan. Jika sudah demikian, oksalat dapat pembentukan batu saluran kemih. Karena itu, bit sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

6. Minyak Ikan dan Omega 3
Asam lemak omega 3 memili peran penting untuk kesehatan karena dapat melawan peradangan dalam tubuh, membantu perkembangan otak dan mengurangi resiko penyakit jantung. Namun berlebihan mengkonsumsi omega 3 juga berdapak buruk bagi kesehatan. Dosis yang dianjurkan untuk mengkonsumi omega tiga setiap harinya adalah 1-6 gram, berlebihan mengkonsumsi omega 3 berdampak buruk karena mampu mengencerkan darah dalam tubuh.

Selain itu, berlebihan mengkonsumsi minyak ikan juga dapat menyebabkan keracunan vitamin A, hal ini lebih khusus pada wanita hamil dan anak-anak.

7. Tuna
Tuna adalah jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3 dan protein yang tinggi. Namun, tuna memiliki kandungan polutan lingkungan tingkat tinggi yang disebut methylmercury. Methylmercury adalah racun saraf yang dapat menyebabkan efek negatif untuk kesehatan, seperti keterlambatan perkembangan pada anak-anak, masalah penglihatan, gangguan pendengaran, dan gangguan bicara. Untuk itu disarankan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi ikan tuna, khususnya untuk wanita hamil dan anak-anak.

8. Bayam
Baya memiliki kandungan protein, serat dan berbagai macam vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, bayam juga tinggi kandungan oksalat yang dapat menyebabkan batu ginjal. Untuk itu, penderita penyakit ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi bayam.

9. Tomat dan Jeruk
Tomat dan Jeruk adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin C tinggi. Namun jika terlalu berlebihan mengkonsumsi keduanya, dapat meningkatkan dan menyebabkan asam lambung naik, karena asupan asam yang berlebihan dalam tubuh. Untuk itu, anda hanya disarankan untuk mengkonsumsi 2 buah tomat dan jeruk per hari nya.

10. Kayu Manis
Kayu manis memiliki kandungan antioksidan tinggi yang terbukti ampuh untuk membantu melawan peradangan dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Mengkonsumsi kayu manis juga dapat mencegah resiko penyakit jantung, diabetes dan kanker. Namun, dalam kayu manis mengandung senyawa coumarin yang jika dikonsumsi berlebihan dapat membahayakan tubuh. Jumlah coumarin yang dianjurkan adalah 0,1 mg per kg berat badan, apabila dikonsumsi lebih dari jumlah tersebut dapat menyebabkan keracunan hati dan kanker.

11. Hati
Bagian paling bergizi dari hewan adalah hati, karena hati kaya akan nutrisi penting, seperti zat besi, B12, Vitamin A, dan tembaga. Namun, 100 gram hati sapi mengandung lebih dari enam kali asupan vitamin A yang disarankan, dan tujuh kali tembaga. Kelebihan Vitamin A dapat menyebabkan gejala keracunan Vitamin A. Gejala-gejala lain yang mungkin terjadi seperti masalah penglihatan, nyeri tulang dan peningkatan resiko patah tulang, mual dan muntah. Mengkonsumsi terlalu banyak tembaga dapat menyebabkan stres oksidatif dan dapat meningkatkan resiko penyakit Alzheimer. Sebaiknya, konsumsi hati sekali dalam seminggu.

Mengonsumsi makanan dalam porsi yang sewajarnya akan mendatangkan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan dan membahayakan tubuh anda.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Jenis Makanan Sehat Yang Dilarang dan Berbahaya Bika Dikonsumsi Secara Berlebihan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..