17 Jenis Makanan Penyebab Kanker Payudara Paling Berbahaya

Posted on

Jenis Makanan Penyebab Kanker Payudara Paling Berbahaya – Jumlah penderita kanker payudara di Indonesia bisa dikatakan tertinggi di antara jenis kanker lainnya. Sistem Informasi RS (SIRS), mencatat, total pasien rawat jalan maupun rawat inap pada kanker payudara terbanyak yaitu 12.014 orang (28,7%).

Hal tersebut tentu membuat siapa pun mencari tahu cara untuk mencegah penyakit ini. Beberapa penelitian pun terus menganalisis senyawa yang terkandung dalam makanan tertentu.

Ahli gizi Dr Claire Robertson dan pakar Biokimia Dr Miriam Dwek dari University of Westminster menyampaikan, ada beberapa makanan yang mungkin perlu Anda batasi atau kurangi untuk mencegah kanker payudara, seperti dikutip Dailymail, Senin (14/9/2015):

Jenis Makanan Pemicu Kanker

1. Daging merah
Daging merah tersebut banyak mengandung lemak jenuh. Hal tersebut sering dikaitkan dengan risiko kanker payudara pasca menopause.

2. Hindari makanan yang dipanggang terlalu matang
Makanan yang dibakar atau panggang tentunya akan menyisakan gosong pada makanan. Gosong pada makanan ini dapat memproduksi bahan kimia karsinogenik yang dapat memicu kanker.

3. Kue, biskuit
Kue dan biskuit banyak mengandung `lemak tersembunyi` dan lemak trans (lemak terhidrogenasi) yang meningkatkan kolesterol total dan menurunkan kolesterol baik (HDL). Maka berhati-hatilah saat mengkonsumsi makanan tersebut agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

4. Gula
Gula sendiri merupakan pemanis alami tetapi kita harus hati-hati juga saat mengonsumsinya karena makanan manis dapat meningkatkan kadar glukosa darah dan meningkatkan konsentrasi insulin – faktor risiko yang dapat megembangkan kanker payudara.

5. Daging olahan
Daging olahan merupakan daging yang di olah dengan beberapa bahan dan tidak hanya terdiri dari daging tersebut. Ada beberapa pengawet yang digunakan dalam produksi daging olahan (bacon, ham dan hot dog, berisiko menjadi karsinogenik), walaupun belum ada bukti yang kuat.

6. Alkohol
Menurut studi American Cancer Society, kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan air keras dapat meningkatkan resiko untuk terkena kanker payudara. American Cancer Society menyarankan agar wanita menahan diri untuk tidak minum alkohol terhdapat wanita yang rentan terhadap kanker payudara.

7. Lemak
Diet tinggi lemak terutama Lemak jenuh adalah jenis makanan yang menyebabkan penyebab kanker payudara pada wanita. Cancer Research UK menyebutkan, meskipun memiliki resiko kecil namun diet tinggi lemak mengandung banyak kalori yang dapat menyebabkan obesitas sehingga secara langsung dapat dikaitkan dengan kanker payudara.

8. Kedelai
Berdasarkan American Canser Society, mengatakan bahwa mengkonsumsi kedelai dari waktu kewaktu dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

9. Makanan Diet
Produk low fat atau produk makanan diet memang memiliki kandungan rendah kalori sehingga tidak mengakibatkan kegemukan. Namun pemanis buatan yang terkandung didalamnya berbahaya untuk tubuh. Pemanis buatan seperti aspartam adalah penjahat kesehatan dalam tubuh karena dapat menyebabkan kanker, cacat pada bayi, dan gangguan pada jantung.

10. Snack ringan
Snack makanan ringan yang banyak digemari siapa saja ini sangat berbahaya untuk kesetahan. Snack gurih tersebut banyak mengandung kadar sodium yang tinggi sehingga dapat menyebabkan hipertensi. Selain itu snack juga mengandung pengawet yang menyebabkan kanker.

11. Makanan yang dimasak dengan suhu tinggi
Jenis makanan yang dimasak dengan suhu tinggi dan penggunaan minyak yang sudha berulang kali seperti gorengan, protein, daging, maupun bahan pengawet buatan yang dipanaskan dalam suhu tinggi menyebabkan perubahan sel dalam tubuh menjadi lebih cepat dan akhirnya bisa menimbulkan kanker.

12. Pemanis buatan
Pemanis buatan adalah zat tambahan yang biasa digunakan pada berbagai jenis makanan atau minuman sebagai perisa manis. Jenis pemanis buatan yang sering digunakan adalah aspartam. Aspartame diketahu dapat menyebabkan kejang, katarak dan kelemahan otot lambung. Bahan kimia ini dipecah dalam tubuh menjadi racun mematikan yang dikenal dengan DKP. Zat ini menghasilkan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker, terutama kanker otak.

13. Makanan yang dipanaskan dalam microwave
Semua jenis makanan yang dipanaskan dalam microwave memiliki potensi menjadi penyebab kanker. Hal ini disebabkan karena wadah plastik yang digunakan akan melepaskan banyak racun kimia ketika dipanaskan dalam microwave.

14. Sayuran dan buah yang mengandung pestisida
Sayuran dan buah memang sehat baik kesehatan tubuh, namun tidak dengan sayur dan buah yang mengandung pestisida. Pestisida merupakan penyebab kanker nomer satu. Hindari makan buah berry, apel dan selada non-organik demi kesehatan anda. Sayuran dan buah non-organik menggunakan hormon dan penyubur yang membuat sayur dan buah menjadi lebih besar. Buah yang sering menggunakan pestisida seperti apel, jeruk, anggur dan strawberry sebaiknya cuci bersih terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Meskipun hal ini tidak menjamin 100% pestisida hilang.

15. Makanan yang diasinkan, diawetkan, atau diasapkan
Makanan yang diawetkan mengandung bahan pengawet yaitu nitrat. Dalam tubuh, nitrat berubah menjadi nitrosamin.nitrosamin adalah zat kimia yang dapat menimbulkan kanker pada saluran cerna atau hati.

16. Soft Drink
Soft Drink dan minuman bersoda sangat merusak kesehatan. Minuman bersoda mengandung kalori tinggi, gula, zat buatan tambahan, dan tidak memiliki nutrisi. Setiap satu kaleng soda mengandung gula yang tinggi serta bersifat korosif, seperti halnya zat asam dalam batu baterai. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum soda dua kali seminggu dapat meningkatkan risiko kanker pankreas dua kali lipat.

17. Salmon dari peternakan
Salmon yang dikembangbiakkan memiliki 30 kali lipat kutu laut dibandingkan dengan salmon yang hidup bebas di lautan sehingga menyebabkan tingginya kadar merkuri dioxin dan PCB di dalamnya.

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kanker, Saran dari Claire dan Miriam.

Katanya, “Sayuran seperti brokoli, kubis, kembang kol, kale dan kubis merupakan sumber yang sangat baik untuk mencegah pembentukan sel kanker dan menghentikan penyebaran kanker,”.

Selain itu juga, pilihlah kacang-kacangan berprotein nabati dan kaya kalsium, zat besi dan vitamin B dapat membantu memperbaiki tubuh Anda dari kerusakan serta pengobatan kanker.

Pilihlah sayuran berdaun gelap seperti bayam dan kangkung serta bit yang sarat dengan vitamin B yang dapat memperkuat DNA Anda dan mengurangi risiko kanker payudara. Terimakasih, semoga bermanfaat.