45 Jenis Makanan Penyebab Asam Urat Yang Wajib Untuk Anda Hindari

Posted on

Jenis Makanan Penyebab Asam Urat  – Asam urat adalah rasa asakit yang muncul akibat nyeri tidak tertahankan, pembengkakan dan rasa panas diarea persendian. Memiliki penyakit asam urat memang sangatlah menyiksa, rasa sakit karena asam urat bisa terasa sampai seharian penuh.

Munculnya asam urat disebabkan karena adanya zat purin yang ada didalam tubuh. Zat purin tersebut di olah oleh tubuh sehingga membentuk asam urat dan ketika tubuh memproduksi zat purin secara berlebihan maka akan timbul penyakit asam urat.

Read :  Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Asam Urat Dengan Tepat

Asam urat merupakan bahan kimia yang dihasilkan ketika tubuh memecahkan zat purin. Sedangkan purin dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman. Untuk menghindari munculnya asam urat, anda dapat menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memicu kambuhnya asam urat. Karena penyebab utama munculnya asam urat adalah dari makanan yang mengandung purin tinggi. Beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat antara lain adalah :

Makanan Penyebab Asam Urat

Menjaga pola makan dengan memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi merupakan cara tepat dan sederhana yang dapat anda lakukan untuk menjaga kadar asam urat dalam darah agar tetap stabil. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat anda hindari untuk tetap menjaga anda terhindar dari penyakit asam urat.

1. Daging

Salah satu penyebab asam urat yang paling tinggi adalah jenis makanan daging-dagingan. Tingginya zat purin yang ada pada daging dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah. Beberapa jenis daging yang perlu anda perhatikan antara lain :

  1. Daging Sapi mengandung zat purin sekitar 11 mg/100 gram.
  2. Daging Domba mengandung zat purin sekita 127 mg-187 mg/100 gram.
  3. Daging Babi mengandung zat purin sekitar 160 mg-170 mg/100 gram.
  4. Daging Rusa mengandung zat purin sekitar 138 mg/100 gram.
  5. Daging Ham mengandung zat purin sekitar 131 mg-/100 gram.
  6. Daging Ayam mengandung zat purin sekitar 175 mg/100 gram.
  7. Daging Bebek mengandung zat purin sekitar 138 mg/100 gram.
  8. Daging kalkun memiliki kadar asam urat sangat tinggi dibandingkan dengan jenis makanan lainnya, karena itulah kita perlu membatasi mengkonsumsi daging kalkun.
  9. Dada dan Kulit ayam memiliki kandungan zat purin sekitar 175mg/100 gram yang dapat menyebabkan asam urat naik.
  10. Daging angsa memiliki kandungan zat purin sekitar 165mg/100 gram.
  11. Daging kuda memiliki kandungan zat purin yang tinggi yaitu sekitar 200mg/100 gram.

2. Jeroan

Penyebab munculnya penyakit asam urat lainnya adalah konsumsi jeroan. Jeroan adalah istilah yang diberikan sebagai sebutan bagian organ dalam dari hewan yang dapat diolah dan dikonsumsi. Terlalu sering mengkonsumsi jeroan seperti pada jeroan sapi, jeroan domba atau kambing, jeroan asam hingga jeroan babi dapat menyebabkan munculnya penyakit asam urat. Berikuti ini daftar jeroan yang memiliki potensi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, diantaranya adalah :

  1. Organ jeroan Otak
    Bukan hanya pada otak ayam, otak pada sapi, kambing, domba dan kambing juga memiliki kandungan tinggi zat purin yang relatif tinggi sehingga untuk penderita asam urat harus menghindari makanan yang berbahan dasar jeroan.
  2. Hati
    Jeroan hati merupakan jenis jeroan yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Pada hati sapi mengandung zat purin sebanyak 554mg/100 gram. Karena kandungan zat purin yang tinggi pada jeroan hati sebaiknya pada penderita asam urat harus berhati-hati saat mengkonsumsinya. Hindari mengolah jeroan hari dengan mengunakan banyak garam dan bumbu bersodium karena dapat memperkaya kandungan zat purin yang ada pada jeroan hati.
  3. Limpa
    Banyak orang sangat menyukai olahan dari limpa sapi. Padahal limpa menjadi salah satu jenis jeroan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Limpa sapi memiliki kandungan zat purin sebanyak 444 mg/100 gram. Sedangkan pada limpa kambing atau dompa memiliki kandungan n zat purin sebanyak 777 mg/100 gram. Karena itulah anda harus berfikir ulang sebelum mengkonsumsi olahan limpa.
  4. Lidah
    Jeroan lidah pada hewan sering sekali diolah menjadi bistik maupun olahan lainnya. Padahal jika sering dikonsumsi sangat berbahaya untuk penderita asam urat. Dalam lidah kambing memiliki kandungan zat purin sebanyak 150mg/100 gram.
  5. Ginjal
    Jeroan lain yang tinggi kandungan zat purin adalah organ ginjal. Jeroan ginjal sapi memiliki kandungan zat purin sebanyak 269 mg/100 gr.

3. Seafood

Jenis makanan lainnya yang dapat menyebabkan asam urat adalah seefood atau jenis makanan yang berasal dari laut. Berikut ini beberapa jenis seefood yang memiliki tinggi kandungan zat purin yang menyebabkan asam urat dan harus segera anda hindari, antara lain:

  1. Kerang memiliki kandungan zat purin sebanyak 112 mg/100 gram.
  2. Scallops memiliki kandungan zat purin sebanyak 136 mg/100 gram.
  3. Udang memiliki kandungan zat purin sebanyak 147 mg/100 gram.
  4. Lobster memiliki kandungan zat purin sebanyak 118 mg/100 gram.
  5. Ikan teri memiliki kandungan zat purin sebanyak 239 mg/100 gram.
  6. Ikan sarden memiliki kandungan zat purin sebanyak 480 mg/100 gram.
  7. Ikan Makarel memiliki kandungan zat purin sebanyak 145 mg/100 gram.
  8. Ikan Herling memiliki kandungan zat purin sebanyak 140-219 mg/100 gram.
  9. Ikan Tuna memiliki kandungan zat purin sebanyak 257-290 mg/100 gram.
  10. Ikan Trout memiliki kandungan zat purin sebanyak 297 mg/100 gram.
  11. Ikan Kod memiliki kandungan zat purin sebanyak 109 mg/100 gram.
  12. Ikan Anchovy memiliki kandungan zat purin sebanyak 239 mg/100 gram.
  13. Kepiting memiliki kandungan zat purin yang lumayan tinggi sehingga menyebabkan kerusakan
  14. yang bisa menyebabkan penumpukkan mineral dalam ginjal.
  15. Ikan Salmon memiliki kandungan zat purin sebanyak 170 mg/100 gram.

4. Sayur dan Biji-Bijian

Selain dari jenis daging-dagingan, penyebab munculnya penyakit asam urat juga disebabkan karena konsumsi sayur dan biji-bijian. Berikut ini beberapa jenis sayuran dan biji-bijian yang dapat menyebabkan kadar asam urat naik sehingga menyebabkan penyakit asam urat, antara lain:

  1. Asparagus
    Untuk penderita asam urat, sebaiknya segera menghindari asparagus, karena jenis sayuran sehat ini memiliki kadar zat purin yang sangat tinggi yang dikhawatirkan membuat kadar asam urat dalam darah menjadi tidak stabil dan mengakibatkan munculnya penyakit asam urat.
  2. Kembang Kol
    Selain asparagus, kembang kol juga memiliki kandungan zat purin yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya.
  3. Jamur
    Tingginya kandungan zat purin yang ada pada jamur apalagi pada jamur kering. Sehingga sangat tidak direkomendasikan penderita asam urat mengkonsumsi jamur kering.
  4. Kedelai
    Kedelai yang dikeringkan juga memiliki kandungan zat purin yang relatif tinggi. Hal ini menyebabkan beberapa makanan hasil olahan kedelai, seperti tahu dan tempe menjadi makanan yang memiliki kadar purin yang masuk dalam kategori moderasi.
  5. Biji bunga matahari
    Biji bunga matahari sendiri sudah memiliki kandungan zat purin yang cukup tinggi, yaitu 138 mg/100 gram.
  6. Kangkung
    Mengkonsumsi kangkung setiap hari dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah lalu menyerang persendian.
  7. Biji Melinjo
    Dalam 100gram emping melinjo terdapat kandungan zat purin sekitar 50-150mg, kandungan tersebut belum ditambah dengan cara pengolahannya seperti mengunakan minyak dengan kualitas yang tinggi dan pengunaan daram atau penyedap lainnya.
  8. Kacang Hijau
    Biji kacang hijau termasuk dalam golongan kandungan zat purin sedang, dalam 100 gram kacang hijau mengandung sekitar 90-100mg zat purin. Hindari mengkonsumsi kacang hijau dalam jumlah berlebihan untuk menghindari munculnya penyakit asam urat.
  9. Kacang mete
    Kacang mete mirip dengan kacang kedelai yaitu memiliki kandungan zat purin yang tinggi. Sehingga hindari mengkonsumsi kacang mete secara berlebihan.

5. Makanan Olahan dan Buah

Tidak semua buah dan makanan olahan baik dan sehat untuk dikonsumsi. Untuk anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat sebaiknya perhatikan daftar jenis makanan olahan dan buah yang dapat menyebabkan penyakit asam urat menjadi kambuh, antara lain:

  1. Kismis
    Kismis adalah buah jenis anggur yang memang sengaja dikeringkan, biasanya kismis digunakan sebagai campuran untuk membuat cake atau roti kering. Konsumsi kismis sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat karena dan 100gram kismis mengandung 107mg zat purin yang dapat menyebabkan kambuhnya asam urat.
  2. Oatmeal
    Tidak semua jenis oatmeal baik untuk tubuh anda. Jenis oatmeal dengan kandungan gandum dan ragi yang berlebihan dapat menyebabkan asam urat menjadi naik. Untuk itu anda harus lebih cerdas memilih jenis oatmeal yang anda konsumsi sehari-hari untuk terhindar dari penyakit asam urat.
  3. Makanan beku
    Makanan beku atau frozen food seperti nugget, sossis atau makanan jenis frozen food lainnya sebaiknya tidak anda konsumsi karena makanan tersebut tinggi bahan pengawet dan sodium yang tidak baik untuk penderita asam urat.
  4. Saus
    Saus adalah olahan yang memiliki banyak sekali bahan campuran seperti tinggi sodium dan garam. Untuk penderita penyakit asam urat, sebainya untuk menghindari konsumsi saus terlalu sering. Karena tingginya kandungan garam dan sodium pada olahan ini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.
  5. Ragi Roti
    Ragi roti biasanya digunakan untuk memfermentasikan makanan seperti digunakan untuk menghasilkan karbondioksida dan membuat adonan menjadi naik. Pembuatan roti yang menggunakan ragi terlalu banyak tidak baik untuk penderita asam urat karena dapat mengingkat zat purin dalam tubuh.

45 Jenis makanan tersebut adalah jenis makanan yang direkomendasikan untuk dihindari oleh penderita asam urat. Selalu jaga pola makan teratur dan batasi mengkonsumsi jenis makanan tinggi zat purin untuk menjaga tubuh terhindari dari penyakit asam urat.

Itulah penjelasan tentang Makanan Penyebab Asam Urat. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.