Jenis Makanan dan Minuman yang Mengandung Probiotik Tinggi, Bakteri Baik dalam Tubuh

Posted on

Makanan dan Minuman Mengandung Probiotik Tinggi – Saat ini ada banyak produk makanan dan minuman yang mengandung probiotik. Seperti yang kita ketahui, probiotik adalah jenis bakteri baik dalam tubuh yang berperan penting menjaga kesehatan saluran pencernaan. Lalu, jenis makanan dan minuman apa saja yang memiliki kandungan probiotik yang baik untuk kesehatan?

Menurut Mark Hyman, direktur The Cleveland Clinic Center for Functional Medicine, probiotik telah dipercaya memiliki efek besar pada kesehatan. Purna Kashyapombinasi, asisten profesor kedokteran di Mayo Clinic, mengatakan bahwa kombinasi makanan probiotik dan makanan kaya serat dapat membantu menjaga kesehatan kita. Selain itu, makanan probiotik adalah pilihan yang lebih baik daripada suplemen, yang mungkin hanya mengandung sedikit probiotik tanpa memiliki fungsi seperti yang disebutkan.

Berikut ini adalah jenis makanan dan minuman yang mengandung probiotik, antara lain:

Makanan dan Minuman yang Mengandung Probiotik

1. Kefir
Kefir adalah jenis minuman hasil fermentasi susu kambing yang dicampur dengan kefir grain. Selain mengandung bakteri lactobacilli dan bifidus, kefir juga kaya akan antioksidan.

2. Yoghurt
Yoghurt adalah jenis minuman susu yang ditambah dengan probiotik seperti lactobacillus atau acidophilus. Menurut Toby Amidor selaku penulis The Healthy Meal Prep Cookbook, yogurt mengandung biakan hidup dan aktif termasuk lactobacillus bulgaricus.

3. Kombucha
Kombucha adalah jenis minuman teh fermentasi yang telah di isi dengan bakteri baik seperti Saccharomyces dan Gluconacetobacter xylinus. Teh ini juga mengandung vitamin B. Karena itulah teh kombucha memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.

4. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel memiliki kandungan probiotik alami yang baik untuk menjaga kesehatan usus. Selain itu cuka apel juga dapat membantu mengurangi acid reflux, dan berfungsi untuk mengatur pencernaan.

5. Keju
Beberapa jenis keju cottage seperti Brand Good Culture berguna bagi kesehatan karena dibuat dengan bakteri usus sehat selama proses fermentasi dan tinggi akan protein.

6. Dark chocholate
Dark chocholate mengandung probiotok yang berfungsi memberi makan bakteri usus yang sudah ada, dan juga prebiotik yang berfungsi menambahkan bakteri usus baru.

7. Bawang
Bawang putih merupakan prebiotik yang dapat membantu memberi makan bakteri yang ada di usus. Prebiotik sama pentingnya untuk kesehatan usus seperti probiotik.

8. Acar
Acar memiliki kandungan probiotik yang dapat mengantikan yogurt. Seperti acar mentimun yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Jenis makanan ini rendah kalori dan mengandung vitamin K, juga sodium yang tinggi.

9. Miso
Miso adalah jenis sup kedelai khas Jepang yang difermentasi dan menggunakan bumbu populer di Jepang. Miso termasuk sumber probiotik alami, vitamin, serat, dan protein.

10. Tempe
Tempe adalah produk kedelai fermentasi yang berasal dari Indonesia. Tempe adalah sumber protein, probiotik, dan vitamin B12 yang sangat baik bagi pencernaan tubuh.

11. Asinan kubis
Asinan kubis adalah hasil fermentasi asam laktat, proses di mana bakteri mengubah gula menjadi asam laktat. Menurut Becky Kerkenbush, asinan kubis dapat menjaga usus tetap sehat dengan mencegah perkembangan bakteri jahat.

12. Kimchi
Kimchi adalah jenis makanan fermentasi dari sayuran seperti kol dan lobak yang dibumbui cabai, jahe dan bawang putih khas korea. Kimchi memiliki manfaat untuk mengatur keseimbangan mikroflora di usus, mengurangi masalah perut seperti diare dan sembelit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah penjelasan tentang Jenis Makanan dan Minuman yang Mengandung Probiotik Tinggi  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.