Jenis Makanan dan Minuman yang Dilarang Saat Melakukan Program Hamil

Posted on

Jenis Makanan dan Minuman yang Dilarang Saat Melakukan Program Hamil – Setelah kita sebelumnya membahas tentang jenis makanan yang mendukung program hamil, saat ini kita akan membahas tentang jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat melakukan program hamil. Saat melakukan program hamil ada beberapa hal yang dilarang untuk menunjang keberhasilan program yang dilakukan.

Melakukan program kehamilan harus didukung dengan asupan nutrisi makanan untuk mendukung keberhasilan program kehamilan. Hal tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jenis makanan dan minuman bergizi dan bernutrisi. Sebaliknya jika dalam melakukan program hamil anda mengkonsumsi jenis makanan dan minuman yang dilarang, dapat menurunkan keberhasilan pada program hamil.

Karena itulah penting bagi anda mengetahui jenis makanan dan minuman yang dilarang saat melakukan program hamil. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat melakukan program hamil, antara lain:

Jenis Makanan dan Minuman yang Dilarang saat Program Hamil

Jenis Minuman Bersoda
Saat melakukan program hamil sebaiknya hindari jenis minuman bersoda, karena soda mengandung gula dalam jumlah tinggi yang dapat menyebabkan terbentuknya gas sehingga dapat menimbulkan bahaya obesitas, dan menimbulkan sensitifitas bagi perut. Selain itu, jenis minuman bersoda juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia sintetik yang bisa menimbulkan produksi racun dalam tubuh dan kadar gula dalam darah. Jika terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda makan racun-racun yang terbentuk dalam tubuh akan menghalangi proses detoksifikasi yang dapat menghambat kesuburan.

Menkonsumsi Jenis Makanan masih Mentah
Jenis makanan yang masih mentah seperti daging dan ikan memang kerap dikonsumsi oleh sebagian orang, khususnya masakan Jepang. Namun, jenis masakan ini tidak dianjurkan dikonsumsi saat melakukan program hamil. Hal ini dikarenakan jenis makanan yang masih mentah masih mengandung virus dan bakteri salmonella yang berbahaya bagi kesehatan rahim dan janin. Selain itu, mengkonsumsi makanan mentah juga tidak baik untuk tubuh karena dapat meningkatkan resiko terkena penumpukan bakteri yang dapat menyerang organ penting pada tubuh seseorang.

Jenis Hasil Laut Mengandung Merkuri
Merkuri adalah jenis kandungan kimia yang berbahaya jika mengendap dalam tubuh, salah satunya menghambat kesuburan wanita. Jenis hasil laut seperti ikan marlin, todak, ikan tuna sirip biru dan ikan hiu termasuk jenis ikan yang mengandung tinggi merkuri. Bagi mereka yang sedang melakukan progam hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis ikan tersebut karena jika zat merkuri terus menerus mengendap dalam tubuh akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan rahim. Penumpukan merkuri dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan serta mengganggu perkembangan otak dan syaraf janin.

Mengkonsumsi Jenis Obat Tertentu
Saat melakukan program hamil sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu jenis obat-obatan yang ingin anda konsumsi. Karena ada beberapa jenis obat-obatan yang tidak dianjurkan untuk program hamil karena beberapa jenis obat dapat menghambat pembuahan sementara yang lain bisa membahayakan janin yang sedang berkembang. Seperti jenis obat antibiotik, antihipertensi, dan antikoagulan harus dievaluasi oleh dokter.

Stress
Faktor terbesar kegagalan pada kehamilan adalah akibat stress. Beberapa studi menemukan bahwa terapi alternatif, seperti yoga dan akupunktur, dapat benar-benar memangkas stres sehingga mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk cepat hamil. Untuk itu, hindari memikirkan hal yang dapat membuat anda stress untuk mendukung keberhasilan progam hamil.

Jenis Makanan Hasil Karbohidrat Olahan
Jenis makanan selanjutnya yang berbahaya saat melakukan program hamil adalah jenis olahan makanan karbohidrat seperti jenis makanan fast food. Jenis makanan ini berdampak buruk untuk kesehatan karena jenis olahan karbohidrat akan melepaskan gula ke dalam aliran darah dengan cepat sehingga akan terlepasnya hormon insulin oleh organ pankreas. Jenis makanan fast food tidak bermanfaat bagi tubuh, malah bisa menyebabkan tubuh seorang wanita memproduksi hormon testosteron yang sangat tinggi yang akan berpengaruh pada tingkat ketidakseimbangan hormon yang akan mengganggu proses ovulasi.

Kelebihan Konsumsi MSG
MSG adalah jenis zat yang berpengaruh pada produksi hormon estrogen wanita tidak seimbang sehingga berdampak pada tingkat kesuburan wanita. Karena itulah, hindari mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung MSG berlebihan.

Kafein
Kopi adalah jenis minuman yang mengandung kafein tinggi, namun mengkonsumsi jenis minuman mengandung kafein tidak baik untuk prag kehamilan. Hal ini dikarenakan kafein dapat menimbulkan resiko penyempitan pembuluh darah sehingga terhambatnya aliran darah yang akan menuju rahim. Jika ini terjadi, tentunya sel telur akan mengalami kesulitan untuk bertahan.

Sayur Terong
Meskipun semua jenis sayuran baik untuk kesehatan, namun sebaiknya saat melakukan program hamil anda tidak mengkonsumsi terong. Hal ini dikarenakan terong mengandung zat solanin yang menekan proses ovulasi yang tentu menghambat kesuburan.

Susu Kedelai
Kedelai adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung karbohidrat komplek bagi tubuh. Namun, mengkonsumsi kedelai tidak baik untuk program hamil karena kedelai memiliki kandungan hormon estrogen tanaman yang tentu akan menyebabkan perubahan siklus haid pada seorang wanita. Mengonsumsi segelas susu kedelai perhari akan menyebabkan kemnadulan pada wanita.

Untuk mendukung keberhasilan progam hamil sebaiknya anda menghindari jenis makanan seperti diatas. Ganti dengan pola hidup sehat dan pola makan sehat untuk menunjang keberhasilan promil.

Itulah penjelasan tentang Jenis Makanan dan Minuman yang Dilarang Saat Melakukan Program Hamil  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.