Jenis Jenis dan Manfaat Minyak Esensial untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Posted on

Jenis dan Manfaat Minyak Esensial¬† –¬†Minyak esensial atau minyak atsiri adalah jenis minyak harum dari ekstrak penyulingan dari bunga, akar, kayu atau biji tanaman.

Minyak esensial tidak sama dengan jenis minyak pada umumnya karena jenis minyak esensial tidak memiliki kandungan asam lemak. Komponen dalam minyak esensial murni dari ekstrak tanaman yang jadi sumber olahannya.

Minyak esensial memiliki banyak kandungan manfaat, selain untuk merelaksasi dan menenangkan pikiran, minyak ini juga bermanfaat sebagai obat untuk penawar sakit. Untuk mendapatkan manfaatnya anda dapat mengoleskan minyak esensial langsung ke kulit atau dihirup aromanya. Namun sebelum di oleskan di kulit sebaiknya encerkan terlebih dahulu minyak esensial dengan minyak pembawa seperti minyak zaitun atau minyak kepala.

Untuk mengenal lebih jauh tentang minyak esensial, berikut jenis-jenis minyak esensial dan manfaatnya bagi kesehatan.

Jenis dan Manfaat Minyak Esensial

Peppermint (Mentha piperita)
Peppermint adalah jenis minyak esensial yang berasal dari daun mint. Minyak esensial peppermint mengandung senyawa yang dapat menenangkan otot-otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas penyebab sakit perut.

Karena itulah minyak esensial dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah mual, diare, atau kram perut. Selain itu minyak pappermint juga membantu meningkatkan energi dan stamina tubuh. Sedangkan menurut penelitian menyebutkan bahwa minyak esensial peppermint mampu membantu menurunkan kadar hormon stress kortisol.

Sweet Basil (Ocimum Basilicum)
Minyak esensial dari daun basil ini memiliki manfaat untuk membantu mengobati kelelahan baik mental maupun fisik, serta dapat juga membantu meningkatkan kesadaran dan konsentrasi.

Basil Tulsi (Ocimum Sanctum)
Minyak esnsial basil tulsi memiliki manfaat untuk menajamkan ingatan. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengencerkan dahak dan mengobati salesma.

Neem (Azadirachta indical)
Minyak esensial dari tanaman neem ini bermanfaat untuk mengobati selesma atau gangguan akibat virus yang menyerang hidung dan tenggorokan. Juga bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhannya kembali.

Neroli (Citrus Aurantium)
Neroli adalah jenis minyak esensial yang berasal dari bunga pohon jeruk. Minyak neroli mengeluarkan aroma bunga yang manis dan cukup kuat, sehingga tak jarang diolah menjadi parfum.

Patchouli (Pogostemon patchouli)
Minyak esensial Patchouli atau di Indonesia disebut dengan minyak nilam. Minyak nilam sering digunakan untuk perawatan kulit karena memiliki kemampuan meringankan masalah kulit.

Mawar (Rose Damascena)
Minyak esensial mawar berasal dari kelopak bunga mawar, minyak esensial memiliki aroma yang menenangkan sehingga sering didigunakan sebagai salah satu bahan pembuatan kosmetik.

Rosemary (Aniba Roseodora)
Rosemary adalah jenis minyak esensial yag memiliki aroma segar sehingga sering dimanfaatkan untuk membangkitkan semanagat.

Eucalyptus (Eucalyptus globulus)
Eucalyptus adalah jenis minyak esensial yang bermanfaat untuk masalah pernapasan, merileksasi otot-otot serta menyegarkan pikiran.

Lavender
Minyak esensial lavender memiliki efek yang menenangkan sehingga dapat membantu mengurangi kadar hormon stress kortisol dalam darah.

Tea Tree Oil
Minyak pohon teh atau tea tree oil memiliki sifat antibakteri, antiseptik dan antijamur sehingga baik untuk melawan masalah infeksi kulit.

Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh memiliki manfaat untuk membantu melancarkan pencernaan dan menghilangkan rasa mual. Selain itu minyak cengkeh juga memiliki khasiat untuk menghilangkan racun dalam tubuh.

Minyak Serai
Minyak serai memiliki kemampuan untuk menghangatkan kaki selama musim dingin atau selama berkendara.

Minyak esensial memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.  Itulah pembahasan singkat tentang Jenis Jenis dan Manfaat Minyak Esensial untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..