Jenis Ikan Yang Baik dan Aman Untuk MPASI untuk Bayi Penting Diketahui Ibu

Posted on

Jenis Ikan Yang Baik dan Aman Untuk MPASI Bayi – Ikan merupakan sumber protein hewani yang baik untuk diberikan kepada bayi dan anak-anak. Di dalam lemak ikan juga terkandung lemak tidak jenuh yang dikenal sebagai PUFA (Polyunsaturated fatty acids), yang baik untuk membantu tumbuh kembang otak janin. Namun sebaiknya pastikan terlebih dahulu jika bayi anda tidak memiliki riwayat alergi terhadap jenis ikan yang akan anda berikan. Jadi sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan ikan untuk bayi anda.

Hal tersebut perlu dilakukan karena ikan merupakan salah satu jenis makanan alergen, maka biasanya dokter akan lebih merekomendasikan untuk memulai MPASI dengan jenis makanan padat seperti sereal bayi, daging, buah, atau bubur sayuran, sebelum memperkenalkan ikan.

Berdasakan pernyataan dari divisi Alergi dan Imunologi di American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan bahwa kebanyakan bayi dapat mulai makan MPASI ikan setelah dikenalkan beberapa makanan alergen tanpa menunjukkan reaksi alergi.

Penting diketahui bahwa ada banyak jenis ikan yang mengandung sejumlah methylmercuri, yakni suatu bentuk merkuri yang berpotensi menjadi racun bagi otak jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Jenis ikan berukuran besar dan hidup lama cenderung memiliki kontaminasi methylmercuri lebih tinggi. Namun, menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) ada beberapa varietas ikan yang memiliki merkuri kecil dan lebih aman dikonsumsi oleh bayi atau wanita hamil. Beberapa jenis ikan yang baik untuk bayi, antara lain:

Jenis Ikan untuk MPASI

Ikan Lele
Ikan lele tinggi kandungan vitamin A, mengandung poli asam lemak tidak jenuh (PUFA) yang terbentuk dari omega-3 dan omega-6 yang dibutuhkan oleh bayi. Lele termasuk jenis ikan yang sangat mudah ditemui disemua tempat. Selain itu, ikan lele juga mengandung tinggi protein dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.

Ikan Salmon
Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang menjadi komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan membran otak sel. Selain karena salah satu jenis ikan dengan tinggi kadar gizi, kandungan asam lemak omega 3 pada ikan salmon juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan pertahanan pada tubuh bayi.

Ikan Gindara
Selain ikan salmon, jenis ikan gindara juga memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Selain itu ikan gindara juga mengandung omega-3 yang pentig untuk proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ikan gindara juga memiliki tekstur daging yang lembut sehingga sangat cocok diberikan pada bayi.

Ikan Kembung
Ikan kembung juga memiliki kandungan omega 3 yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan salmon. Seperti yang kita ketahui bahwa omega 3 bermanfaat baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Karena itulah, ikan kembung banyak direkomendasikan oleh ahli gizi untuk makanan pendamping ASI.

Ikan Herring
Ikan herring adalah jenis ikan air laut yang mirip dengan jenis ikan bandeng. Ikan herring termasuk ikan tinggi vitamin A dan vitamin D. Dengan mengkonsumi ikan herring diharapkan anak dapat memiliki kulit yang halus kencang dan memiliki tulang yang kuat.

Ikan Sarden
Hampir sama dengan ikan salmon, ikan sarden juga bermanfaat untuk membantu perkembangan otak dan menguatkan memori bayi. Sebab, ikan sarden memiliki kandungan minyak esensial untuk perkembangan otak, dan kandungan kalsium yang bagus untuk tulang.

Ikan Bilis
Ikan bilis atau jenis ikan teri adalah ikan yang mengandung banyak mineral seperti zinc dan zat besi yang bermanfaat baik untuk menguatkan jantung bayi. Selain ikan bilis adalah jenis ikan dengan kandungan protein seimbang dan rendah lemak yang aman dan cocok untuk dikonsumsi bayi.

Ikan Kakap
Ikan kakap memiliki kandungan omega 3 dan asam lemak yang juga bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi. Ikan kakap sering menjadi favorit para ibu karena memiliki duri lebih halus dan daging tebal. Untuk mengolah ikan kakap sering diolah dengan dikukus atau di campurkan dengan beras saring.

Ikan Kod
Tidak hanya mengandung asam lemak Omega 3 dan Omega 6 yang baik bagi pertumbuhan sel-sel otak bayi, ikan kod juga kaya akan vitamin A dan D yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi bayi.

Ikan Gurame
Ikan gurame mengandung zat gizi yang baik untuk kesehatan bayi. Dalam 50gram ikan gurame mengandung 9 gram protein. Gurame memiliki tekstur yang kenyal dan tak terlalu banyak duri, sehingga mudah diolah sebagai bahan MPASI.

Itulah penjelasan tentang  Jenis Ikan Yang Baik dan Aman Untuk MPASI untuk Bayi . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.