Penyakit Arthritis : Jenis, Gejala, Penyebab, Faktor Risiko dan Pengobatan Arthritis (Radang Sendi)

Posted on

Arthritis (Radang Sendi) – Arthritis (Radang Sendi) merupakan peradangan pada salah satu atau lebih sendi, menyebabkan nyeri dan kekakuan yang dapat memburuk seiring usia.

Jenis-Jenis Arthritis (Radang Sendi)

Ada dua jenis arthritis yang paling umum adalah osteoartritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA).

Osteoarthritis
Osteoarthritis bisa mempengaruhi lapisan tulang rawan sendi, yang menyebabkan rasa sakit dan kesulitan untuk bergerak bagi penderitanya. Dalam kondisi parah, kehilangan tulang rawan bisa menyebabkan tulang saling bergesekan, mengubah bentuk sendi dan memaksa tulang keluar dari posisi normal mereka. Posisi di mana osteoarthritis sering muncul yaitu pada sendi tangan, tulang belakang, lutut, pinggul. Jenis arthritis ini biasanya berkembang pada orang paruh baya, terutama di akhir usia 40 tahun atau lebih tua.

Rheumatoid arthritis
Mereka yang berusia sekitar 40-50 tahun berisiko tinggi terkena rheumatoid arthritis. Pelindung luar sendi merupakan tempat pertama yang akan terpengaruh. Selanjutnya, peradangan akan menyebar ke sendi sekitarnya. Apabila seseorang memiliki rheumatoid arthritis, maka mereka akan mengalami perubahan pada bentuk sendinya. Hal ini dapat mematahkan tulang dan tulang rawan. Pada tahapan yang lebih serius, rheumatoid arthritis juga dapat memicu masalah pada jaringan dan organ.

Artritis bisa mempengaruhi pasien pria maupun wanita dengan usia berapa pun, bahkan anak-anak. Jenis arthritis pada masa kanak-kanak dikenal sebagai juvenile idiopathic arthritis.

Tanda dan Gejala Arthritis (Radang Sendi)

Berikut ini tanda dan gejala arthritis atau radang sendi diantaranya yaitu:

  • Nyeri sendi, bahkan tanpa melakukan gerakan.
  • Pembengkakan dan kekakuan pada sendi.
  • Peradangan di dalam dan sekitar sendi.
  • Gerakan sendi terbatas.
  • Kemerahan pada kulit di sekitar sendi.

Mungkin ada gejala yang tidak tersebutkan, tapi jika gejala-gejala tersebut muncul maka segera periksakan ke dokter.

Penyebab dan Faktor Risiko Arthritis (Radang Sendi)

Arthritis bisa berkembang ketika jaringan tulang rawan yang meradang, menyebabkan penurunan parah. Tulang rawan adalah jaringan ikat yang bertanggung jawab untuk melindungi tulang agar tidak bergesekan satu sama lain saat bergerak. Penyebabnya bervariasi pada berbagai jenis arthritis.

Pada osteoarthritis melibatkan kerusakan dan robeknya tulang rawan sendi lapisan licin, keras pada ujung tulang. Kerusakan bisa mengakibatkan tulang saling bergesekan langsung, yang menyebabkan rasa sakit dan terbatasnya gerakan. Kerusakan ini bisa terjadi selama bertahun-tahun, atau bisa dipercepat oleh cedera sendi atau infeksi.

Pada rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan kapsul sendi, membran tangguh yang menutupi semua bagian sendi. Lapisan ini dikenal sebagai membran sinovial, menjadi meradang dan bengkak. Proses penyakit ini akhirnya bisa merusak tulang rawan dan tulang di dalam sendi.

Ada banyak faktor risiko untuk arthritis, diantaranya sudah mengalami cedera sebelumnya saat melakukan aktivitas berat bagi sendi; kelebihan berat badan;kelebihan otot, lemak, cairan, dan lain sebagainya.

Cara Mendiagnosis dan Pengobatan Arthritis (Radang Sendi)

Untuk dapat mendiagnosis arthritis, maka dokter akan memeriksa cairan sekitar sendi yang meradang dengan melakukan tes seperti sinar-X dengan radiasi rendah; computerized tomography (CT) scan atau magnetic resonance imaging (MRI). Dengan menganalisis tingkat peradangan dalam darah dan cairan sendi, dokter bisa mengambil kesimpulan jenis arthritis apa yang berkembang pada pasien.

Arthritis bisa diobati sepenuhnya, tapi ada beberapa cara untuk mengurangi ketidaknyamanan yang pasien alami.

Bagi penderita osteoarthritis, dokter akan meresepkan obat seperti:

  • Obat penghilang rasa sakit.
  • Obat non-steroid anti-inflamasi seperti ibuprofen.
  • Kortikosteroid.

Dalam kasus yang parah, dokter bisa merekomendasikan beberapa operasi, diantaranya seperti:

  • Artroplasti (pergantian sendi), yaitu operasi untuk menggantikan sendi dengan sendi buatan.
  • Arthodesis (penggabungan sendi), yaitu operasi dengan mengunci ujung tulang hingga mereka sembuh dan menjadi satu.
  • Osteotom, yaitu operasi di mana tulang dipotong dan kembali diselaraskan.

Itulah penjelasan tentang “Penyakit Arthritis : Jenis, Gejala, Penyebab, Faktor Risiko dan Pengobatan Arthritis (Radang Sendi)“, semoga bermanfaat.