Jenis Buah yang Mampu Turunkan Risiko Terkena Kanker Payudara

Posted on

Jenis Buah yang Mampu Turunkan Risiko Kanker Payudara – Konsumsilah makanan yang sehat seperti buah dan sayur serta hindari daging olahan merupakan salah satu cara mencegah kanker. Penelitian pun membuktikan, remaja bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara dengan mengonsumsi makanan sehat.

Diet yang dilakukan pada saat remaja dan dampaknya terhadap risiko terkena kanker di kemudian hari. Hasil dari salah satu peneliti di Harvard T. H. Chan School of Public Health.

Kurang lebih 90.000 wanita yang bekerja sebagai perawat ini diberi pertanyaan mulai dari pola makan serta riwayat kanker. Ternyata, mereka yang mengonsumsi tiga sajian buah setiap hari, risiko terkena kanker payudara pun turun hingga 25 persen.

Sebenarnya, buah-buahan tertentu ada yang memiliki kemampuan dalam mencegah kanker seperti melansir Time, Kamis (12/5/2016). Terutama apel, pisang, dan anggur. Sementara pada orang dewasa yang berkontri besar menurunkan risio kanker payudara sayur kale dan jeruk.

Apel, pisang, dan anggur mengandung serat yang bisa menurunkan risiko kanker, selain itu tinggi flavonoid sehingga mampu bekerja sebagai antioksidan dengan tugas memerangi kerusakan sel yang bisa memicu pertumbuhan sel tidak normal. Sementara kale dan jeruk kaya Vitamin C, bentuk antioksidan lainnya

Hasil penelitian Maryam Farvid “Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya makanan yang dikonsumsi saat remaja terhadap kesehatan di masa depannya,”.

Ia pun menyarankan agar supaya sekolah-sekolah untuk menyediakan aneka buah dan sayur sebagai bagian dari program sekolah.

Jenis Buah Pencegah Kanker Payudara

Terdapat beberapa jenis buah dan sayur yang diyakini mampu mencegah kanker payudara. Jenis buah dan sayur ini bisa sering kita jumpai di pasar atau swalayan terdekat. Beikut beberapa jenis buah pencegah kanker :

1. Keluarga brokoli
Brokoli adalah jenis sayuran buah yang sering disebut ampuh untuk mencegah kanker payudara. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa brokoli mampu mencegah pertumbuhan tumor dan menghambat kerja tumor agar tidak menyebar menjaid kanker. Selain brokoli, keluarga kubis, seperti kol, kembang kol dan kale juga dipercaya bisa digunakna untuk mencegah kanker payudara.

2. Apel
“An apple a day may keep breast cancer away.” Apel merupakan buah yang sehat untuk dikomsumsi setiap hari. Namun sebaiknya makan buah apel dengan tidak mengupas kulitnya. Karena dalamkulit apel mengandung banyak serat, anti oksidan dan terdapat kandungan lainnya yang dibutuhkan untuk mencegah kanker payudara. Menurut penelitian laboratorium menunjukkan bahwa kulit apel dapat digunakna untuk mencegah penyebaran sel-sel kanker.

3. Buah Pome (Delima)
Sebuah penelitian menyebutkan bahawa buah delima atau buah pome memiliki banyak kandungan yang dapat mencegah perkembangan kanker, khususnya untuk kanker yang ebrkaitan dengan hormon estrogen. Buah delima dapat dikomsumsi langsung atau dibuat jus untuk mencegah munculnya kanker payudara. Selain penyakit kanker, buah pome juga dapat digunkan untuk penderita penyakit jantung.

4. Buah dengan warna orange atau kuning menyala
Buah yang memiliki warna kuning menyala atau orange seperti wortel, blewah, ubi kuning manis merupakan makanan yang memikili kandungan kaya kan vitamin A atau dikenal dengan karotenoid. Karotenoid adalah kumpulan pigmen berwarna kuning atau merah tua yang memiliki banyak lemak nabati dan lemak hewani. Buah dan sayuran berwarna orange atau kuning tua, merah, bahkan hijau tua dipercaya bisa untuk mencegah kanker payudara.

5. Buah Berry
Buah jenis berry seperti Stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry, selain memiliki rasa enak, buah buahan ini juga memiliki nutrisi anti kanker. Khususnya buah blueberry memiliki kandungan yang kaya vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat mencegah kanker payudara.

Selain kelima jenis buah dan sayuran di atas, ada beberapa bahan makanan lain yang dipercaya bisa mencegah payudara kanker. Yaitu kunyit, bawang putih, kacang kedelai, teh hijau, dan flaxseed (biji atau benih dari buang flax). Dengan tetap memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikomsumsi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko terkena kanker payudara. Terimakasih Semoga bermanfaat.