11 Jenis Buah untuk Mendukung Program Hamil Agar Cepat Hamil

Posted on

Jenis Buah Menudukung Progam Kehamilan – Bagi sebagian pasangan suami istri lebih memilih untuk mengikuti program hamil dari dokter yang biasanya akan diberikan beberapa resep obat penyubur kandungan baik untuk istri atau suami. Namun, tahukah anda jika anda dapat melakukan program kehamilan tanpa harus berkonsultasi ke dokter atau dilakukan secara manual tanpa mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Yang dapat anda lakukan untuk program hamil manual adalah dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan penunjang kesuburan dan kehamilan. Saat ini banyak pasangan melakukan program hamil dengan memprioritaskan mengkonsumsi makanan dan minuman yang berisfat alami karena lebih aman dan akan membuat tubuh lebih sehat.

Beberapa jenis makanan yang banyak menjadi pilihan pasangan untuk program kehamilan adalah jenis buah-buahan segar. Hal ini dikarenakan buah-buahan segar mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oeh tubuh terutama bagi wanita yang tengah mempersiapkan kehamilannya. Manfaat buah-buahan tersebut memang berkhasiat untuk meningkatkan organ reproduksi wanita dengan tingkat kesuburan yang lebih tinggi dibanding sebelum melakukan program hamil

Jenis nutrisi yang baik untuk menunjang kehamilan seperti asam folat, vitamin C, dan vitamin B6 memang lebih dianjurkan untuk dikonsumsi bagi wanita yang tengah melakukan program hamil. Untuk mengetahui jeni buah apasaja yang baik untuk program hamil, simak penjelasan dibawah ini.

Jenis Buah Mendukung Progam Kehamilan

Buah Alpukat
Buah alpukat adalah salah satu jenis buah primadonanya bagi wanita yang melakukan program hamil. Hal ini dikarenakan alpukat tinggi asam folat yang mendukung terjadikan kehamilan. Dalam buah alpukat mengandung sekitar 90 mcg asam folat yang setara dengan 22% kebutuhan harian didalam tubuh. Asam folat adalah zat yang sangat penting dalam menyuburkan kandungan. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan lainnya seperti sodium, serat yang sangat tinggi, vitamin A, C, D, E, dan K, bebas kolesterol karena mengandung lemak tak jenuh ganda seperti pada omega-3 asam lemak, dan vitamin B (niasin, tiamin, asam pantotenat, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan vitamin B-12) dan juga kalium. Bagi anda yang sedang progam hamil dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah alpukat, baik dijadikan sebagai cemilan, jus atau campuran salad.

Buah Delima
Sudah sejak jaman dahulu, delima dikenal sebagai simbol kesuburan. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan Vitamin C, seperti yang diketahui, vitamin C adalah sumber antioksidan yang bermanfaat baik untuk melindungi DNA. Selain itu, delima mengandung zat-zat yang terbukti dapat meningkatkan kesuburan, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B3, asam folat, potasium dan serat. Tidak hanya membantu kesuburan, penelitian menunjukkan fakta bahwa delima dapat melindungi otak bayi baru lahir jika diminum selama masa kehamilan.

Buah Pisang
Selain alpukat, ada buah pisang yang juga baik dikonsumsi untuk menunjang program hamil. Buah pisang memiliki kandungan vitamin vitamin B6 dan tinggi asam folat yang melancarkan siklus menstruasi dan mempercepat kehamilan. Hal ini dikarenakan siklus menstruasi yang tidak lancar menyebabkan risiko ketidaksuburan rahim lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki siklus menstruasi lancar. Selain untuk menunjang kesuburan, pisang juga berfungsi memenuhi asupan gizi serta mencegah darah rendah. Buah pisang juga memiliki kandungan kalium, kalori dan zat besi yang sangat baik untuk program hamil.

Buah Kurma Muda
Kurma adalah buah primadona umat muslim yang disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang menjalani program hamil. Selain dianjurkan, ternyata buah kurma memiliki kandungan kalium, besi, kalsium, fosfor, mangan, magnesium, dan serat yang tinggi, yang semua kandungan tersebut bermanfaat baik untuk mendukung program hamil. Buah kurma juga bermanfaat untuk memperkuat dinding-dinding rahim untuk mempersiapkan kehamilan. Selain itu, kurma juga bermanfaat untuk menambah asupan energi dan nutrisi yang mampu untuk mencegah anemia dalam meningkatkan hemoglobin dalam darah.

Buah Nanas
Meskipun buah nanas tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil, namun tidak dengan program hamil. Buah nanas memilliki kandungan enzim yang memiliki pengaruh pada stimulasi produksi ovum sehingga dapat meningkatkan kesuburan. Selain itu nanas juga dapat menyehatkan rahim dan menyeimbangkan hormon kewanitaan. Selain untuk wanita, buah nanas juga bermanfaat untuk pria. Manfaat buah nanas untuk pria yaitu untuk meningkatkan kualitas hubungan seksual serta meningkatkan kualitas sperma untuk dibuahi oleh sel telur sehingga menyebabkan kehamilan. Untuk mendapatkan khasiat dari buah nanas, anda dapat mengkonsumsi buah nanas sebanyak 200-300gr setiap hari.

Buah Kiwi
Kiwi mengandung banyak vitamin C yang mampu melindungi sperma dari oksidasi dan melindungi sel DNA dalam sperma dan sel Telur. Selain itu, kiwi juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Buah kiwi juga mengandung magnesium, vitamin E, mangan, serat, dan potasium yang baik untuk kesehatan.

Buah Manggis
Manggis adalah salah satu jenis buah yang dapat menunjang program hamil, hal ini dikarenakan manggis memiliki banyak kandungan nutrisi. Buah manggis memiliki kandungan mangan, vitamin C, serta asam folat yang berperan penting untuk mempersiapkan kehamilan. Selain itu, manggis juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh serta menjaga kelembaban kulit. Manfaat luar biasa dari buah manggis yaitu dapat mencegah kelahiran prematur dan cacat pada janin. Karena itulah sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang melakukan program hamil dengan mengkonsumsi buah manggis.

Buah Jambu Biji
Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan, salah satunya karena tinggi vitamin C. Selain vitamin C, jambu biji juga memiliki kandungan fosfor, vitamin A, serta kalium. Selain untun mendukung program hamil, jambu biji juga baik untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan. Jambu biji juga mengandung kolagen yang dapat menangkal radikal bebas sehingga menyehatkan kulit dari luar dan dalam.

Buah Mangga
Mangga memiliki kandungan kalium, vitamin A, dan vitamin C yang sangat mendukung dalam program hamil. Selain mendukung promil, kandungan kalium pada buah mangga juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah lebih stabil, serta vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan yang tentu sangat mendukung dalam perkembangan syaraf dan penglihatan pada bayi.

Jenis Buah Bery-Beryan
Jenis buah bery-beryan baik untuk mendukung promil sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi. Buah bery seperti rasberry, bluebbery dan strawberry memiliki kandungan vitamin yang diperlukan dalam tubuh. Selian itu, buah bery juga memiliki kandungan vitamin A,B,C dan Kalium yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mencegah anemia, kontraksi otot juga memperlancar sistem pencernaan didalam tubuh.

Buah Pepaya
Pepaya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesuburan. Kandungan antioksidan pada pepaya dipercaya dapat melindungi sel telur dan sel sperma. Selain itu, kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dan asam folat dalam pepaya sangat baik untuk mendukung program hamil dan menjaga kehamilan. Pepaya juga memiliki kadar indeks glikemik rendah sehingga membuat insulin lebih sehat dan membuat keseimbangan hormon menjadi lebih stabil.

Mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dapat dijadikan langkah untuk mempersiapkan terjadinya ovulasi pasca berhubungan seksual serta mencegah terjadinya komplikasi kehamilan. Buah-buahan dapat dikonsumsi dengan berbagai varian cara seperti dimakan langsung, dibuat jus atau varian lainnya. Membuat jus dalam terapi buah agar cepat hamil menjadi pilihan alternatif bagi wanita karena terbukti berhasil.

Itulah penjelasan tentang Jenis Buah untuk Mendukung Program Hamil  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.