Inilah Manfaat ASI Menurut BJ Habibie yang Penting Untuk Balita

Posted on

Manfaat ASI Menurut BJ Habibie – Mantan Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie atau sering disebut BJ Habibie angkat bicara mengenai pentingnya manfaat Air Susu Ibu (ASI).

BJ Habibie menjelaskan, pemberian ASI sangat berperan penting dalam mencetak generasi penerus bangsa dan negara yang berkualitas. Hasri Ainun Habibie atau istri dari BJ Habibie ini pun mengimbau para ibu agar dapat memanfaatkan ASI sebaik mungkin untuk diberikan kepada anak.

Habibie berkata dalam acara peringatan Pekan ASI Sedunia di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Sabtu (6/8/2016) “ASI diberikan Allah kepada manusia. Manfaatkan hal itu sesempurna sempurnanya, di mana pun Anda berada,”

Habibie mengungkapkan, Air Susu Ibu (ASI) mengandung ramuan yang tidak bisa ditemukan pada susu lain. Pria yang sekarang berumur 80 tahun itu juga mengingatkan keluarga dan masyarakat agar dapat memberikan energi dan kekuatan kepada para ibu. Termasuk memberikan energi kepada bayi yang baru lahir dengan kondisi ibunya meninggal dunia.

Kata Habibie, terapkanlah pola asuh anak dengan penuh kasih dan sayang. Habibie mengaku telah mengetahui tentang pentingnya kasih dan sayang seorang ibu, termasuk memberikan ASI dari Ainun.

“Saya tidur berbaring 48 tahun dengan seorang dokter. Di sebelah saya selama 48 tahun berbaring seorang ibu. Dia pinter, berbakat, bijaksana, low profile,” kata Habibie.

Habibie pun mengenang kembali masa-masa disaat almarhumah istrinya Ainun melahirkan anak pertama mereka, yang diberi nama Ilham Akbar Habibie. dan saat itu istrinya pun memberikan ASI untuk Ilham.

Walaupun saat itu ia sibuk menempuh pendidikan S3, Habibie selalu menyempatkan waktu untuk membantu Ainun saat kerepotan mengurus Ilham. Habibie mengaku, ia kadang sering membantu mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci piring atau mengganti popok anaknya Ilham.

Dalam masalah seperti ini, Habibie ingin mengingatkan pentingnya dukungan suami untuk menyukseskan ASI eksklusif. Peran suami dalam masa menyusui adalah dengan memberikan energi pada ibu, seperti meringankan bebannya dalam pekerjaan rumah tangga agar ibu tidak mengalami stress karena kelelahan mengurusi bayi anda dan mengurus pekerjaan rumah tangga.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.