Gerakan Yoga Untuk Pemula dan Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Posted on

Gerakan Yoga Untuk Pemula dan Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh – Yoga Adalah olahraga yang mengkombinasi gerakan bagain tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan, tubuh yang rileks dan santai saat melakukannya. Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Tidak anya untuk kesegaran dan kebugaran tubuh, yoga juga dapat membantu dalam mengendalikan stress dan mengurangi gelisah.

Yoga cocok dilakukan oleh semua usia , jenis kelamin dan segala kondisi kesehatan tubuh (sesuai petunjuk dokter). Hal ini karena yoga tidak membutuhkan banyak kekuatan fisik. Dengan melakukan yoga secara rutin dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Gerakan Yoga Dasar

Untuk bisa menguasai berbagai pose pada yoga, pertama yang harus dilakukan adalah terlebih dahulu menguasai gerakan dasar pada yoga. Berikut ini adalah gerakan dasar yoga yang bisa anda coba dirumah dan cocok dilakukan oleh anda yang jarang melakukan olahraga.

1. Mountain Pose


Meskipun terlihat sederhana, jika anda melakukan gerakan ini dengan benar bisa membantu memperbaiki postur dan keseimbangan tubuh. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan berdiri dengan jari kaki menyentuh lantai dan biarkan tumit sedikit terpisah (atau lebih lebar) satu sama lain dengan meletakkan lengan di samping tubuh Anda. Bayangkan Anda sedang mengangkat tubuh dari batin Anda. Tarik bahu Anda ke bawah dan rentangkan tulang selangka Anda. Posisikan kepala Anda sejajar dengan bahu (tidak mundur atau maju), dan dagu sejajar dengan lantai. Panggul dan punggung bawah harus netral, tidak terselip atau melengkung. Tahan selama 30 detik hingga 1 menit.

2. Downward Facing Dog


Gerakan ini bekerja pada tubuh bagian atas dan meregangkan otot lengan, dada, kaki dan otot punggung. Cara melakukan gerakan Downward Facing Dog adalah dengan mengambil posisi merangkak, lalu tekan seluruh telapak kaki dan jari kaki ke lantai, dan letakkan tangan sedikit di depan bahu Anda. Buang napas dan mulailah untuk meluruskan kaki Anda dan biarkan tumit Anda muncul dari lantai. Angkat tulang pantat Anda ke langit-langit dan dorong tumit ke lantai. Secara perlahan tekan telapak tangan Anda ke lantai dan meluruskan lengan Anda saat menarik bahu ke bawah. Buatlah kepala Anda santai, dan coba untuk membuatnya tetap berada di antara lengan atas Anda. Tahan dari 1-3 menit.

3. Warrior


Cara melakukan gerakan warior adalah dengan memisahkan kaki Anda sejauh 4 langkah, lalu tekuk kaki kanan sehingga membentuk sudut 90 derajat. Bawa tangan Anda ke pinggul dan rilekskan bahu Anda, kemudian perpanjang lengan ke samping dengan telapak menghadap ke bawah. Setelah itu, hadapkan pandangan Anda ke arah tangan kanan. Tahan selama 1 menit dan ulangi di sisi yang berbeda.

4. Tree pose


Tree pose adalah gerakan yang dilakukan dengan berdiri dengan tangan di samping, lalu beratkan tumpuan pada kaki kiri. Angkat kaki kanan dan tempatkan di dalam paha kaki kiri, jaga pinggul Anda untuk tetap menghadap ke depan. Setelah semuanya seimbang, bawa tangan Anda ke depan dalam posisi berdoa, yaitu meletakkan telapak tangan bersama-sama. Pada saat menarik napas, rentangkan tangan ke atas dengan telapak tangan berhadapan satu sama lain, tapi tidak bersentuhan. Tahan selama 30 detik, lalu buang kembali napas, dan kembali ke posisi semula. Ulangi lagi gerakan ini pada sisi yang berlawanan.

5. Bridge pose

Bridge pose adalah gerakan dengan cara membentangkan dada dan paha untuk meregangkan tulang. Berbaringlah di lantai dengan lutut ditekuk dan meletakkannya langsung sejajar di atas tumit. Tempatkan tangan di samping dengan telapak menghadap ke bawah. Angkatlah pinggul hingga paha paralel dengan lantai, lalu bawa dada ke arah dagu. Tahan selama 1 menit.

6. Triangle pose


Triangle pose adalah gerakan dengan cara berdiri dan membuka kaki sekitar 3 langkah. Arahkan jari kaki kanan ke arah kanan, dan jari kaki kiri ke depan. Rentangkan tangan di kedua sisi dengan telapah menghadap ke bawah. Jatuhkan tubuh Anda ke arah kanan hingga jari tangan kanan Anda menyentuh jari kaki kanan atau menyentuh lutut jika tidak bisa. Rentangkan tangan kiri dengan jari-jari menghadap ke langit-langit. Ubah pandangan Anda ke langit-langit, setelah itu tahan selama 5 napas. Kemudian berdiri dan ulangi lagi ke arah yang berlawanan.

7. Cobra


Cobra gerakan dengan cara berbaring telungkup di lantai dengan jari tangan Anda di bawah bahu. Regangkan kaki Anda hingga ujung jari kaki menyentuh lantai. Kencangkan dasar panggul Anda, dan kunci perut Anda. Tekan bahu ke atas dengan mendorong ibu jari dan jari telunjuk. Arahkan dada Anda ke depan. Posisi tangan harus lurus sejajar dengan lantai. Setelah beberapa saat bersantailah dan ulangi lagi.

8. Sukhasana


Cara melakukan gerakan adalah dengan duduk bersila di atas matras yoga, kedua tangan di lutut. Tegakkan punggung. Pejamkan mata, tarik napas perlahan-lahan. Gerakan ini bisa membantu Anda redakan stres.

9. Cat-Cow Pose


Cat-Cow Pose adalah gerakan seperti seekor kucing dengan tumpukan badan Anda di kedua telapak tangan dan lutut. Gerakkan tubuh Anda melengkung ke dalam dengan dagu mengarah ke dada, lalu gerakkan tubuh melengkung ke luar. Ulangi beberapa kali, gerakan ini bisa mengatasi sakit punggung.

10. Child’s Pose


Child’s Pose adalah gerakan dengan cara duduk dengan kaki dilipat kebawah, luruskan punggung dengan kedua tangan menjulur ke depan. Tahan sambil bernapas teratur sesuai dengan kebutuhan. Gerakan ini bermanfaat untuk membuat tubuh rileks.

11. Viparita Karani


Viparita Karani adalah gerakan yang bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, caranya dengan berbaring dengan kedua kaki yang diangkat dan disandarkan menempel dinding. Kedua tangan direntangkan ke samping.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

1. Mengurangi Stress
Pada umumnya semua jenis olahraga dapat membantu seseorang terhindari dari stress, tak terkeceuali dengan yoga. Melakukan yoga dapat mengurangi rasa gelisah, stress dan meningkatkan mood maupun kesejahteraan fisik maupun psikis seseorang.

2. Meningkatkan Kebugaran Tubuh
Selain mengurangi stress, manfaat selanjutnya dari Yoga yaitu untuk membuat tubuh lebih merasa bugar, keseimbangan tubuh menjadi meningkat, menguatkan tubuh, dan melenturkan otot tubuh.

3. Meredakan Sakit Punggung
Yoga sangat baik dilakukan oleh mereka yang sering mengalami sakit punggung. Hal ini dikarenakan gerakan peregangan tubuh pada yoga dapat melenturkan tubuh anda.

4. Mengurangi Masalah Asma
Penyakit asma ketika kambuh akan sangat mengganggu dan cukup menyiksa. Cara mengatasi untuk mencegah kambuhnya asma adalah dengan melakukan yoga secara rutin. Hal ini karena ada gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan seperti Pranayama yang dapat membantu meringankan gejala asma.

5. Media Relaksasi
Gerakan pada yoga merupakan gerakan tubuh dan anggota badan dengan cara perlahan-lahan. Gerakan perlahan tersebut akan membuat anggota tubuh menjadi rileks dan santai. Melakukan gerakan yoga biasanya akan diiringi dengan alunan musik dengan tempo pelan sehingga membuat pikiran menjadi lebih tenang, santai, dan rileks.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Melakukan yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Gerakan-gerakan yoga memiliki hasil yang sama dengan gerakan olahraga. Maka dari itu, gerakan-gerakan yoga dapat meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh anda, sehingga anda akan mudah terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang daya tahan atau imunitas tubuh anda.

7. Meningkatkan Stamina
Manfaatnya yang dapat memberi kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh sudah pasti yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh. Gerakan-gerakan pernapasan dan gerakan tubuh yang dilakukan secara rutin saat melakukan yoga akan membuat stamina tubuh menjadi meningkat.

Manfaat Yoga untuk Wanita

1. Melatih Kesabaran
Melakukan yoga sama saja melatih kesabaran, dengan rutin melakukan yoga maka anda akan memiliki tingkat kesabaran yang lebih pada wanita. Hal ini karena pada gerakan yoga dilakukan dalam hitungan nafas yang terhitunh biasanya 3-7 kali (inhale dan exhale). Dengan begitu maka sebisa mungkin, tahan gerakan tersebut hingga hitungan nafas selesai. Dengan melewatinya, disitulah letak kesabaran kamu dilatih saat beryoga.

2. Meningkatkan fleksibilitas kekuatan tubuh
Manfaat selanjutnya yoga untuk wanita adalah untuk fleksibiltas dan kekuatan tubuh wanita. Seperti saat melakukan pigeon pose (kapotasana) yang akan membuat tulang pada punggng, serta kaki menjadi lebih lentur. Saat mehanan gerakan-gerakan yoga, maka kekuatan tubuh akan terbentuk.
Pada wanita yang sering duduk berjam-jam dikantor, gerakan ini bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh.

3. Memperbaiki Postur Tubuh
Sebagian besar gerakan pada yoga akan melibatkan kekuatan otot sehingga membuatnya lebih produktif. Rutin melakukan gerakan yoga akan membuat postru tubuh menjadi lebih ideal dengan sendirinya.

4. Menurunkan Berat Badan
Salah satu manfaat yoga yang paling disenangi oleh wanita adalah mampu menurunkan berat badan. Berlatih yoga selama satu jam dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan berjalan kaki santai dengan durasi yang sama. Namun imbangi juga dengan pola makan sehat.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur
Setelah melakukan yoga, otot tubuh akan menjadi lebih rileks, sehingga tubuh akan lebih rileks saat beristirahat. Dengan rutin melakukan yoga tentunya akan meningkatkan dan memperbaiki kualitas tidur pada malam hari.

6. Mengingkatkan Gairah Seksual
yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan meningkatkan performa hubungan intim dengan pasangan. Hal ini berdasarkan pelitian oleh Rak Sahelian, M.D. dalam buku Natural Sex Boosters, Ia menjelaskan bahwa peningkatan peredaran darah di berbagai bagian tubuh setelah rutin beryoga, termasuk daerah pinggang ke bawah, merupakan alasan utama di balik meningkatnya gairah berhubungan intim.

Itulah penjelasan tentang Gerakan Yoga Untuk Pemula dan Manfaat Yoga Untuk Kesehatan   . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.