15 Gerakan Olahraga Paling Cocok Dilakukan untuk Kamu yang Super Sibuk, Efektif Menyehatkan

Posted on

Olahraga untuk Kamu yang Super Sibuk – Memiliki tubuh yang sehat sudah pasti menjadi hal yang sangat penting dalam hidup. Dengan tubuh yang sehat anda dapat menjalankan aktivitas dengan maksimal. Namun untuk mendapatkan tubuh yang sehat menjadi salah satu hal yang sulit dilakukan. Mengapa di anggap sulit? Hal ini dikarenakan saat ini banyak orang yang sok sibuk dengan kegiatan-kegiatannya sehingga mereka melupakan waktu untuk berolahraga yang sudah jelas-jelas bermanfaat baik untuk mejaga kesehatan tubuh.

Melakukan olahraga secara rutin dapat membuat anda menjadi lebih produktif, seperti mendapatkan tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai penyakit. Selain itu, rutin berolahraga juga sangat baik untuk menurunkan kadar stres sehingga hidup menjadi lebih bahagia.

Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa dengan berolahraga selama 15 menit secara rutin setiap hari sudah cukup bagi orang yang ingin sehat. Berikut ini beberapa jenis olahraga yang dapat anda lakukan meskipun memiliki kegiatan super sibuk.

Jenis Olahraga untuk Kamu yang Super Sibuk

1. Melakukan Peregangan
Usahakan sebelum melakukan pekerjaan sebaiknya lakukan peregangan untuk menghindari kram otot. Peregangan juga dilakukan untuk mempersiapkan tubuh dalam beradaptasi untuk pekerjaan yang akan anda lakukan. Cara melakukan peregangan adalah dengan meregangkan tangan ke atas dan diatas kepala

2. Skipping
Skipping atau olahraga lompat tali juga cukup efektif untuk membakar kalori dalam tubuh meskipun hanya dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Melakukan skipping selama 15 menit dapat membakar kalori sekitar 320 kal atau setara dengan bersepeda selama 30 menit.

3. Menekuk Lutut
Olahraga yang selanjutnya dapat dilakukan untuk kamu yang memiliki sedikit waktu adalah dengan menekuk lutut. Gerakan ini bermanfaat untuk peregangan pada kaki. Caranya dengan letakkan satu kaki ke belakang dan satu kaki ke depan. Pastikan kaki depan ditekuk 90 derajat dan kaki belakang pada posisi lurus. Tahan posisi ini selama sepuluh kali hitungan, lalu pindahkan ke posisi kaki sebelahnya. Ulangi gerakan ini selama 10 kali agar mendapatkan hasil yang maksimal dan tubuh menjadi lebih rileks.

4. Jogging
Olahraga selanjutnya anda dapat melakukan jogging disela-sela kesibukan sebelum memulai aktivitas. Jogging dapat dilakukan dimana saja dan terbukti efektif untuk menjaga kebugaran tubuh. Lakukan jogging selama 10-20 menit setiap 3 kali seminggu untuk membuat tubuh menjadi berkeringat dan lebih fresh.

5. Squats
Squat dapat anda lakukan setiap pagi hari sebelum memulai kesibukan anda untuk membantu mengencangkan otot paha dan persendian bawah. Squats dilakukan dengan cara berdiri meregangkan kaki, punggung pada posisi lurus, kedua tangan dibelakang leher dan tekuk lutut ke bawah secara perlahan. Tahan posisi ini selama 10 detik lalu tegakkan tubuh anda. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali sebelum beralih ke gerakan lainnya.

6. Berjalan Kaki ke tempak aktivitas
Selain dengan melakukan gerakan diatas, olahraga yang dapat anda lakukan disela-sela kesibukan anda adalah dengan berjalan kaki ketempat aktivitas. Berjalan kaki dapat membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh. Dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi, akan lebih sehat dengan berjalan kaki ke tempat aktivitas anda.

Olahraga yang Dapat Dilakukan di Kantor

Tidak semua jenis olahraga dapat kerjakan karena ketebatasan waktu yang dimiliki. Berikut ini terdapat beberapa jenis gerakan yang bisa anda lakukan ditempat kerja agar tubuh tetap sehat

1. Memutar sendi kaki
Gerakan yang dapat anda lakukan pada saat dikantor adalah dengan memutar sendi kaki sambil duduk. Caranya dengan renggangkan kaki lalu mulai dengan melakukan putaran ke dalam. Putar pergelangan kaki selama 20 detik kemudian putar balik ke arah sebaliknya.

2. Melakukan Peregangan Kaki
Gerakan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan peregangan kaki. Caranya tetap duduk dikursi kerja lalu angkat salah satu kaki dengan membentuk sudut 90 derajat dengan posisi duduk tegak. Pegang kaki selama 20-30 detik kemudikan lakukan pada kaki sebelahnya. Ulangi gerakan ini selama 20 kali, anda juga dapat melakukan gerakan ini sambil duduk bekerja.

3. Menegakkan Punggung
Gerakan olahraga selanjutnya yang dapat dilakukan saat sedang dikantor adalah dengan melakukan gerakan menegakkan punggung. Gerakan ini paling efektif dilakukan sambil bekerja dengan tetap duduk di kursi kerja sembari mengetik laporan. Caranya adalah dengan tetap menjaga agar punggung tetap lurus, lalu angkat lutut ke atas kursi dan tahan hingga otot perut tak lagi menahannya.

4. Mengencangkan otot gluteus
Gerakan selanjutnya bertujuan untuk mengencangkan otot gluteus atau otot bokong yang juga bisa dilakukan saat sedang duduk sambil bekerja di depan komputer. Caranya dengan menyilangkan sebelah kaki tanpa menimpa kaki yang berada di bawah dan tahan untuk beberapa saat.

5. Menggerakkan Leher
Gerakan sederhana yang dapat anda lakukan ditempat kerja adalah dengan meregangkan leher yang dilakukan dengan cara menekuk kepala ke depan, belakang, ke sisi kiri dan kanan. Namun, anda tidak diperbolehkan memutar kepala dengan menggunakan leher sebagai porosnya karena dapat menyebabkan kerusakan sendi leher. Setelah itu, anda dapat memutar bahu kedepan sebanyak sepuluh kali lalu bergerak memutar ke belakang sebanyak sepuluh kali pula.

6. Menggerakkan pergelangan tangan dan kaki
Gerakan selanjutnya anda dapat memutar pergelangan tangan sepuluh kali searah jarum jam lalu lakukan ke arah sebaliknya dengan jumlah yang sama. Gerakan ini bertujuan untuk meminimalisir potensi terkena saraf terjepit di pergelangan tangan akibat terlalu banyak mengetik. Selain tangan, lakukan gerakan yang sama pada kaki untuk mencegah kesemutan.

7. Latihan otot perut
Gerakan selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan latihan perut, caranya dengan tahan perut selama beberapa detik saat bernapas kemudian lepaskan seiring napas keluar.

8. Latihan mata
Untuk mencegah mata terlalu lelah menatap layar monitor, anda dapat melakukan gerakan memejamkan mata sejenak atau dengan mengalihkan pandangan beberapa kali kearah luar untuk menyegarkan mata.

9. Berdiri
Gerakan olahraga selanjutnya yang dapat dilakukan ketika berada dikantor adalah dengan berdiri beberapa kali disetiap ada kesempatan. Anda dapat berdiri sambil berjalan-jalan seperti mengambil air minum atau membeli makan siang. Cara ini bertujuan agar tubuh tetap dapat bergerak sehingga tubuh menjadi lebih segar.

Itulah penjelasan tentang Gerakan Olahraga Paling Cocok Dilakukan untuk Kamu yang Super Sibuk,  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.