24 Gejala Penyebab Tumor Otak yang Paling Sering Dialami

Posted on

Gejala Penyebab Tumor Otak –¬†Tumor otak adalah pertumbuhan sel abnormal yang terjadi di otak manusia. Semacam tumor di organ tubuh lainnya, tumor otak dibagi menjadi dua yakni jinak dan ganas (kanker).

Banyak orang masih belum mengetahui penyebab tumor otak. banyak peneliti menduga, tumor otak disebabkan oleh masalah genetik, paparan bahan kimia, dan radiasi yang berlangsung terus menerus.

Beberapa orang terlambat mengetahui adanya tumor otak dan tak menyadari adanya gejala yang timbul. Hanya ketika tumor membesar dan mulai terasa mengganggu kesehatan, barulah keberadaan tumor otak diketahui.

Gejala Umum Tumor Otak

Terjadinya gejala tumor otak pun sangat bervariasi tergantung pada lokasi tumor, ukuran, dan perkembangan pertumbuhan tumor. Maka kenali  gejala umum tumor otak berikut ini.

1. Sakit kepala
Sakit kepala adalah gejala yang paling umum dari tumor otak. Dan biasanya, sakit kepala atau terasa pusing di pagi hari akan terulang dan selalu berada di tempat yang sama. Jika sakit kepala sering terjadi dan semakin parah, maka periksalah ke dokter.

2. Mual dan muntah
Merasa mual pada pagi hari bisa saja menjadi salah satu penyebab terjadinya gejala tumor otak.

3. Gangguan penglihatan
Ketika tumor tumbuh di sekitar lobus oksipital, bisa langsung menyebabkan gangguan penglihatan. Penglihatan menjadi kabur dan kesulitan mengidentifikasi objek dan warna.

4. Kehilangan sensasi
Jika seseorang memiliki tumor di daerah lobus parietal, akan terjadi kehilangan sensasi emosi dan memengaruhi gerakan di sekitar lengan ataupun kaki. Hal ini karena tumor telah mengganggu sistem saraf.

5. Masalah keseimbangan
Pertumbuhan tumor di otak dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan tubuh. Tumor yang tumbuh di otak kecil akan mempengaruhi gerakan mereka.

6. Kesulitan bicara
Tumor juga dapat memengaruhi kemampuan bicara seseorang ketika tumbuh di sekitar lobus temporal. Jika tiba-tiba mengalami kesulitan berbicara, periksalah ke dokter, gejala ini juga bisa menjadi tanda stroke.

7. Kebingungan
Tumor otak di lobus parietal dapat menyebabkan seseorang kesulitan memahami berbagai sensasi. Hal ini bisa membuat seseorang selalu merasa kebingungan dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

8. Perubahan perilaku
Seseorang yang memiliki tumor di lobus frontal, bisa mengalami kesulitan dalam mengendalikan perilaku dan memiliki masalah dalam menerima informasi baru.

9. Kejang
Kejang juga termasuk salah satu gejala umum kanker otak yang terjadi tanpa kita sadari. Jika sebelumnya tidak punya riwayat kejang, waspadai tumor otak.

10. Gangguan pendengaran
Tidak hanya gangguan penglihatan, adanya tumor pun bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Hal ini jika lokasi tumor berada di lobus temporal.

11. Gangguan Kesadaran
6% dari penderita tumor otak akan mengalami gangguan kesadaran seperti sering terkejut, sering melamun, dan sering lupa dengan apa yang dilakukan.

12. Ketidaksadaran
14% dari 50 penderita tumor otak mengalami gejala ketidaksadaran, masalah ini terjadi karena efek lanjut atau kronis dari tumor otak jika telah mencapai stadium lanjut. Tumor menjalar di otak semakin besar yang menimbulkan efek ketidaksadaran bagi penderita, seperti lupa dan mulai tidak mengetahui lingkungan disekitarnya.

13. Berat badan menurun
Penurunan berat badan ini disinyalir terjadi karena kemampuan kognitif dan aktivitas yang sudah tidak normal lagi sehingga mempengaruhi metabolisme tubuh secara keseluruhan yang berdampak pada penurunan berat badan.

14. Tidak Nafsu makan
Anorexia adalah jenis penyakit yang berkaitan dengan kehilangan nafsu makan, sekitar 4% dari penderita tumor otak mengalami hal ini.

15. Kehilangan Libido
Pada pria, penyakit tumor otak akan membuat penderita kehilangan libidonya. Banyak mengaitkan bahwa otak adalah sumebr segala aktivitas yang dilakukan, sehingga hal ini juga berpengaruh dalam kaitannya dengan libido. Sekitar 2% dari penderita tumor otak mengalami hal ini.

16. Demensia
Demensia adalah penyakit yang disebabkan karena adanya kelainan pada otak. Setidaknya 14% atau 7 dari 50 penderita tumor otak mengalami gejala ini.

17. Perubahan mental
Sebanyak 32 dari 50 peserta penderita kanker / tumor otak yang diteliti mengalami perubahan mental drastis setelah mengidap kanker ini. Tumor menyebabkan fungsi otak tidak berjalan normal/maksimal yang berdampak pada kesehatan mental.

Gejala Tumor Otak Berdasarkan Lokasinya

Berikut ini adalah beberapa gejala tumor otak berdasarkan lokasi kemunculannya:

  • Otak kecil atau cerebellum. Tumor pada bagian ini bisa menyebabkan kehilangan fungsi koordinasi, kesulitan berjalan dan bicara, mata berkedip terus-menerus, leher kaku, dan muntah-muntah.
  • Batang otak. Tumor pada bagian ini bisa menyebabkan kesulitan berjalan, lumpuh pada otot wajah, pandangan berbayang, serta kesulitan bicara dan menelan.
  • Lobus frontal. Tumor pada bagian ini bisa menyebabkan perubahan sikap, kehilangan indera penciuman, dan lemah pada salah satu sisi tubuh.
  • Lobus parietal. Tumor pada bagian ini bisa menyebabkan kesulitan berbicara, memahami kata-kata, menulis, membaca, dan mengendalikan gerakan. Selain itu, salah satu bagian tubuh juga bisa mengalami mati rasa.
  • Lobus occipital. Tumor pada bagian ini bisa menyebabkan kehilangan penglihatan pada salah satu sisi.
  • Lobus temporal. Tumor pada bagian ini bisa menyebabkan kejang-kejang, pingsan, gangguan bicara atau ingatan, dan sensasi penciuman yang aneh.
  • Lobus frontal. Tumor pada bagian ini bisa mengakibatkan perubahan kepribadian, lemas pada satu sisi tubuh, dan kehilangan kemampuan mencium.

Terimakasih Semoga bermanfaat.