Heartburn : Gejala, Penyebab, Faktor Risiko dan Pengobatan Heartburn

Posted on

Penyakit Heartburn – Heartburn atau nyeri terbakar di dada adalah rasa sakit terbakar atau tidak nyaman di dada bagian atas dan tengah, mungkin melibatkan leher dan tenggorokan, yang dapat memburuk ketika berbaring atau menunduk. Heartburn bisa mempengaruhi aktivitas sehari-har dan pada abeberapa kasus bisa terkait dengan kondisi kesehatan lainnya. Heartburn dapat terjadi pada pasien usia berapapun.

Tanda dan Gejala Heartburn

Berikut ini gejala-gejala umum heartburn diantaranya yaitu

  • Merasa nyeri atau perih pada dada. Kondisi ini biasanya terjadi setelah makan atau pada malam hari.
  • Merasakan heartburn saat berbaring atau menunduk.

Jika gejala yang muncul seperti nyeri pada dada yang sangat ekstrim; kesulitan bernapas atau menelan; terjadi beberapa kali seminggu; tidak dapat mengatasi kondisi dengan obat-obatan yang dijual bebas; mual atau muntah dan penurunan pada kemampuan mengecap rasa, menyebabkan penurunan berat badan. Maka, segera periksakan ke dokter .

Penyebab Heartburn

Heartburn disebabkan karena asam lambung yang naik ke atas (refluks) dari lambung ke esofagus. Saat menelan makanan atau minuman, otot pada ujung esofagus akan membesar untuk mendorong makanan ke lambung dan menutup. Akan tetapi, jika otot tersebut melemah atau terpengaruh, asam lambung bisa kembali ke esofagus dan menyebabkan heartburn.

Faktor Risiko Heartburn

Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan faktor risiko terkena heartburn, diantaranya yaitu:

  • Makanan pedas.
  • Makanan yang mengandung citrus atau tomat.
  • Gorengan.
  • Peppermint.
  • Coklat.
  • Alkohol dan kafein.
  • Bawang Bombay.

Selain makanan, ada faktor lain yang dapat meningkatkan risiko heartburn yaitu keadaan hamil atau obesitas.

Cara Mendiagnosis dan Pengobatan Heartburn

Untuk dapat mendiagnosis heartburn maka dokter akan memeriksa riwayat kesehatan, kemudian melakukan tes lain seperti X-Ray, endoskopi, tes ambulatory acid probe dan tes motilitas esofagus.

Untuk mengobati heartburn dirumah diantaranya yaitu dengan menggunakan antasid; H–2–receptor antagonists (H2RA) atau antagonis reseptor H-2 ; dan juga proton pump inhibitor (PPI) atau inhibitor pompa proton seperti lansoprazole dan omeprazole.

Demikian artikel pembahasan tentang “Heartburn : Gejala, Penyebab, Faktor Risiko dan Pengobatan Heartburn“, semoga bermanfaat