Biduran : Gejala, Penyebab, Faktor Risiko dan Cara Mengobati Biduran (Urtikaria)

Posted on

Biduran (Urtikaria/Kaligata) – Biduran atau urtikaria adalah reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah atau putih yang terasa gatal. Bilur tersebut bisa muncul pada satu bagian atau menyebar ke bagian tubuh lainnya dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda.

Selain terasa gatal, ruam biduran bisa terasa perih dan menyengat. Ruam tersebut dapat muncul di seluruh bagian tubuh termsuk wajah, bibir, lidah, tenggorokan dan telinga.

Tanda dan Gejala Biduran

Gejala umum biduran diantaranya yaitu:

  • Bekas luka merah atau putih pada wajah, badan, lengan atau kaki.
  • Bekas luka dengan berbagai ukuran dan bentuk.
  • Gatal.

Jika gejala tersebut tidak menghilang dalam 48 jam, bertambah parah, menyebabkan gangguan, mengganggu aktivitas, disertai gejala lain dan tidak merespon terhadap perawatan maka segera hubungi dokter.

Jika muncul gejala seperti pusing, sesak napas atau kesulitan bernapas dan merasa lidah atau ternggorokan membengkak maka segera cari pertolongan darurat.

Penyebab dan Faktor Risiko Biduran

Biduran biasanya muncul saat adanya reaksi alergi terhadap beberapa pemicu, seperti hewan peliharaan, serbuk sari, atau lateks. Saat terkena zat alergen, tubuh melepaskan histamin dan bahan kimia ke dalam darah sehingga menyebabkan gatal, bengkak, dan gejala lainnya.

Beberapa penyebab biduran diantaraya yaitu alergi makanan, udara luar, penyakit tertentu, berkeringat, alergi tungau debu, stres.

Faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena biduran diantaranya yaitu jenis kelamin (wanita 2 kali lebih berisiko dibanding pria) dan usia (orang dewasa lebih berisiko).

Pengobatan Biduran

Cara mengobati biduran dapat dilakukan dengan pemberian obat dan penanganan seperti:

  • Antihistamin, seperti Loratadine (Claritin), Cetirizine (Zyrtec), Fexofenadine (Allegra), Desloratadine
  • (Clarinex), Chlorpheniramine (CTM), hydroxyzine pamoate (Vistaril), dan doxepin (Zonalon).
  • Losion calamine.
  • Obat antiradang.
    Antidepresan.
  • Omalizumab (Xolair).
  • Kompres dingin.

Demikian artikel tentang “Biduran : Gejala, Penyebab, Faktor Risiko dan Cara Mengobati Biduran (Urtikaria)“, semoga bermanfaat.