Diabetes Gestasional : Gejala, Penyebab, Faktor Risiko, Cara Mengobati dan Mencegah Diabetes Gestasional

Posted on

Gejala, Penyebab, Faktor Risiko, Cara Mengobati dan Mencegah Diabetes Gestasional – Diabetes Gestasional atau Diabetes melitus gestasional adalah kondisi dimana kadar gula darah tinggi yang terjadi pada wanita hamil. Diabetes gestasional disebut juga dengan diabetes kehamilan.

Diabetes gestasional merupakan diabetes yang muncul pada masa kehamilan, dan hanya berlangsung hingga proses melahirkan. Kondisi ini bisa terjadi di usia kehamilan berapa pun, tapi umumnya berlangsung di minggu 24-28 kehamilan.

Sama seperti diabetes biasa, diabetes gestasional terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin untuk mengontrol kadar glukosa (gula) dalam darah pada masa kehamilan. Kondisi ini bisa membahayakan ibu dan anak, tapi bisa ditekan jika ditangani dengan cepat dan tepat.

Tanda dan Gejala Diabetes Gestasional

Gejala diabetes saat kehamilan muncul saat kadar gula darah melonjak tinggi (hiperglikemia). Gejala-gejala diabetes gestasional diantaranya:

  • Sering merasa haus
  • Frekuensi buang air kecil meningkat
  • Mulut kering
  • Tubuh mudah lelah
  • Penglihatan buram

Jika gejala-gejala tersebut muncul maka segera periksakan ke dokter.

Penyebab Diabetes Gestasional

Belum diketahui secara pasti apa penyebab diabetes gestasional. Tapi kondisi ini diduga terkait dengan perubahan hormon dalam masa kehamilan.

Pada masa kehamilan, plasenta akan memproduksi lebih banyak hormon, seperti hormon estrogen, HPL (human placental lactogen), termasuk hormon yang membuat tubuh kebal terhadap insulin, yaitu hormon yang menurunkan kadar gula darah. Akibatnya, kadar gula darah meningkat dan menyebabkan diabetes gestasional.

Faktor Risiko Diabetes Gestasional

Semua ibu hamil berisiko mengalami diabetes gestasional, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko ibu hamil terkena diabetes gestasional, diantaranya yaitu:

  • Memiliki berat badan berlebih.
  • Memiliki riwayat tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Pernah mengalami diabetes gestasional pada kehamilan sebelumnya.
  • Pernah mengalami keguguran.
  • Pernah melahirkan anak dengan berat badan 4,5 kg atau lebih.
  • Memiliki riwayat diabetes dalam keluarga.
  • Mengalami PCOS (polycystic ovary syndrome) atau akantosis nigrikans.

Pengobatan Diabetes Gesrasional

Pengobatan diabetes gestasional bertujuan untuk mengendalikan kadar gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi saat hamil dan melahirkan. Metode pengobatan diabetes gestasional yang dapat dilakukan diantaranya yaitu:

Pemeriksaan kadar gula darah rutin. Dokter akan menganjurkan pasien memeriksakan darah 4-5 kali sehari, terutama di pagi hari dan tiap selesai makan. Pasien bisa memeriksakan darah secara mandiri, menggunakan jarum kecil, dan meletakkan darah di cek gula darah.

Diet sehat. Dokter akan menyarankan pasien untuk banyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian; membatasi konsumsi makanan manis dan juga makanan dengan kandungan lemak dan kalori tinggi.

Olahraga. Olahraga bisa merangsang tubuh memindahkan gula dari darah ke dalam sel untuk diubah menjadi tenaga. Selain itu juga dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman saat hamil, seperti sakit punggung, kram otot, pembengkakan, sembelit, dan sulit tidur.

Obat-obatan. Jika diet sehat dan olahraga belum mampu menurunkan kadar gula darah, dokter akan meresepkan metformin. Jika metformin tidak efektif atau menimbulkan efek samping parah, dokter akan memberi suntik insulin. Sekitar 10-20% pasien diabetes gestasional membutuhkan obat-obatan untuk menormalkan kadar gula darah.

Jika kadar gula darah pada ibu hamil tetap tidak terkontrol atau belum juga melahirkan pada usia kehamilan lebih dari 40 minggu, maka dokter dapat memilih melakukan operasi caesar atau induksi untuk mempercepat persalinan.

Pencegahan Diabetes Gestasional

Belum diketahui apakah diabetes gestasional dapat dicegah atau tidak, tapi ada beberapa cara untuk menekan risiko penyakit diabetes gestasional diantaranya yaitu:

  • Berolahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran tubuh sebelum dan saat hamil.
  • Memperbanyak konsumsi makanan dengan serat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan serta menghindari makanan yang mengandung lemak atau kalori tinggi.
  • Turunkan berat badan saat merencanakan kehamilan dengan menjalani pola makan sehat.

Demikian artikel tentang “Diabetes Gestasional : Gejala, Penyebab, Faktor Risiko, Cara Mengobati dan Mencegah Diabetes Gestasional“, semoga bermanfaat.