Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Malaria Penting Diketahui

Posted on

Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Malaria – Malaria adalaah jenis penyakit yang gejalanya mirip dengan kasus demam berdarah yaitu demam tinggi. Malaria adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi dari parasit Plasmodium yang hanya disebarkan oleh nyamuk Anopheles betina. Parasit plasmodium masuk kedalam tubuh melalui gigitan nyamuk yang biasanya terjadi pada malam hari. Ada banyak jenis parsit plasmodium, namun hanya ada lima jenis yang menyebabkan malaria pada manusia, salah satunya disebabkan oleh parasit plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax.

Sedangkan, di Indonesia kasus malaria paling banyak disebabkan oleh parasit plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax. Plasmodium falciparum adalah jenis parasit yang menyebabkan penderitanya sebagian besar meninggal, sedangkan Plasmodium vivax dapat mengakibatkan penderita yang sudah sembuh menjadi sakit lagi karena parasit jenis ini dapat diam dan bersembunyo di dalam organ hari manusia sebelum kembali menjadi aktif lagi.

Sedangkan tiga jenis parasit lainnya yang menyebabkan malaria antara lain Plasmodium ovale, Plasmodium malariae, dan Plasmodium knowlesi. Namun, kasus malaria akibat ketiga parasit tersebut jarang ditemui di Indonesia.

Penderita Malaria di Indonesia

Bersama dengan negara-negara di seluruh Dunia, Indonesia turut ikut bergabung dalam sebuah komitmen global Millenium Development Goals (MDGs) yang bergerak dalam memberantas penyakit, salah satunya penyakit malaria.

Angka kejadian malaria dalam suatu wilayah ditentukan dengan Annual Parasite Incidence (API) per tahun. API sendiri merupakan jumlah kasus positif malaria per 1.000 penduduk setiap tahunnya.

Sedangkan di Indonesia sendiri, berdasarkan Program MDGs terus menunjukkan keberhasilan yang signifikan. Yang ditunjukkan dengan API, malaria di Indonesia terus mengalami penurunan sejak tahun 2011 hingga 2011.

Tahun 2011, terdapat 1.75 kasus malaria per 1.000 penduduk
Tahun 2005, menurun menjadi 0.85 kasusu malaria per 1.000 penduduk

Meskipun demikian, Indonesia belum bebas dari kasus malaria terutama di bagian timur Indonesia seperti Papua, NTT, Maluku, dan Bengkulu merupakan penyumbang terbanyak angka kejadian malaria di Indonesia.

Gejala Malaria

Gejala malaria biasanya akan muncul sekitar satu hingga dua minggu setelah tubuh terinfeksi parasit plasmodium atau satu tahun setelah gigitan nyamuk namun termasuk kasus yang jarang terjadi. Gejala umum yang muncul akibat malaria antara lain:

  • Demam
  • Keringat Dingin
  • Mengigil
  • Mual dan Muntah
  • Sakit Kepala
  • Diare
  • Nyeri Otot

Jika tubuh mengalami gejala-gejala tersebut, segera kunjungi dokter untuk dilakukan diagnosisi dan penanganan selanjutnya.

Penyebab Malaria

Malaria disebabkan adanya parasit Plasmodium yang masuk dalam tubuh melalui nyamuk betina yang telah terinfeksi. Gigitan nyamuk malaria sering terjadi pada malam hari. Setelah adanya gigitan, parasit plasmodium akan masuk kealiran darah. Selain itu, penyebaran malaria juga bisa saja terjadi melalui transfusi darah atau melalui pemakaian jarum suntik secara bergantian, meskipun kasus ini sering terjadi, anda harus tetap berhati-hati.

Setelah tubuh terinfeksi gigitan nyamuk, akan muncul gejala dengan masa inkubasi sekitar 7 hingga 30 hari kemudian. Namun masa inkubasi dari masing-masing jenis plasmodium bisa berbeda.

Penyakit malaria tidak bisa menular dari orang ke orang, meskipun pada beberapa kasus bisa menyebar tanpa perantara nyamuk. Misalnya virus berpindah dari ibu hamil ke janin, akibat prosedur transfusi darah yang tak sesuai, serta penggunaan jarum suntik yang bergantian.

Cara Mencegah Penyakit Malaria

Penyakit malaria masih bisa dihindari dengan cara melakukan pembersihan lingkungan tempat tinggal, karena pada dasarnya endemi nyamuk malaria berada pada lingkungan hidup yang kotor. Berikut ini ada beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah malaria, antara lain:

  • Hindari menimbun sampah rumah tangga dan barang bekas
  • Rajin menanam tanaman pengusir nyamuk
  • Oleskan lotion atau krim anti nyamuk
  • Selalu menjaga kebersihkan lingkungan tempat tinggal
  • Hindari tempat-tempat yang kotor dan tidak steril
  • Hidup sehat dengan menjaga pola makan sehat dan rutin olahraga

Itulah penjelasan tentang Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Malaria  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.