Penyakit Sinusitis – Gejala, Penyebab, Cara Pengobatan Dan Cara Pencegahan Sinusitis yang Efektif Dilakukan

Posted on

Gejala, Penyebab, Cara Pengobatan Dan Cara Pencegahan Sinusitis – Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sedangkan sinusitis adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada dinding sinus akibat adanya penyumbatamn didalamnya.

Pada keadaan normal, sinus berisi udara dan sedikit lendir yang berfungsi menjaga kelembaban udara. Sedangkan ketika mengalami peradangan, sinus menyebabkan lapisan mukosa menjadi menebal atau membengkak sehingga menghasilkan banyak lendir dihidung. Namun pada sinusitis lendir tidak keluar lancar seperti flu, yang akhirnya membuat lendir menjadi terperangkap didalam rongga sehingga memenuhi rongga sinus.

Sinusitis termasuk penyakit yang sering terjadi pada semua orang. Sinusitis dibedakan menjadi beberapa tipe berdasarkan lamanya penyakit tersebut menyerang. Sinusitis yang biasanya muncul secara tiba-tiba dan berlangsung dalam jangka waktu pendek (sekitar 4 minggu) disebut dengan sinusitis akut. Sedangkan sinusitis yang lebih parah seperti peradangan dalam jangka waktu 3 bulan dan sering kambuh disebut dengan sinus kronis.

Gejala Sinusitis

Gejala munculnya sinusitis yang paling sering terjadi adalah timbulnya rasa nyeri pada sekitar wajah, pipi, mata dan bagian dahi yang disertai ingus berwarna hijau kekuningan. Munculnya gejala sinusitis biasanya dipengaruhi oleh tipe dan berapa lama gejala yang muncul akibat sinusitis. Berikut ini beberapa gejala pada penyakit sinusitis, antara lain :

Sinusitis Akut
Sinusitis akut biasanya berlangsung selama 4 hingga 12 minggu, yang umumnya disebabkan karena flu biasa yang mengakibatkan infeksi virus. Beberapa gejala yang sering muncul akibat sinusitis akut antara lain :

  • Lendir hidung (ingus) berwarna hijau atau kuning
  • Wajah terasa nyeri atau tertekan
  • Hidung mampet
  • Indera penciuman memburuk (sulit menangkap bau)
  • Batuk
  • Bau mulut
  • Kelelahan
  • Sakit gigi

Sinusitis Kronis
Gejala sinusitis kronis hampir sama dengan gejala sinusitis akut, namun tanda gejala sinus kronis berlangsung lebih lama dan sering menyebabkan kelelahan. Diperlukan beberapa tanda untuk menyimpulkan jika gejala yang muncul adalah gejala dari sinusitis kronis, tanda yang kerap muncul seperti :

Cairan kental berwarna yang keluar dari hidung atau adanya cairan mengalir dari belakang tenggorokan (postnasal drainage)
Penyumbatan hidung, menyebabkan kesulitan bernapas melalui hidung
Nyeri, sensitif dan bengkak di sekitar mata, pipi, hidung atau kening
Berkurangnya indera penciuman dan pengecap pada orang dewasa atau batuk pada anak-anak

Munculnya gejala tersebut biasanya juga disertai dengan munculnya gejala :

  • Nyeri pada telinga
  • Nyeri pada rahang atas dan gigi
  • Batuk yang memburuk pada malam hari
  • Radang tenggorokan
  • Napas bau (halitosis)
  • Kelelahan atau mudah marah
  • Mual

Penyebab Sinusitis

Sinusitis disebabkan oleh infeksi bakteri, alergi, polusi, atau polip hidung (adanya daging jinak dihidung yang menyumbat pernafasan). Selain itu sinus juga disebabkan karena adanya flu, atau karena kontak langsung dari penderita seperti melalui makanan, minuman, menghirup atau menyentuh. Pada sinusitis kronis dapat disebakan oleh sinus sempit bawaan atau sinus yang terlalu kering.

Pengobatan Sinusitis

Pada kondisi sinusitis Akut biasanya dalam beberapa minggu akan hilang dan sembuh dengan sendirinya. Sengkan pada kondisi sinusitis kronis jika tidak dilakukan tindakan penanganan akan menimbulkan infeksi yang lebih serius dan akan lebih membahayakan. Untuk membantu meringankan sinusitis cobalah anda melakukan beberaca car apengobatan dibawah ini untuk membantu meringankan gejala sinusitis, yang meliputi :

1. Gunakan Semprotan hidung
Untuk meredakan lendir dalam saluran hidung anda dapat menyemprotkan semprotan hidung saline beberapa kali setiap harinya untuk membersihkan saluran hidung. Semprotan ini berisi cairan campuran dari 400 ml air matang, 1 sdt garam dan 1 sdt soda bikarbonat. Aduk dan masukan pada semprotan saline, lalu semprotkan ke hidung untuk mengeluarkan lendir dari hidung sebelahnya.

2. Hirup Udara dengan tetesan kayu putih
Anda dapat menghirup uap air panas yang diberi tetesan minyak kayu putih untuk membantu melegakan hidung. Cara ini belum terbukti secara ilmiah dapat menyembuhkan sinusitis namun bisa dilakukan untuk membantu melegakan hidung dari lenidr.

3. Kompres air hangat
Untuk meringankan gejal ayang muncul akibat sinusitis, anda dapat mengkompres bagian hidung dan bagian sekitar hidung dengan menggunakan handuk hangat secara rutin. Hal tersebut juga dapat membantu mengeluarkan lender dalam hidung.

4. Tinggikan posisi kepala saat tidur
Gunakan beberapa tumpukan bantal ketika anda tidur. Cara tersebut dilakukan untuk membantu mengurangi jumlah tekanan disekitar sinus sehingga dapat mengurangi ketidak nyamanan akibat rasa sakit.

5. Gunakan dekongestan tablet
Konsumsi obat sinusitis seperti dekongesten tablet berguna untuk mengurangi pembengkakan dan membantu mengurangi penyumbatan pada sinusitis.

Pencegahan Sinusitis

Untuk anda yang memiliki riwayat penyakit sinusitis, ada beberapaca tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah radang sinus kembali kambuh, Beberapa tips tersebut antara lain:

1. Rajin Mencuci Tangan
Cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk mencegah kambuhnya sinusitis adalah dengan rajin mencuci tangan. Karena tanpa sadar anda akan menyentuh bagian wajah sedangkan tangan mengandung banyak sekali kuman yang dapat menyebabkan sinusitis. Selain sinusitis, penting juga untuk rajin mencuci tangan untuk menghindari sakit karena penyebaran kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

2. Cukupi Air Putih
Dengan tercukupi minum air putih membuat selaput lendir dalam hidung senantiasa terjaga kelembabannya sehingga dapat mencegah selaput hidung menjadi kering dan menyebabkan sinusitis.

3. Lakukan vaksin flu
Cara mencegah flu selanjutnya adalah dengan melakukan vaksin influenza. Vaksin influenza selalu didesain ulang untuk mencocokkan rantai virus yang selalu mengalami perubahan setiap tahunnya. Vaksin flu direkomendasikan untuk:

  • Semua anak usia 6-18 tahun
  • Orang dewasa >65 tahun
  • Orang dewasa yang berisiko tinggi mengalami komplikasi influenza
  • Petugas kesehatan

4. Hindari Stress
Stress akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun, stress juga berpengaruh pada kondisi antibodi anda. Semakin anda stress maka antibodi akan semakin melemah. Dalam keadaan stress biasanya seseornag akan lebih sering menggosok hidung, sehingga hal tersebut menyebabkan iritasi pada hidung hingga menyebabkan sinusitis.

5. Konsumsi makanan bergizi
Mengkonsumsi makanan bergizi seperti tercukupi asupan nutrisi, vitamin dan protein dalam tubuh akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Penting untuk mencukupi tubuh dengan makanan bergizi untuk terhindar dari penyakit sinusitis.

6. Menjaga Kesehatan Lingkungan
Lingkungan menjadi faktor penting untuk terhindari dari penyakit sinusitis. Anda perlu menghindari tempat-tempat yang dapat memperburuk kondisi sinus seperti menghindari asap rokok, pipa asap dan hindari polusi.

Itulah penjelasan tentang Gejala, Penyebab, Cara Pengobatan Dan Cara Pencegahan Sinusitis . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.