Cantengan : Gejala, Penyebab, Cara Mengobati dan Cara Mencegah Cantengan Pada Kuku Terlengkap

Posted on

Cantengan (Paronikia) Pada Kuku – Cantengan, ingrown toenails, onychocryptosis atau kuku tumbuh ke dalam (Paronychia) adalah Infeksi jaringan lipatan di sekitar kuku.

Cantengan atau Paronikia merupakan infeksi jaringan yang berdekatan dengan kuku kaki dan tangan. Cantengan ini disebabkan oleh cedera atau iritasi, seperti bintil kuku, kerusakan kutikula, atau kaki/tangan yang terus-menerus basah.

Jaringan berdekatan yang menyakitkan, merah, dan bengkak bahkan mungkin ada nanah. Penanganan cantengan yang dapat dilakukan diantaranya yaitu mengompres dengan air panas dan pengobatan, seperti antibiotik atau antijamur. Nanah mungkin perlu dikeringkan. Cantengan yang tidak diobati bisa menyebabkan infeksi kulit dan masalah tulang yang serius.

Tanda dan Gejala Cantengan

Gejala cantengan yang sering muncul diantaranya yaitu jari kaki atau tangan yang mengeras, bengkak, dan terasa rapuh di sekitar kuku. Daerah ini menjadi memerah dan sangat sakit dan terasa panas. Kulit tumbuh di atas kuku yang tumbuh ke dalam. Jika kaki yang terinfeksi, nanah atau cairan dapat mengalir dari jari kaki.

Segera konsultasikan ke dokter jika mengalami ketidaknyamanan parah di kaki atau muncul nanah atau kemerahan yang tampaknya akan menyebar.

Penyebab Cantengan

Penyebab umum cantengan diantaranya yaitu memakai sepatu yang terlalu kecil, memotong kuku dengan cara yang salah, kelainan tulang, atau cedera jari kaki seperti jari kaki tersandung.

Faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena cantengan diantaranya yaitu orang yang sudah lanjut usia, yang memiliki diabetes, atau yang memiliki masalah dengan sirkulasi darah di kaki.

Cara Mengobati Cantengan

Pengobatan yang dapat dilakukan jika mengalami cantengan tidak terlalu parah yaitu merendam kaki atau tangan pada air sabun atau air garam inggris yang hangat beberapa kali sehari atau mengangkat tepi kuku yang tumbuh ke dalam dan meletakkan kapas/benang di bagian bawah kuku untuk memisahkannya dengan kaki. Selain itu bisa dengan melunakkan kuku dengan tea tree oil atau menggunakan perban.

Jika cantengan parah atau tumbuh terus menerus, maka minta dokter untuk mengangkat bagian kuku yang tumbuh ke dalam tersebut. Biasanya dokter kan memberikan obat bius kemudian memotong bagian kuku tersebut dengan menggunakan gunting.

Cara Mencegah Cantengan

Untuk mengatasi dan mencegah cantengan diantaranya yaitu pakai kaos kaki bersih dan sepatu berujung terbuka, jangan terlalu sering menggunakan sepatu berujung tertutup, jaga kaki agar tetap bersih dan jangan potong kuku di bagian tepi sehingga bagian tepi tajam.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cantengan : Gejala, Penyebab, Cara Mengobati dan Cara Mencegah Cantengan Pada Kuku Terlengkap“, semoga bermanfaat.