14 Gejala Utama Kanker Paru-paru yang Sering dianggap Sepele Oleh Penderita

Posted on

Gejala Kanker Paru-paru yang Sering dianggap Sepele – Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit kanker yang banyak diderita masyarakat di dunia, terutama pada mereka yang punya kebiasaan merokok.

Namun, banyak dari pasien kanker paru-paru yang sering kali terlambat ke dokter. Salah satunya karena tak menyadari gejala yang muncul.

Tingkat keberhasilan pengobatan pun menjadi rendah jika kanker tidak ditemukan sejak awal. Untuk itu, kenali tujuh gejala kanker paru yang sering disepelekan

Gejala Kanker Paru-paru

1. Batuk darah
Batuk darah jelas bukan pertanda baik bagi kesehatan tubuh, orang yang mengalami batuk darah harus segera periksa ke dokter. Batuk berdarah bisa jadi tanda adanya kanker paru, walau perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya.

2. Nyeri dada
Selain menjadi tanda serangan jantung, nyeri dada juga menjadi gejala kanker paru. Tandanya, Anda sering merasa sakit di dada, punggung, hingga bahu. Terkadang bisa disertai rasa sesak di dada.

3. Batuk terus-menerus
Batuk bisa disebabkan oleh sesuatu yang ringan seperti sedang flu dan alergi. Namun, jika batuk tak juga berhenti dalam waktu yang lama, bisa jadi tanda penyakit lebih serius, seperti kanker paru.

4. Sesak napas
Jika Anda tiba-tiba merasa terengah-engah ketika menaiki tangga atau sekedar berjalan, bisa jadi gejala kanker paru-paru, terutama jika disertai dengan gejala lainnya. Kesulitan bernapas ketika sedang duduk atau berbaring bisa jadi tanda masalah. Segera periksa ke dokter.

5. Sangat lelah
Penurunan berat badan dan hilang napsu makan bisa jadi tanda kanker paru-paru. Selain itu, diikuti rasa lelah berlebihan, padahal Anda melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

6. Asma
Jika Anda didiagnosis asma saat sudah dewasa atau usia lebih tua, waspadai gejala kanker paru. Lebih baik Anda segera melakukan tes kesehatan untuk mengetahui ada atau tidaknya tumor ganas di paru-paru.

7. Sakit di seluruh tubuh
Mulai dari sakit kepala, gangguan keseimbangan, mati rasa pada tungkai, bisa jadi gejala kanker paru. Akan tetapi, kemungkinan kanker telah menyebar ke otak atau sumsum tulang belakang. Sedangkan, jika mata dan kulit menguning, bisa jadi telah menyebar ke hati hingga kelenjar getah bening.

8. Penurunan Berat Badan
Pada penderita kanker akan mengalami penngkatan metabolisme besar akibat pertumbuhan sel kanker yang terjadi. Sel tersebut membutuhkan energi untuk melakukan pembelahan, energi tersebut ebrasal dari tubuh penderita sehingga sudah pasti penderita akan mengalami penurunan berat badan dalam waktu singkat. Selama satu bulan sekitar 10% berat badan penderita mengalami penurunan.

9. Penglihatan mengabur
Penyebaran kanker bisa sampai ke otak, sehingga hal tersebut akan memunculkan tanda-tanda penyakit pada syaraf, salah satu gejala yang muncul dari awal adalah penglihatan yang mengabur.

10. Bagian Wajah dan Leher menjadi Bengkak
Iritasi atau bengkak di wajah maupun leher biasanya dialami oleh penderita kanker paru-paru, hal ini dikarenakan aliran darah yang tersumbat karena sel tumor atau sel kanker dalam paru-paru.

11. Sakit Kepala tak Kunjung Hilang
Dalam beberapa kasus, penderita merasa sakit kepala yang tak kunjung hilang karena kanker paru-paru. Hal tersebut dapat menjadi indikasi bahwa sel kanker sudah menyebar hingga ke otak.

12. Nyeri pada Tulang
Nyeri pada tulang akibat kanker paru-paru biasanya terpusat pada bagian punggung, bahu, lengan atau leher. Nyeri yang dirasakan biasanya akan muncul pada saat waktu beristirahat atau malam hari.

13. Suara berubah parau
Jika suara anda hilang atau menjadi berat dan terjadi selama 2 minggu lebihm maka segera periksakan ke dokter. Kanker paru-paru juga dapat mempengaruhi kotak suara andam sehingga menyebabkan perubahan pada suara.

14. Sulit Menelan Makanan
Sulit menelan makanan dapat menjadi faktor awal munculnya kanker paru-paru, jadi jangan anggap sepele masalah ini jika sudah berangsur lebih dari 2 minggu.

Kanker paru-paru sering kali tidak menunjukkan gejala hingga sudah stadium lanjut. Banyak pasien baru terdiagnosis ketika kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain. Untuk itu, terapkan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko kanker paru.

Terimakasih, Semoga bermanfaat..