Gejala dan Ciri-Ciri Penyakit Katarak Mata yang Dianggap Sepele

Posted on

Gejala dan Ciri-Ciri Penyakit Katarak Mata yang Dianggap Sepele – Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang dapat menyebabkan kebutaan mata. Salah satu gejala katarak bisa ditandai dengan adanya gangguan penglihatan. Hal ini terjadi karena lensa mata mengeruh. Selain diderita oleh manula, katarak juga dapat menyerang orang dewasa, anak-anak hingga pada bayi. Meskipun prevalensi lebih sedikit, faktor utama terjadinya katarak pada bayi biasanya adanya GEN penderita katarak dalam kategori keluarga atau faktor keturunan.

Tanda adanya katarak seperti yang dikatan oleh dokter “Walaupun sudah pakai kacamata, penglihatannya tetap kabur. Itu salah satu tandanya,” kata dokter Spesialis Mata yang juga Ketua Service Katarak dan Bedah Refraktif Jakarta Eye Center (JEC) Setiyo Budi Riyanto.

Beberapa penglihatan terjadi juga terkadang berkabut, karena pada lensa terdapat bagian yang keruh. Orang yang terserang katarak juga akan mengalami gangguan dalam melihat cahaya, seperti silau dan gelap jika melihat sinar lampu dan sinar matahari.

Inilah salah satu gejala khas yang terjadi, yaitu penglihatan di dalam ruangan lebih terang dibanding luar ruangan. Lama-kelamaan, muncul jelas noda putih di tengah bola mata hingga akhirnya meluas dan menyebabkan kebutaan.

Selain faktor usia yang mempengaruhi, paparan sinar ultraviolet (UV) juga bisa mempercepat munculnya katarak.

“Jadi kalau kegiatan di luar ruangan, biasakan memakai kacamata yang melindungi dari sinar UV,” imbuh Budi.

Pada umumnya, katarak banyak dialami orang yang usianya sekitar 50an. Jika muncul gejala tersebut, periksalah ke dokter mata.

Budi mengungkapkan, hingga saat ini masih belum ada obat untuk menghilangkan katarak. Katarak hanya bisa diatasi dengan operasi. Tenang saja, operasi katarak sudah sangat aman karena adanya teknologi yang terus berkembang. Operasi saat ini tak lagi dengan disuntik atau dijahit.

Penyebab kebutaan terbanyak yang terjadi di Indonesia adalah katarak. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013, setiap tahunnya ada 1000 penderita katarak baru atau sekitar 0,1 persen.

Bisa di bilang Indonesia adalah negara dengan kasus kebutaan terbanyak nomor dua di dunia setelah Eutopia. Bahkan, peringkat pertama di Asia Tenggara.

Gejala dan Ciri-Ciri Katarak

Biasanya katarak muncul secara perlahan dan menyebabkan sedikit gejala hingga penglihatan mulai menurun. Berikut ini beberapa gejala penyakit mata katarak.

1. Penglihatan menjadi silau
Penderita katarak tidak tahan terhadap cahayan, baik cahaya lampu atau cahaya matahari. Mata mereka akan cenderung merasa sakit dan silau bila terkena cahaya.

2. Melihat seperti ada cincin di sumber cahaya
Jika mata sudah melihat seprti ada banyak cincin disumber cahaya, maka hal tersbeut merupakan tanda mata sudah terkena katarak. Hal tersbeut terjadi karena cahaya masuk kebagian mata dan menghasilkan difraksi sehingga pantulan yang berasal dari cahaya menyerupai cincin pada bagian sumber cahaya.

3. Penglihatan mulai kabur
Penderita katarak biasanya akan merasakan penglihatan mulai kabur. Pada awalnya gejala ini dapat diatasi dengan memakai kacamata, namun hal ini tidak bertahan lama. Pandangan mata tetap kabur dan tidak bisa lagi diatasi dnegan menggunakan kacamata.

4. Penglihatan Menguning
Penderita katarak biasanya akan melihat segala sesuatu menjadi berwana kekuningan. Hal ini dikarenakan cahaya yang masuk ke lensa yang menyebabkan semua warna tidak tertangkap dengan baik.

5. Penglihatan menjadi ganda
Penderita katarak secara umum melihat sumber objek pandangan menjadi ganda atau menjadi dua. Hal ini disebabkan karena difraksi yang terjadi pada bagian lensa yang menyebabkan pandangan mata tidak terlihat dalam ukuran dan bentuk yang sebenarnya.

6. Penglihatan menjadi keruh dan berkabut
pada awalnya gejala yang dialami ringan namum ketika dibiarkan saja, pandangan akan menjadi kabur. Jika gejala ini sudah muncul segera konsultasikan kedokter.

7. Adanya lapisan kuning atau coklat pada pandangan
Penglihatan pada mata katarak akan terlihat kuning atau coklat. Hal ini meyebabkan penderita katarak tidak bisa melihat pada area gelap seperti malam hari.

Faktor dan Cara Menghindari Penyakit Katarak

Salah satu faktor penyebab katarak seperti

  • Usia
  • Debu
  • Paparan sinar ultraviolet
  • Campak

Cara menghindari faktor terjadinya penyakit katarak

  • Hindari berada pada paparan sinar UV terlalu lama
  • Kurangi konsumsi obat kortikosteroid jangka waktu lama
  • Kurangi konsumsi alkohol secara berlebihan
  • Kurangi radiasi ion

Terimakasih, semoga informasi yang diberikan bermanfaat.