17 Gejala Awal Tumor Otak yang paling Sering dialami

Posted on

Gejala Awal Tumor Otak ¬†–¬†Sudah tidak diragukan lagi, jumlah dari penderita tumor pada otak terus meningkat setiap tahunnya. Penyakit ini kerap mendera orang tua di usia 70-an, namun kini usia penderita bergeser pada dewasa muda hingga paruh baya.

Pahami Gejala Tumor Otak Sejak Dini

Sementara pada anak-anak, penyakit ini bisa dibilang menduduki peringkat ke-2 dalam kategori kanker setelah leukimia. Dibeberapa negara, tumor otak malah menempatkan peringkat teratas!

Gejala Tumor Otak

Gejala tumor otak berasal dari tumbuhnya sel-sel otak yang tidak wajar. Kondisi yang memicu pertumbuhan sel-sel tersebut di luar batas normal dan terjadilah tumor. Ketika tumor telah mencapai ukuran tertentu, baru akan nampak beberapa gejala klinis.

Tumor otak bisa terjadi secara primer atau sekunder, yang artinya, pertama kali muncul di otak (primer) atau di bagian tubuh yang lain (sekunder), lalu menyebar hingga ke otak.

Yang berarti dapat bersifat jinak (tumbuh perlahan, contohnya sekitar 10 tahun atau lebih), atau ganas (tumbuh dengan cepat, dan langsung menyerang bagian tubuh yang lain, misalnya dalam 1-2 tahun).

Banyak gejala-gejala klinis yang muncul berkaitan erat dengan lokasi dan ukuran tumor otak tersebut, gejala paling umum adalah sakit kepala hebat yang semakin parah di pagi hari, yang mengakibatkan mual dan muntah, serta gangguan penglihatan seperti kabur atau penglihatan ganda. Berikut ini gejala adanya deteksi tumor otak, antara lain:

  1. Sakit Kepala
    Ciri paling umum adanya deteksi tumor otak adalah sakit kepala. Sekitar 76% penderita tumor otak mengalami gejala ini. Dikutip dari cnn, Dr. Santiago Medina, co-director Department Radiology divisi Neuroradiology di Rumah sakit anak Miami, ciri-ciri sakit kepala karena tumor otak sebagai berikut.

    • Anda baru pertama kali sakit kepala dengan amat sangat. Selain itu sakit kepala yang anda rasakan berbeda sakit yang biasa diderita.
    • Sakit kepala yang ditandai dengan gejala lain. Sakit kepala yang disertai dengan mual, muntah, dan pusing. Tak jarang pula ada yang disertai dengan kejang, sulitt berbicaram dan penglihatan mengabur.
    • Sakit kepala mulai dari bangun pagi hari. Sakit kepala mulai terasa dari bangun tidur yang disertai mual dan muntah-muntah dan membaik disiang hari.
    • Sakit kepala semakin terasa parah. Sakit kepala yang diderita semakin parah seiring waktu, hingga beberapa minggu sampai beberapa bulan. Jika sudah mengalami gejala ini segera periksakan diri anda ke dokter ahli.
  2. Perubahan Mental
    Berdasar hasil uji sekitar 32 dari 50 penderita kankeotak mengalami gejala perubahan mental secara drastis setelah mengidap kanker. Tumor menyebabkan fungsi otak menjadi tidak normal yang berdampak pada kesehatan mental. Ciri-ciri perubahan mental ini seperti : kehilangan memori, ganguan konsentrasi, masalah penalaran, perubahan kepribadian dan perilaku, dan peningkatan intensitas tidur.
  3. Muntah-Muntah
    Berdasarkan penelitian oleh BSMMU sekitar 26 dari 50 penderita tumor otak mengalami gejala muntah-muntah. Ciri-ciri muntah yang terdeteksi tumor otak adalah muntah yang terjadi pada pagi hari tanpa adanya mual yang disertai dengan sakit kepala.
  4. Gangguan Penglihatan
    Sebanyak 23 dari 50 penderita tumor otak mengalami gangguan penglihatan. Gangguan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

    • Melihat lampu menjadi seperti berkedip
    • Penglihatan menjadi kabur
    • Hanya mampu melihat lampu lurus kedepan
    • Teks menjadi kabur ketika membaca
    • Gangguan mata lainnya yang tidak lazim dialami
  5. Kesulitan saat bergerak
    • Sekitar 21 dari 50 penderita kanker mengalami gejala kesulitan bergerak. Hal ini terjadi karena tumor otak membatasi fungsi otak normal manusia. Seperti berjalan tidak seimbang, sering tersandung, dan sulit berkoordinasi ketika bergerak.
  6. Kejang-Kejang
    Sekitar 21 hingga 50 penderita kanker otak mengalami gejala kejang-kejang. Kejang-kejang ini etrjadi karen aaktivitas motorik pada otak tidak normal. Karakteristik kejang yang masuk dalam kategori tumor otak adalah sebagai berikut:

    • Serangan terjadi secara mendadak
    • Hilang kesadaran
    • Tubuh kehilangan fungsi kontrol
    • Tidak bernafas jangka pendek sekitar 30 dektik
    • Durasi kejang sekitar 2-3 menit
    • Setelah kejang terjadi akan menimbulkan efek batuk. sakit kepala, kebingungan, sakit otot, kelemahan singkat atau mati rasa.
  7. Sulit Konsentrasi
    Pada gejala tumor otak stadium awal penderita akan mengalami kesulitan berkonsentrasi, hal ini disebabkan karena sel tumor membuat jaringan sendiri yang menghambat daya ingat seseorang. Selain konsentrasi, daya berpikir, daya mengendalikan anggota badan lain juga mengalami gangguan.
  8. Penderita tumor otak stadium akhir mengalami kebutaan
  9. Demensia atau penyakit yang disebabkan karena adanya kelainan pada otak
  10. Ketidaksadaran adalah gejal alanjut dari tumor otak
  11. Gangguan kesadaran merupakan efek sebelum terjadinya ketidaksadaran yang dialami oleh penderita tumor otak.
  12. Berat badan mengalami penurunan yang disebabkan karena kemampuan kognitif dan aktivitas yang sudah tidak normal lahi sehingga mempengaruhi metabolisme tubuh secara keseluruhan yang ebrdamapk pada penurunan berat badan.
  13. Demam juga termasuk kedalam salah satu ciri-ciri adanya kanker otak
  14. Kehilangan sensai, hal tersebut terjaid karena otak tidak lagi berfungsi dengan normal.
  15. Kehilangan nafsu makan, hal ini terjadi karena tubuh sudah tidak lagi dengan normal menerima asupan makanan.
  16. Vertigo yang dirasa semkain parah.
  17.  Kehilangan libido,hal ini terjadi karena otak merupakan pusat dari segalanya sehingga sangat berpengaruh untuk berbagai funsgi tubuh lainnya termasuk kehilangan libido.

Bagaimana diagnosis ditegakkan?

Dokter telah melakukan penelitian neurologis guna mengevaluasi syaraf-syaraf otak, penglihatan, pendengaran, keseimbangan, reflek dan koordinasi motorik. Lalu pemeriksaan radiologi otak akan dilakukan, seperti scan CT, scan MRI, angiogram, spektroskopi teresonansi magnetik dan tomografi emisi foton-tunggal terkomputerisasi (single-photon emission computerized PET).

Semakin meningkatnya angka penderita tumor otak, semakin penting juga bagi kita untuk mengenali gejala-gejala awal sedini mungkin dan segera periksakan diri ke dokter spesialis untuk memastikan. Deteksi dan penanganan dini akan membawakan hasil yang lebih baik.

Dr. Keith Goh Konsultan Bedah Syaraf di International Neuro Associates, Novena Medical Centre, Singapura

Terimakasih Semoga bermanfaat.