Fungsi Serum Wajah dan Cara Benar Menggunakannya Lengkap Dengan Efek Sampingnya

Posted on

Fungsi Serum Wajah dan Cara Benar Menggunakannya – Bukan hanya sekedar menggunakan pembersih dan pelembab saja, dalam dunia kecantikan ada berbagai macam jenis produk perawatan yang ditawarkan untuk menunjang kecantikan, salah satunya adalah produk serum wajah. Penggunaan serum wajah dianggap perlu dilakukan untuk melengkapi perawatan kulit wajah.

Tidak jauh berbeda dengan kebanyakan produk kecantikan lainnya, serum juga dipercaya untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti mencegah dan mengatasi kerutan, mengatasi flek hitam, jerawat hingga mengatasi kulit wajah yang kemerahan. Dari berbagai manfaat yang diberikan oleh serum, berikut penjelasan mengenai serum dan kegunaannya.

Serum adalah zat cair yang terdiri dari formula yang berisi asam amino,air dan emulasi (air didalam minyak atau minyak didalam air), yang biasanya didalamnya terdapat berbagai macam formula pendukung sehinga serum dapat meresap kedalam lapisan terdalam kulit,molekul dari formula zat tersebut merupakan partikel kecil dan cara kerja nya akan jauh lebi tinggi 10x lipat dari krim wajah biasa.

Fungsi Serum

Penggunaan serum pada wajah memiliki beragam fungsi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Terdapat pula beberapa prduk serum yang memiliki komposisi tambahan seperti yang di tujukan sebagai serum anti-aging maupun berbagai masalah kulit lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunakan serum wajah.

  1. Pemakaian serum secara teratur mampu mengatasi masalah kerutan di wajah.
  2. Serum mampu memperbaiki struktur kulit yang rusak, mencerahkan dan melindungi kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet.
  3. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada serum bermanfaat untuk menangkal penuaan diwajah.
  4. Sifat antioksidannya mampu menangkal reaksi stress oksidatif sehingga berpotensi untuk meningkatkan produksi kolagen kulit.
  5. Serum juga berfungsi untuk membantu mengatasi masalah kulit berminyak.

Namun perlu juga diperhatikan, penggunaan serum secara berlebihan atau tidak sesuai dengan takaran dapat menyebabkan beragam keluhan pada kulit seperti terjadi iritasi.

Cara Menggunakan Serum

Selain mengetahui fungsi dan kegunaan serum wajah, sebaiknya anda juga perlu mengetahui cara penggunaan serum wajah yang benar dan tepat. Karena pengunaan serum yang benar dapat memaximalkan proses dari manfaat yang dihasilkan Serum. Berikut cara untuk menggunakan serum dengan baik, antara lain:

  • Terlebih dahulu bersihkan wajah untuk mengangkat sisa kotoran atau kelebihan minyak yang menempel pada wajah.
  • Gunakan serum secukupnya, bubuhkan sekitar 1 atau 2 tetes serum ditelapak tangan, lalu aplikasinya secara merata pada wajah dengan gerakan menepuk-nepuk sampai seluruh serum terserap dengan baik pada wajah.
  • Penggunaan serum dapat mengiritasi kulit terutama pada kulit sensitif. Cara mengatasinya adalah dengan memberi jeda waktu sebelum menggunakan serum setidaknya sekitar 5 atau 10 menit setelah membersihkan wajah.
  • Tetap gunakan pelembab wajah, karena serum tidak didesain untuk melembabkan kulit sehingga tidak bisa menggantikan fungsi pelembab.

Untuk mendapatkan manfaat serum secara maksimal, aplikasikan serum pada siang hari sebelum menggunakan pelembab atau tabir surya. Sedangkan pada malam hari, sebaiknya gunakan serum sebelum menggunakan krim malam. Dengan catatan selalu bersihkan wajah terlebih dahulu.

Efek Samping Penggunaan Serum

Terdapat kemungkinan ketidakcocokan kulit wajah menggunakan serum, seperti pada beberapa maslah berikut ini.

  • Pada pemiliki penyakit kulit eksim yang menyebabkan gatal dan kemerahan, biasanya penggunaan serum menyebabkan iritasi.
  • Pemiliki penderita rosacea yang biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan dan bintil pada area wajah, penggunaan serum tidak disarankan karena menyebabkan iritasi.
  • Selain itu, menggunakan produk-produk kecantikan berat di awal perawatan kulit juga dapat menghalangi serum menyerap dengan baik hingga ke bagian dalam kulit.

Itulah penjelasan tentang Fungsi Serum Wajah dan Cara Benar Menggunakannya . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.