Fakta Radiasi Ponsel Tidak Berpengaruh dengan Kanker Otak

Posted on

Fakta Radiasi Ponsel Tidak Berpengaruh dengan Kanker Otak – Banyak dari para pecandu ponsel tidak harus takut, ada kabar yang melegakan, ponsel yang menjadi kesayangan Anda tidak menyebabkan kanker otak seperti yang selama ini ditakutkan.

Sudah beberapa tahun terakhir, para ilmuwan yang mengatakan bahaya radiasi yang dipancarkan oleh ponsel pintar karena dapat memicu tumor dan kanker otak. Meskipun begitu, penelitian terbaru berskala besar di Australia menunjukkan bukti sebaliknya.

Peneliti tersebut meneliti angka terjadinya kanker otak pada hampir 20.000 pria dan 15.000 wanita, antara tahun 1982-2012. Beberapa peneliti juga mengumpulkan data pemakaian ponsel mulai dari tahun 1987, saat ponsel pertama dipakai secara luas, sampai tahun 2012.

Menurut data tersebut, dalam 20 tahun terakhir ini populasi pengguna ponsel sangat tinggi, tetapi insiden kejadian kanker otak hanya naik sedikit pada pria, dan stabil pada wanita.

Dalam kasus kanker otak ditemukan peningkatkan signifikan pada orang dewasa berusia lebih dari 70 tahun, namun peningkatkan itu dimulai sejak 1982 atau lima tahun sebelum ponsel diperkenalkan.

Banyak peningkatan dari kasus kanker otak pada orang lanjut usia yang dikatikan dengan kemajuan diagnosis kedokteran yang lebih medis. Teknologi seperti CT-scan atau MRI yang dikenal di akhir tahun 1970-an, mampu mengenali tumor otak secara tepat.

Untuk lebih mendalami klaim ponsel yang dapat menyebabkan kanker otak, para ahli peneliti juga menciptakan model matematika yang dapat menghitung jumlah kasus kanker otak yang akan meningkat jika memang ponsel yang memicunya.

Para peneliti mengungkap, ada jeda 10 tahun antara waktu ketika ponsel pertama kali dipakai dan bukti awal tren peningkatan kanker otak.

Data-data tersebut menunjukkan, kaitan antara ponsel dan kanker tidak sekuat seperti yang selama ini diduga.

Menurut pendapat Dr.Rafi Nagler, yang pernah meneliti tentang kedua hal tersebut, yang perlu dicurigai adalah radikal bebas.

“Radikal bebas adalah zat kimia yang sangat reaktif dan berpotensi menyebabkan kanker. Radikal bebas bisa menyebabkan kanker, walau tak selalu,” katanya.

Fakta Radiasi HP

Saat ini ketergantungan penggunaan ponsel alias Handphone memang semakin tinggi, hal in dibuktikan dengan peningkatan penjualan produk setiap tahunnya. Sedangkan sisi negatif bahaya dari radiasi yang dipancarkan dari HP dapat menyebabkan risiko kesehatan.

Paparan radiasi HP disinyalir dapat memicu kanker otak. Energi yang dikuluarkan dari HP adalah jenis radiasi elektromagnetik, yang termasuk dalam jenis radiasi non pengion. Radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh HP sama dengan jenis radiasi yang dikeluarkan oleh TV dan Radio. Tubuh manusia akan menyerap energi dari radiasi tersebut.

Efek paparan radiasi HP sebagai faktor penyebab munculnya kanker otak hingga saat ini belum memiliki bukti ilmiah yang akurat. Satu-satunya efek radiasi elektromagnetik yang telah terbukti adalah peningkatan panas pada beberapa bagian tubuh seperti kepala, telinga dan bagian tubuh terdekat dengan HP saat digunakan. Meskipun demikian kenaikan suhu dari radiasi terseut belum dapat dipastikan.

Cara Meminimalisir Paparan Radiasi

Hingga saat ini penelitian tentang bahaya radiasi HP sebagai salah satu pemicu kanker otak masih terus dilakukan. Walaupun belum dapat dibuktikan ke akuratannya, sebaikanya kita harus cerdas menggunakan HP dengan meminimalisir paparan radiasi dengan membatasi penggunaan HP dan beberapa cara berikut:

  1. Lebih memanfaatkan jaringan telepon kabel yang umumnya ada dirumah atau di kantor.
  2. Gunakan perangkat audio tambahan yang memungkinkan tidak menempatkan HP secara langsung disekitar kepala.
  3. Sebisa mungkin jauhkan HP dari tubuh saat tidak digunakan.

Terimakasih Semoga bermanfaat.