Fakta Penyakit Diabetes di Indonesia yang Harus diketahui

Posted on

Fakta Diabetes di Indonesia Р Penyakit Diabetes merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi perhatian di Indonesia maupun Dunia. Pada 2015, persentase orang dewasa dengan diabetes adalah 8,5 persen dari populasi dunia atau ada satu diantara 11 orang dewasa menyandang diabetes. Jika ini dibiarkan terus menerus, akan ada 1 dari 10 orang diabetesi pada 2040.

Pengidap penyakit ini di Indonesia juga tidak sedikit. Pada diabetes tipe 2 gaya hidup tidak sehat menjadi alasan terus bertambahnya orang terkena diabetes. Sedangkan sekitar 80 persen kejadian diabetes dapat dicegah.

Fakta Diabetes di Indonesia menurut Kementerian Kesehatan RI

Berikut beberapa fakta mengenai diabetes di Indonesia seperti yang tertulis dalam Diabetes Fakta dan Angka yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI dikutip Rabu (27/4/2016).

  1. Pada 2015, Indonesia menempati peringkat tujuh dunia terkait prevalensi diabetesi tertinggi di dunia bersama dengan Tiongkok, India, Amerika Serikat, Brasil, Rusia dan Meksiko dengan estimasi orang dengan diabetes 10 juta orang.
  2. Diabetes dengan komplikasi merupakan penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia.
  3. Persentase kematian akibat diabetes di Indonesia merupakan tertinggi kedua setelah Srilanka.
  4. Prevalensi orang dengan diabetes di Indonesia menunjukkan kecenderungan meningkat yakni 5,7 persen (2007) menjadi 6,9 persen (2013).
  5. 2/3 orang dengan diabetes di Indonesia tidak mengetahui dirinya memiliki diabetes dan berpotensi untuk mengakses layanan kesehatan dalam kondisi terlambat.
  6. Prevalensi berat badan berlebih atau overweight dan obesitas merupakan salah satu faktor risiko terbear diabetes meningkat terus dibandingkan Riskesdas pada 2007 dan 2010.

Itulah beberapa fakta dari Kementerian Kesehatan RI. Jadi kita harus mewaspadai penyakit diabetes tersebut, agar persentase kematian akibat penyakit ini berkurang.

Fakta Penting Diabetes

Berikut ini adalah fakta penting yang harus diketahui tentang penyakit diabetes, simak ulasan dibawah ini:

1. Banyak orang tidak menyadari jika mereka terkena diabetes
Banyak orang mengetahui jika ia menderita diabetes setelah tingkat diabetes yang dialami sudah parah. Jika anda memiliki resiko tinggi terkena diabetes, baik dari pola makan yang tidak sehat, gaya hidup buruk, atau memiliki garus keturunan, pastika anda untuk lebih berhati-hati. Secara rutin anda bisa memeriksakan diri untuk melohat tingkat gula darah dalam tubuh anda.

2. Diabetes dapat memicu kebutaan dan penyakit jantung
Jika tidak kunjung ditangani secara benar, diabtes bisa memicu timbulnya penyakit komplikasi lain seperti jantung dan kebutaan. Mata yang telah terkena glaukoma tidak akan bisa kembali normal, begitu juga dengan penyakit jantung. Untuk itu lakukan penanganan terbaik untuk mengobtai diabetes.

3. Berhati-hatilah dengan luka terbuka
Penderita diabetes dengan luka terbuka sebaiknya harus lebih berhati-hati, karena luka akan lebih lama sembuh dan menutup seperti semula. Luka infeksi ini biasanya terjadi pada bagian kaki dan tumit. Bersihkan luka dengan hati-hati dan selalu gunakan alas kaki bersih.

4. Diabetes karena Obesitas dapat diatasi dengan Operasi
Penderita diabetes yang disebabkan oleh obesitas dapat diatasi dengan melakukan operasi bariatrik untuk mengontrol kadar gula darah. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ahli untuk melakukan operasi ini, untuk menjaga terjadinya efek samping atau resiko komplikais yang terjadi.

5. Penderita diabetes tipe-2 jarang menunjukkan gejala
Karena jarang menimbulkan gejala, banyak penderita diabetes tipe-2 tidak menyadari jika mereka telah menderita diabetes. Pada diabetes tipe-2 gejala yang sering dialami biasanya sering buang air kecil dan mudah merasa lelah. Namun untuk mengetahui lebih jelasnya sebaiknya lakukan cek kadar gula secara teratur.

6. Diabetes saat hamil bisa bertahan hingga bayi lahir
Saat hamil, wanita lebih rentan mengalami diabetes yang dikenal dengan Gestational Diabtes. Diabetes jenis ini bisa saja menyerang wanita yang tak memiliki riwayat penyakit diabetes. Jenis diabetes ini dapat sembuh dengan sendirinya setelah bayi lahir, namun juga bisa berlanjut setelah bayi lahir.

Semakin anda mengetahui gejala munculnya diabetes, maka semakin pula anda memahami seputar penyakit diabetes. Karena mencegah penyakit jauh lebih baik dari pada mengobatinya. Terimaksi, semoga bermanfaat.