Fakta Alkohol dapat Sebabkan Pertumbuhan 7 Jenis Kanker

Posted on

Alkohol dapat Sebabkan Pertumbuhan 7 Jenis Kanker – Banyak para ahli kesehatan menyerukan penggunaan label peringatan pada produk tembakau dan juga minuman keras. Banyak sebab yang berdasarkan studi terbaru yang terbit dalam jurnal Addiction, mengemukakan bahwa alkohol adalah penyebab langsung dari tumbuhnya tujuh jenis kanker.

Melansir laman Fox News Magazine, Kamis (4/8/2016) beberapa ilmuwan telah meninjau daya dari World Cancer Research Fund–selama 10 tahun lamanya yang menyimpulkan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol adalah bukan hanya penyebab kanker hati saja. Melainkan ada enam jenis kanker lainnya yakni kanker usus besar, rektum, payudara, kanker orofaring (tenggorokan), laring, dan esofagus (tenggorokan ke lambung).

“Risiko kanker tertinggi terjadi pada peminum alkohol berat–tetapi beban serupa pun dapat dialami oleh individu yang mengonsumsi alkohol dengan takaran yang rendah atau sedang,” kata penulis studi Jennue Connor.

Live Science melaporkan, 50 gram alkohol per hari atau sekitar tiga gelas perhari membuat empat hingga tujuh kali lebih besar dari risiko kanker yakni kanker orofaring, laring, dan esofagus.

Bahaya alkohol atau minuman keras juga dapat menyebabkan kanker kulit, prostat, dan kanker pankreas, lanjut Connor. “Semakin terlihat tingkat relevan antara alkohol dengan peningkatan risiko berbagai jenis kanker,” kata Connor.

Sebagian peneliti mengungkapkan bahwa senyawa asetaldehida yang ada didalam alkohol dapat merusak DNA dari sel-sel mulut, tenggorokan, kerongkongan, dan hati.

Proses Alkohol Menyebabkan Kanker

Ada beberapa hipotesa yang telah dimunculkan sebagai penjelasan bagaimana proses alkohol dapat meingkatkan risiko terkena kanker. Berikut ini merupakan beberpapa pengaruh alkohol untuk penyakit kanker.

Fact 1.
Aseltaldehida yang dibentuk setelah mengkomsumsi alkohol mampu merusak DNA secara drastis dan sel-sel dalam tubuh tidak mau melakukan perbaikan dari kerusakan tersebut. Aseltaldehida juga mampu memicu pertumbuhan sel hati melebihi normalnya dan sel-sel yang baru ini mengalami mutasi pada gen-gennya sehingga menjadi kanker.

Fact 2.
Alcohol juga memicu kanker dengan kontak secara langsung dengan organ tubuh, dengan cara mengiritasi epitelium atau meningkatkan penetrasu senyawa karsinogen masuk kedalam tubuh melalui mukosa. Hal ini karena alkohol adalah pelarut yang baik sehingga ia meningkatkan kelarutan senyawa lain atau meningkatkan permeabilitas dari lapisan mukosa mulut. Selain itu alkohol juga mengurangi pengeluaran air liur sehingga dapat mengurangi efek pembersihan mulut dan menyebabkan senyawa karsinogen dapat terakumulasi di rongga mulut.

Fact 3.
Minuman alkohol mengandung sneyawa lain yang merupakan karsinogen seperti nitrosamin, hidrokarbon aromatik polisiklik, mikotoksin, ester, fenol, dan senyawa-senyawa lain yang dihasilkan dalam proses produksinya.

Fact 4.
Alkohol memiliki efek sistemik maupun efek lokal. Diketahui bahwa pecandu alkohol mengalami malnutrisi dan ganguan fungsi hati. Padahal, hati merupakan organ tubuh yang sangat penting untuk metabolisme obat atau senyawa karsinogen lain. Alkohol juga memiliki efek penekanan terhadap sistem kekebalan tubuh sehingga menurunkan kekebalan tubuh terhadap kanker atau virus penyebab kanker. Alkohol juga menyebabkan sirosis hati yang dapat berkembang menjadi kanker hati.

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh alkohol. Masih sangat banyak lagi jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh alkohol. Dalam jangka panjang konsumsi alkohol sangat berbahaya bagi tubuh. Terimakasih, Semoga bermanfaat.