Efek Jangka Panjang Konsumsi Pil KB Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Posted on

Efek Jangka Panjang Konsumsi Pil KB –  Dari banyaknya jenis alat kontrasepsi yang ada, pil KB adalah jenis kontrasepsi paling banyak digunakan untuk mencegah kehamilan. Pil KB bekerja secara efektif untuk mencegah kehamilan jika dikonsumsi secara teratur pada jam yang sama setiap harinya. Meskipun efektif mencegah pelepasan sel telur yang menyebabkan kehamilan, namun pil KB tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini karena akan ada banyak efek negatif yang terjadi pada kesehatan karena jangka panjang konsumsi pil Kb.

Berikut ini adalah efek jangka panjang konsumsi pil Kb yang penting untuk diketahui.

Efek Konsumsi Pil KB dalam Jangka Panjang

Menyebabkan Iritasi
Pil KB mengandung estrogen yang dapat mengganggu keseimbangan hormon yang dapat menyebabkan vagina menjadi kering sehingga menimbulkan infeksi jamur yang terjadi pada area miss V yang jika dilanjutkan dalam jangka panjang konsumsi pil KB dapat menyebabkan iritasi.

Meningkatkan Risiko Tumor dan Kanker Leher Rahim
Mengkonsumsi pil KB lebih dari lima tahun dapat meningkatkan risiko tumor otak lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi pil KB. Selain tumor, konsumsi pil KB jangka panjang juga dapat menyebabkan kanker leher rahim, terbentuknya bekuan darah, stroke hingga serangan jantung bisa dialami bila tak berhenti mengonsumsi pil KB.

Meningkatkan Risiko Kanker Payudara
Selain kanker leher rahim, mengkonsumsi pil kb selama bertahun-tahun juga dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon yang terjadi ketika mengkonsumsi pil kb. Adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron pada wanita menyebabkan resiko pembentukan kanker.

Menurunnya Gairah Seksual
Pada penelitian tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Sex Medicine menyatakan bahwa mengkonsumsi pil kb dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan disfungsi seksual pada wanita. Dalam penelitian tersebut juga ditemukan adanya penurunan hasrat dan gairah seksual dan pelumasan vagina yang menggunakan pil KB jangka panjang. Karena kurangnya pelumasan tersebut membuat miss V menjadi kering sehingga berhubungan seksual akan terasa lebih sakit. Hal itulah yang menyebabkan gairah seksual menjadi menurun.

Menyebabkan Masalah Tiroid
Masalah disfungsi tiroid dapat disebabkan karena tingginya kadar hormon estrogen dalam tubuh yang juga menjadi efek samping dari konsumsi pil kab jangka panjang. Tingginya kadar estrogen dalam tubuh menyebabkan organ hati memproduksi globulin secara berlebihan. Globulin bekerja untuk mengikat hormon tiroid dalam darah sehingga tidak bisa masuk dalam sel. Jika sudah demikian maka hal tersebut dapat menurunkan jumlah hormon tiroid dalam tubuh. Padahal, tiroid diperluan untuk menjalankan fungsi metabolisme tubuh serta membakar lemak dan gula. Biasanya gejala masalah tiroid ditandai dengan tubuhsering merasa lelah.

Merubah Suasana Hati atau Mood
Tidak hanya menyebabkan ebrbagai masalah kesehata, terlalu lama mengkonsumsi pil kb juga tidak menutup kemungkinan menyebabkan wanita mengalami perubahan suasana hati. Hal ini dikaitkan dnegan meningkatkan perasaan cemas yang akhirnya berujung dengan depresi.

Lalu, bagaimana cara aman mengkonsumi pil KB? dalam penelitian menyebutkan tidak ada waktu spesifik bagi seorang wanita untuk berhenti mengkonsumsi pil KB kecuali bila mereka ingin memiliki anak. Dianjurkan agar Anda berhenti mengkonsumsi pil KB dalam waktu 3 bulan sebelum memulai usaha Anda untuk memiliki momongan. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu yang cukup bagi dinding rahim untuk menebal. Sedangkan pada wanita yang mengkonsumsi pil KB selama lebih dari 5 tahun cenderung lebih mudah untuk hamil kembali dalam waktu 6 bulan sampai 1 tahun setelah mereka berhenti mengkonsumsi pil KB. Para ahli menyarankan bahwa pil KB tak boleh diminum lebih dari tiga tahun. Jadi, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi lainnya seperti IUD untuk melanjutkan program KB.

Itulah pembahasan singkat tentang Efek Jangka Panjang Konsumsi Pil KB Untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..