Diabetes Tipe 1 – Gejala, Penyebab dan Cara Penanganan dengan Tepat

Posted on

Diabetes Tipe 1 Gejala, Penyebab dan Cara Penanganan – Diabetes melitus atau disebut juga dengan penyakit diabetes adalah kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah (glukosa) dalam darah, baik karena faktor produksi insulin atau karena resistensi tubuh terhadapa insulin atau bisa jadi karena faktor keduanya.

Penyakit diabetes dibagi menjadi 2 tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2. Kali ini BukuMedis akan menjelaskan tentang diabetes tipe 1, simak ulasan dibawah ini.

Diabetes Type 1

Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun saat tubuh berhenti memproduksi insulin atau tubuh tidak bisa memecah gula untuk menggunakannya sebagai tenaga. Junvenile Diabetes Research Foundation menyatakan, hingga dekade terakhir, diabetes tipe 1 dianggap lebih sering menghampiri anak-anak dan remaja, tapi perlahan merambah kepada orang dewasa.

Keadaan tersebut dialami oleh instruktur kebugaran di Peloton Cycle, yaitu Robin Arzon yang didiagnosis diabetes tipe 1 di usia 32. Robin memastikan diri untuk memeriksakan ke dokter setelah merasa selalu kehausan tanpa sebab yang jelas. “Jumlah (individu yang didiagnosis) terus bertambah dalam 20 tahun terakhir ini. Tapi tidak ada yang mengetahui dengan pasti kenapa,” kata Dr Ronald Tamler, yang menjabat di Mount Sinai Clinical Diabetes Institute.

Berita dari Foxnews, Sabtu (16/7/2016), Diabetes tipe 1 berbeda dari Diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh kelebihan berat badan, melainkan karena bersifat genetik dan dipicu oleh faktor lingkungan.

Penemuan terbaru dari studi, termasuk yang dipublikasikan pada April lalu oleh peneliti dari Broad Institute of MIT dan pusat penelitian biomedis dan genomik Harvard menyatakan, kondisi kesehatan pencernaan yang buruk merupakan faktor risiko terbesar penyakit diabetes ini.

Gejala Penderita Diabetes Type 1

Diabetes tipe 1 dikatakan sebagai diabetes yang berasal karena kelaian pada sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh merusak sel penghasil hormon insulin yang terdapat pada pankreas. Tanpa adanya insulin, gula dalam darah tidak dapat masuk dan digunakan oleh sel-sel tubuh yang menyebabkan tubuh mengolah lemak dan otot menjadi energi sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

Gejala umum yang terjadi pada diabetes tipe 1 dalam kalangan medis dikenal dengan gejala klasik yaitu sering kencing (polyuria), sering haus (polydipsia) dan sering lapar (polyphagia). Gejala ini semakin lama akan semakin berkembang dan semakin memburuk seiring dengan tidak terkontrolnya kadar gula yang sangat tinggi dalam darah yang berakibat merusak jaringan dan organ-organ tubuh hingga komplikasi. Kadar gula darh yang tinggi mampu menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, saraf dan organ tubuh lainnya. Karena itulah diabetes dapat mengakibatkan sejumlah komplikasi penyakit lain jika tidak dikontrol dengan baik.

Gejala diabetes tipe 1 berkembang dan memburuk dengan waktu cepat. Jadi, jika penderita mengalami mual, muntah, napas berat. napas berbau buah-buahan, kehilangan nafsu makan, sakit perut dan demam tinggi, sebaiknya segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya.

Penanganan Diabetes tipe 1

Dengan cara menjaga kadar gula dalam posisi normal sudah termasuk dalam penanganan penyakit diabetes tipe 1. Kondisi tersebut dicapai dengan cara menjaga pola makan yang sehat, pola hidup sehat, rajin olahraga, dan melakukan terapi insulin. Pada penderita diabetes tipe 1 harus dengan teratur mendapatkan injeksi insulin, hal tersebut dilakukan karena tubuh tidak lagi dapat memproduksi insulin secara normal.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.