22 Daftar Makanan yang Tidak Boleh di Konsumsi Secara Bersamaan

Posted on

Daftar Makanan yang Tidak Boleh di Konsumsi Secara Bersamaan – Tubuh memerlukan berbagai gizi dan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh yang berasal dari makanan dan minuman. Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh. Sehingga biasanya banyak orang yang suka mengkombinasi makanan yang bertujuan untuk membuat makanan menjadi lebih lezat. Namun tahukah anda, jika terdapat beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara bersamaan. Hal ini dikarenakan kandungan zat kimia yang ada dikeduanya dapat menimbulkan efek buruk dan membahayakan tubuh.

Efek dari perpaduan zat dari masing-masing makanan tersebut bisa berbenturan sehingga menjadi racun dalam tubuh. Seperti pada buah-buahan memiliki rasa asam (pH rendah) jika dikonsumsi dengan makanan lain akan terjadi fermentasi dalam lambung. Berikut ini beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara bersamaan.

Makanan yang Tidak Boleh di Konsumsi Secara Bersamaan

1. Kesemek dan Ubi Jalar
Mengkonsumsi ubi jalar bersamaan dengan buah kesemek dapat menyebabkan berbagai efek negatif dalam tubuh seperti :

  • Terjadinya penyumbatan dalam perut
  • Meningkatkan asam lambung
  • Menyebabkan pendarahan dilambung atau tukak lambung

2. Kesemek dan Kentang
Kentang dapat menghasilkan asam hidroklorik yang dapat menyebabkan buah kesemek mengendap dalam tubuh jika dikonsumsi secara bersamaan. Endapan tersebut tidak dapat larut dalam tubuh sehingga dapat mengganggu proses pencernaan.

3. Wortel dan Lobak Putih
Lobak putih memiliki kandungan vitamin C sedangkan wortel memiliki kandungan yang dapat merusak kandungan nutrisi didalamnya. Untuk itu, hindari mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut secara bersamaan untuk mendapatkan nutrisi terbaik.

4. Udang dan Vitamin C
Mengkonsumsi udang bersamaan dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C dapat menyebabkan resiko serius dalam tubuh. Hal ini karena udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5) dan jika bertemu dengan suplemen mengandung Vitamin C, akan terjadi reaksi kimia di dalam perut yang mengubah As3O5 menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun. Hal ini dapat menganggu kesehatan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga seseorang tersebut meninggal dengan kelima panca indera mengeluarkan darah. Untuk itu, hindarilah mengkonsumsi udang dan berbagai macam makanan atau minuman mengandung vitamin C.

5. Kepiting dan Teh
Mengkonsumsi teh bersamaan dengan kepiting secara bersamaan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ketika mengkonsumsi kepiting, cairan dalam lambung akan diencerkan oleh Teh. Teh memiliki kandungan asam tannic tinggi yang dapat mengganggu asimilasi dan mengurangi kemampuan lambung untuk mensterilkan.

6. Daging sapi dan Kacang Chestnut
Kacang chestnut memiliki kandungan vitamin C yang jika dikonsumsi bersamaan dengan daging sapi dapat bereaksi dan mengurangi gizi dalam chestnut. Selain itu, kombinasi keduanya juga tidak baik untuk masalah pencernaan dan menyebabkan dispepsia.

7. Daging dan Semangka
Semanga memiliki efek dingin saat dimakan, sedangkan daging (seperti daging kambing) memiliki efek panas, yang jika dikonsumsi bersamaan akan memberikan efek bergizi dari daging menjadi menurun sedangkan bagi penderita asthenia limpa, hal tersebut dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa dan jantung.

8. Asam Laktat (Yoghurt) dan Ham
Mengkonsumsi yoghurt bersamaan dengan ham atau daging dalam sandiwch dapat menyebabkan kanker. Hal ini terjadi karena biasanya, pengolahan daging ham biasanya menambahkan nitrat untuk mencegah pembusukan dan botulinus untuk memperpanjang pelestarian produk daging. Sehingga ketika bertemu asam nitrat pada yighurt akan berubah menjadi nitrosamine dan bersifat karsinogen.

9. Susu dan Berbagai buah
Mengkombinasi berbagai buah dengan susu sebenarnya tidak dianjurkan. Hal ini karena buah-buahan mengandung banyak asam sehingga tidak baik dikonmbinasikan dengan susu yang tinggi protein. Asam akan mengikat protein sehingga akan lebih sulit dicerna oleh tubuh.

10. Susu dan Buah Pomelo
Buah pomelo memiliki kandungan asam yang jika dikonsumsi bersamaan dengan susu yang tinggi protein dpaat membuat perut menjadi kembung. Asam tersebut juga dapat merangsang perut secara berlebihan dan menyebabkan diare.

11. Susu dan berbagai Sayuran
Mengkombinasikan berbagai sayuran dengan susu dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Zat kimia yang terkandung di dalam sayuran ini bisa memberikan efek negatif terhadap proses metabolisme kalsium dari produk susu.

12. Susu dan Coklat
Susu dan coklat tidak dianjrukan untuk dikonsumsi secara bersamaan. Hal ini karena, susu kaya kandungan protein dan kalsium, sedangkan coklat banyak mengandung asam oksalat. Kalsium dari susu dan asam oksalat coklat dapat membentuk kalsium oksalat yang selain tidak mudah larut dalam tubuh, juga dapat menyebabkan diare apabila mereka dimakan bersamaan.

13. Susu kedelai dan Telur
Telur mengandung tinggi protein sedangkan susu kedelai berdampak mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan untuk membantu memetabolisme protein. Tubuh tidak akan mendapat protein yang baik dari telur jika dikonsumsi bersamaan dengan susu kedelai.

14. Kedelai dan Bawang Hijau
Kedelai banyak mengandung nutrisi seperti kalsium dan protein, sedangkan bawang hijau banyak mengandung asam aksalat. Ketika kalsium dan asam oksalat bertemu, asam oksalat dapat menghancurkan kalsium sehingga mempengaruhi penyerapan kalsium dalam tubuh. Sedangkan tubuh yang kekurangan kalsiym dapat menyebabkan kejang, osteomalacia (menurunnya kadar mineral tulang), dan patah tulang.

15. Kedelai dan Bayam
Banyak ornag yang sering mengkombinasikan bayam dan tempe sebagai lauk harian. Padahal kombinasi keduanya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena bayam memiliki kandungan asam oksalat yang dapat bereaksi dengan kandungan kalsium pada kedelai. Hal tersebut dapat menyebabkan endapan kalsium oksalat yang tidak dapat larut dalam usus. Selain itu, mengkonsumsi kedelai dan bayam dapat memperngaruhi penyerapan kalsium sehingga menyebabkan penyumbatan di perut.

16. Angur dan Seafood
Hindari mengkonsumsi anggur yang dikombinasikan dengan makanan laut atau seafood. Hal ini dapat menyebabkan perut kembung, mual dan diare. Kandungan tanin dalam anggur jika dicampurkan dan protein dapat menyebabkan zat tidak larut dan tidak dapat dicerna oleh tubuh.

17. Madu dan Susu Kedelai
Mengkonsumsi madu bersamaan dengan susu kedelai dapat mengakibakan ganguan pencernaan dan merusak pendengaran.

18. Buah pir dan madu
Hindari mengkonsumsi buah pir bersamaan dengan mengkonsumsi madu. Hal ini dapat merusak lima organ penting dalam tubuh dan beresiko kematian.

19. Madu dan Bawang
Kombinasi bawang dan madu dapat membuat kerusakan pada retina maya hingga mengancam kebutaan.

20. Madu dan Tahu
Mengkonsumsi madu dan tahu secara lambat dapat mengganggu pendengaran

21. Madu dan Teh
Mengkonsumsi teh dan madu akan membuat pencernaan terganggu karena adanya oksidasi dalam lambung.

22. Tape dan Soda
Mengkonsumsi tape bersamaan dengan minuman bersoda akan menghasilkan racun didalam tubuh. Hal ini karena campuran hasil tape fermentasi ditambah karena oksidasi dari soda yang menyebabkan keracunan dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Daftar Makanan yang Tidak Boleh di Konsumsi Secara Bersamaan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..