40 Daftar Jenis Makanan Diet Seimbang untuk Mendapatkan Bentuk Tubuh Ideal yang diinginkan

Posted on

Daftar Jenis Makanan Diet Seimbang  – Kebanyakan orang melakukan program diet bertujuan untuk menurunkan berat badan, padahal tujuan sebenarnya dari melakukan diet selain menurunkan berat badan, juga bertujuan membentuk tubuh menjadi lebih ideal dan menjaga kualitas kesehatan tubuh.

Diet menjadi kebutuhan bagi mereka yang memiliki bentuk tubuh gemuk. Melakukan program diet sangat erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi. Menjalankan program diet secara alami membutuhkan beberapa aturan pola makan yang tepat, dan jenis makanan diet sehat yang dikonsumsi tergantung pada tujuan dilakukannya diet. Hal tersebut penting diketahui karena menu makanan diet sehat sangat menentukan hasil diet sehat yang ingin dicapai.

Untuk melakukan program diet, ada banyak sekali cara yang bisa anda dapatkan salah satunya adalah dengan mengganti menu makan harian dengan makanan diet yang memiliki kandungan nutrisi cukup, protein, kalori dan rendah lemak. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan diet yang dapat anda masukan sebagai menu makan program diet yang anda lakukan.

Jenis Diet Alami menurunkan berat badan

Sebelum anda mengetahui jenis makanan apa saja yang baik untuk menunjang program diet yang anda lakukan, ada baiknya anda juga perlu mengetahui jenis-jenis diet alami yang bertujuan membantu menruunkan berat badan anda. Ada banyak jenis diet yang bisa anda lakukan, namun berikut ini adalah jenis diet yang banyak orang lakukan untuk membantu menurunkan berat badan, antara lain:

1. Diet Keto
Diet keto adalah jenis diet yang dilakukan dengan mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat atau bahkan tanpa karbohidrat sama sekali. Disebut sebagai diet keto karena tubuh tidak mendapat asupan karbohidrat sehingga tubuh berada pada kondisi ketosis. Hal tersebut mengakibatkan gula darah dalam tubuh menjadi drop dan tubuh hanya menggunakan lemak sebagai sumber energi. Diet ini sering dilakukan oleh penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

2. Diet Vegan
Diet vegan dilakukan tanpa mengkonsumsi aneka makanan yang berasal dari hewan seperti daging, susu, telur, keju, yoghurt, mayoness, madu dan produk lainnya. Pelaku diet vegan biasanya tidak hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan tapi juga bertujuan untuk menjaga lingkungan dengan menghindari konsumsi produk hewani.

3. Diet Mayo
Diet mayo menawarkan penurunan berat badan yang signifikan dalam kurun waktu 2 minggu. Namun pada diet mayo terdapat pantangan yang harus dijalani yaitu menghindari konsumsi garam dan makanan yang digoreng. Diet mayo juga harus diimbangi dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi 8 gelas mineral setiap hari.

4. Diet South-Beach
Diet South-Beach sering disebut juga sebagai diet rendah karbohidrat termodifiksi yang mengutamakan makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein serta lemak sehat.

5. Diet Mediteranian
Diet mediteranian memiliki aturan makanan yang dikonsumsi oleh para pelaku diet sehat ini berupa tanaman seperti sayuran, buah-buahan, kentang, biji-bijan utuh, dan kacang kacangan. Mereka tetap mengonsumsi yoghurt, keju, susu, dan telur, namun dalam porsi kecil. Konsumsi ikan atau jenis seafood lainnya dilakukan dua kali seminggu. Konsumsi lemak sehat juga sangat dianjurkan dalam program diet sehat ini. Daging merah dan gula boleh tetap dikonsumsi namun hanya sesekali saja.

Jenis Makanan Diet Rendah Karbohidrat

1. Beras Merah
Beras merah mengandung serat tinggi serta kandungan kandungan karbohidrat kompleksnya berbeda dengan nasi putih. Kandungan karbohidrat kompleks yang ada pada beras merah lebih membutuhkan waktu lama untuk merubah kalori menjadi energi yang akan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Beras merah memiliki kandungan vitamin A dan B, selium, magnesium, fosfor, kalium, kalsium, dan lainnya.

2.  Gandum
Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Selain mengenyangkan, gandum juga baik untuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang gandum bermanfaat untuk mengontrol berat badan. Karena itulah gandum ampuh untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi tanpa menaikkan berat badan bila sering dikonsumsi.

Gandum mengandung unsur katalitik, mineral, kalsium, magnesium, potasium, vitamin B, vitamin E, dan masih banyak lagi.

3. Singkong
Singkong merupakan sumber karbohidrat yang paling coock untuk anda konsumsi saat melakukan program diet karena singkong memberikan efek mengenyangkan. Selain itu, singkong juga membantu melancarkan pencernaan anda karena kandungan serat didalamnya tidak larut dalam air dan mampu menyerap racun yang ada didalam usus.

Singkong mengandung serat, protein, vitamin K dan B, kalium, magnesium, dan tembaga.

4. Jagung
Di beberapa Negara, jagung menjadi makanan pokok wajib mereka. Mengkonsumsi jagung lebih sehat dibandingkan dengan nasi. Jagung memiliki kandungan karbohidrat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh sepanjang hari. Selain mengenyangkan, mengkongsumsi jagung juga dapat membantu menurunkan berat badan, memperkuat tulang, menjaga sistem saraf, menyehatkan otak dan menjaga kesehatan otak.

Jagung memiliki kandungan vitamin A B dan C, kalium, serat, protein, dan masih banyak lagi.

5. Kentang
Kentang memiliki kandungan yang berfungsi baik untuk menyerap lemak dalam tubuh sehingga sangat baik untuk dijadikan sebagai menu diet anda. Untuk menu diet sebaiknya konsumsi kentang rebus atau bubur kenang agar kandungan gizi didalamnya tidak berkurang.

Selain karbohidrat kentang memiliki kandungan zat besi, fosfor, protein, kalsium, vitamin, dan mineral-mineral lain.

6. Talas
Talas merupakan salah satu umbi-umbian yang memiliki kandungan rendah kalori yang juga dapat membantu menurunkan berat badan karena talas rendah kalori dan karbohidrat sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Mengkonsumsi talas sebagai sumber karbohidrat yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Konsumsi talas sebagai pengganti nasi selama 1 bulan dapat menurunkan berat badan hingga 2-4 kg.

Talas memiliki kandungan serat, vitamin A dan B, fosfat, zat besi, dan lain lain.

7. Ubi Jalar
Makanan sehat lainnya untuk diet adalah ubi jalar. Ubi jalar memiliki tekstur lembut dan rasa manis sehingga sering dijadikan sebagai cemilan banyak masyarakat Indonesia. Ubi jalar juga memiliki kandungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh seharian karena dapat mengenyangkan lebih lama.

Ubi jalar memiliki kandungan serat, vitamin A/C/B6, protein, zat besi, air, kalium, dan lain- lain

8. Buah Sukun
Buah sukun memiliki rasa manis dan gurih serta memberikan efek kenyang yang lebih lama. Mengkonsumsi sukun rebus tidak akan membuat anda gemuk, selain baik dikonsumsi saat melakukan diet, buah sukun juga memiliki manfaat lain seperti mempercantik kulit, melancarkan pencernaan, sebagai antioksidan dan membantu perkembangan otak.

9. Dada Ayam
Dada ayam adalah bagian yang menyimpan protein dan memiliki rendah lemak, karena itulah sangat cocok dijadikan menu diet sehat anda. Untuk menu diet anda, masak dada ayam dengan cara dikukus tanpa menggunakan garam dan tanpa kulitnya.

10. Ikan Salmon
Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berguna untuk diet. Lemak omega 3 adalah lemak tak jenuh yang jika dikonsumsi tidak akan menyebabkan kegemukan. Konsumsi ikan salmon dengan cara di tim tanpa menggunakan minyak atau di goreng.

Jenis Buah-buahan sehat untuk Diet

1. Pisang
Pisang memiliki zat pati resisten yang memaksa tubuh harus bekerja membakar lemak untuk membuar energi. Karena kandungan gizinya, buah pisang juga ampuh untuk membantu menurunkan nafsu makan dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain memang bermanfaat untuk menurunkan berat badan, pisang juga bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Alpukat
Alpukat memiliki kandungan lemak baik yang jika dikonsumsi pada siang hari dapat menghilangkan lemak jenuh yang ada pada perut.Alpukat juga memiliki kandungan serat yang serat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sedangkan kandungan kalium pada alpukat bermanfaat untuk diet karena dapat menurunkan berat badan. Serta alpukat memiliki kandungan rendah gula dibandingkan dengan buah lainnya sehingga tidak akan membuat anda gemuk.

3. Pepaya
Pepaya tinggi kandungan serat yang akan baik untuk melancarkan pencernaan ketika sedang diet. Sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai makanan pendamping dalam menu diet anda. Konsumsi buah pepaya 2 hari sebagai makanan pokok untuk mendapatkan hasil memuaskan.

4. Pear
Buah pear memiiki kandungan serat yang dapat mengenyangkan lebih lama. Pear juga menghambat penyerapan gula sehingga menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Pear memiliki kandungan rendah kalori sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika sedang melakukan diet.

5. Jeruk Lemon
Mengkonsumsi perasan jeruk lemon dengan air hangat pada pagi hari dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan secara nyata. Kandungan vitamin C pada lemon dapat memicu raksi kimia dalam tubh yang dapat membakar lemak. Karena itulah sangat baik dikonsumsi ketika anda ingin melakukan diet.

6. Apel
Buah apel juga memiliki kandungan serat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Untuk diet, sebaiknya anda konsumsi apel hijau karena apel hijau memiliki tekstur lebih tinggi serat dan tekstur buah yang lebih lembut. Kandungan air dalam buah apel juga membuat lambung menjadi lebih renggang sehingga tidak mudah lapar. Selain tinggi serat, apel juga mengandung rendah kalori, natrium, dan lemak sehingga baik untuk memasukkan buah apel dalam menu diet anda.

7. Blueberry
Blueberry memiliki kandungan yang baik untuk membantu proses pembakaran lemak. Dalam penelitian di texas menyebutkan blueberry mampu membakar lemak dalam tubuh hinggan 73% jika diberikan dalam porsi maksimasl dan dapat mengontrol rasa lapar serta nafsu makan. Sehingga sangat disarankan untuk menambahkan blueberry dalam menu diet sehat anda.

8. Tomat
Tomat memiliki kandungan likopen yang memicu rasa kenyang serta menekan hormon ghlerin yang memicu rasa lapar. Kandungan vitamin C pada tomat juga lebih banyak dibandingkan dalam buah jeruk. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin, buha tomat juga dapat membantu menjaga bentuk tubuh menjadi ramping.

9. Mangga
Buah mangga memiliki kandungan zat yang dapat mencukupi energi dalam tubuh tanpa membuat anda gemuk. Mangga mengandung beta-karoten yang juga dapat emnangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Konsumsi buah mangga dalam menu diet juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh serta dapat menjadikan kulit menjadi lebih sehat.

10. Buah bit
Di Indonesia belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat mengkonsumsi buah bit untuk diet. Padahal mengkonsumsi buah bit dalam menu diet sangat bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh dalam melakukan program diet saat melakukan olahraga untuk melangsingan tubuh.

11. Air Kelapa
Mengkonsumsi air kelapa secara rutin saat melakukan diet dipercaya ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami. Air kelapa rendah akan kandungan gula, lemak dan kalori yang dapat menyehatkan tubuh. Mengkonsumsi air kelapa saat melakukan diet juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah menjadi stabil ketika sedang diet.

12. Jeruk
Selain baik untuk menjaga kesehatan kulit, buah jeruk juga memiliki manfaat untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Jeruk memiliki kandungan rendah kalori dan serat yang membantu tubuh dalam mengatur kadar glukosa dalam darah. Namun buah jeruk mengandung gula yang jika dikonsusmi terlalu banyak dapat memicu diabetes dna jika tidak diproses dengan pembakaran bisa berubah menjadi lemak.

13. Kacang Pinus
Kacang pinus berasal dari buah pinus yang memiliki manfaat dapat menghambat nafsu makan karena kacang pinus memiliki kandungan fitonutrien. Konsumsi kacang pinus satu genggam dalam sehari untuk membantu menurunkan berat badan.

14. Kacang Lentil
Kacang lentil berasal dari mesir yang merupakan jenis kacang-kacangan tertua di dunia. Kacang lentil merupakan sumber protein yang baik aktivitas tubuh untuk memproses karbohidrat dan menjaga kolesterol dalam keadaan normal. Sedangkan kandungan seratnya merupakan nutrisi yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan.

Jenis Sayur-sayuran sehat untuk Diet

1. Brokoli
Brokoli sering dijadikan makanan utama saat sedang melakukan diet karena brokoli dapat membantu menurunkan kolesterol dan asam dalam empedu yang akan ikut keluar saat mengkonsumsi brokoli. Brokoli tinggi kandungan Indole-3-Carbinol yang berfungsi melawan zat xenoestrogen sehingga mencegah tubuh kembali gemuk dan dpat membakar lemak dengan cepat.

2. Wortel
Jus wortel dapat anda konsumsi pada saat sarapan dan sebelum tidur. Kandungan betakarotin dalam wortel dapat membantu tubuh lebih cepat memabkar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Bayam
Mengkonsumsi bayam dapat menguatkan otot tubuh serta mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh setiap harinya. Jadi jadikan bayam dalam salah satu menu diet yang ada lakukan.

4. Asparagus
Asparagus memiliki kadnungan folat tinggi yang mampu menurunkan resistensi insulin pada tubuh. Mengkonsumsi asparagus saat melakukan diet bermanfaat untuk memudahkan pembakaran gula darah dalam tubuh menjadi lebih mudah dan berubah menjadi energi sehingga Pembakaran lemak dalam tubuh akan meningkat.

5. Buncis
Buncis termasuk salah satu jenis sayuran yang dapat membantu mensukseskan program diet anda karena dapat melancarkan proses pencernaan karena tinggi kandungan serat didalamnya. Kadar gula dalam darah juga dapat terjaga baik oleh buncis.

6. Jamur
Mencampurkan jamur kedalam menu makan diet anda memiliki tujuan untuk mempercepat program penurunan berat badan. Untuk hasil terbaik pilih jenis jamur kancing untuk menu diet sehat anda.

7. Teh Hijau
Di negara Jepang, teh hijau dikenal sebagai minuman yang memiliki banyak kemampuan seperti mengikis lemak berkat kandungan antioksidan katekin . Katekin berbekerja dengan membakar lemak dan membakar kalori lebih banyak.

8. Kayu manis
Mencampurkan kayu manis dalam dalam setiap menu makanan diet anda bermanfaat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

9. Minyak Zaitun
Untuk anda yang ingin mengkonsumsi makanan dengan cara digoreng namun anda sedang melakukan proses diet, sebaiknya anda gunakan minyak zaitun untuk menggoreng menu makanan tersebut, karena minyak zaitun tidak akan memberikan efek negatif pada makanan yang anda goreng. Minyak zaitun tidak melekatkan lemak pada makanan yang hendak anda konsumsi.

11. Kacang Panjang
Kacang panjang menjadi salah satu kacang-kacangan yang baik dikonsumsi saat sedang melakukan diet karena mebuat kenyang lebih lama karena kacang panjang kaya zat tepung yang dapat diserap dalam tubuh secara perlahan. Kandungan lemak tinggi protein dalam kacang panjang menjadi nutrisi tambahan anda untuk kesehatan saat melakukan diet.

Tidak sulit untuk melakukan diet seimbang, pilih jenis makanan sehat dan cukupi asupan mineral 8 gelas perhari untuk membantu tubuh dalam proses metabolisme tubuh.  Itulah penjelasan tentang Daftar Jenis Makanan Diet Seimbang untuk Mendapatkan Bentuk Tubuh Ideal. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.