Ketahui Ciri-Ciri Sakit Kepala yang Sebabkan Tumor Otak

Posted on

Ciri-Ciri Sakit Kepala yang Sebabkan Tumor Otak – Banyak yang sering mengalami sakit kepala berulang pada bagian kepala yang sama? Jika iya, kita perlu mencurigai rasa sakit tersebut. Bukan tidak mungkin, rasa sakit itu merupakan awal gejala penyakit kanker otak.

Bisa dibilang kanker otak tidak se-ngetop penyakit kanker lain, seperti kanker serviks atau kanker payudara. Namun, seperti kebanyakan penyakit kanker pada umumnya, kanker otak merupakan salah satu jenis penyakit yang bersifat diam (silent killer) tetapi berbahaya.

Karena sifatnya itu, banyak orang yang baru sadar akan penyakit kanker otak setelah terdeteksi dan memasuki stadium lanjut. Jika rasa sakit yang terjadi di bagian kepala telah memuncak, banyak kemungkinan, kanker itu telah menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis). Penanganan kanker menjadi lebih rumit dan berisiko. “Oleh karena itu, masyarakat perlu melakukan deteksi sejak dini penyakit kanker otak,” saran Fielda Djuita, spesialis radiologi Rumah Sakit Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta.

Gejala kanker otak

Kanker otak, biasanya muncul gejala-gejala yang dapat terlihat atau terasa langsung oleh si penderita. Misalnya tubuh kejang-kejang, mual dan muntah, pandangan kabur, serta rasa sakit kepala. Oleh para ahli medis, kondisi demikian disebut sebagai gejala peningkatan tekanan dalam otak atau intracranial. “Kalau Anda mengalami gejala-gejala ini, ada kemungkinan, Anda menderita penyakit kanker otak,” ujar Suhanto Kasmali, Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Mediros, Jakarta.

Pasien yang sering merasakan gejala-gejala tersebut, terlebih dahulu harus melakukan tes atau pemeriksaan pada seluruh bagian kepala dan otak. “Ini harus didiagnosa secara menyeluruh karena otak adalah bagian tubuh yang penting, tapi lunak,” papar Suhanto.

Inti dari organ tubuh yang dapat mengatur segala aktivitas tubuh (multitasking), otak terdiri dari tiga bagian, yakni otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), dan batang otak (brain stem). Otak memainkan peran penting bagi kehidupan seseorang.

Otak merupakan tempat yang sangat berbahaya jika menjadi lokasi atau tempat berkembangnya tumor. “Biar jinak, tapi tetap harus diangkat. Namun, karena otak adalah organ yang lunak, sangat berisiko dalam memberikan penanganannya,” tandas Fielda.

Sangat lebih berbahaya lagi jika para ahli medis belum dapat menyimpulkan penyebab berkembangnya tumor ganas atau kanker di otak. Kata Fielda, jika kasus kanker otak terjadi pada anak berusia di bawah 17 tahun, kemungkinan besar, penyebabnya adalah faktor genetik. Sementara ini, penyebab kanker otak pada orang dewasa hingga kini masih dalam penelitian ahli.

Banyak pendapat dari para ahli medis, pertumbuhan penderita kanker di banyak negara sedang berkembang, seperti Indonesia, akan bersifat masif. Sekitar 100 orang dari setiap 100.000 jiwa penduduk sangat berisiko terkena penyakit kanker, termasuk kanker otak. Penyebaran penyakit kanker otak di Indonesia bisa dibilang masih minim.

Menurut pendapat Fielda, setiap harinya, terdapat sekitar 100 pasien yang mengantre untuk mendapatkan penanganan radiologi agar dapat menyembuhkan penyakit kankernya. Beberapa penyakit kanker memerlukan waktu untuk beralih menjadi ganas. Tetapi, jauh lebih optimal bila penyakit kanker telah terdeteksi saat masih jinak. “Kalau masih dalam level stadium awal, kanker dapat sembuh total dan terkontrol,” papar dokter yang juga bertugas di rumahsakit kanker Dharmais ini. (Raymond Reynaldi)

Ciri-Ciri sakit kepala Tanda Tumor Otak

1. Sakit kepala yang diderita merupakan hal yang baru dialami. Jika sebelumnya anda belum pernah atau sakit kepala yang dirasakan berbeda dengan biasanya maka kondisi ini perlu di waspadai karena bisa jadi menjadi tanda peringatan.

2. Sakit kepala yang diderita disertai dengan gejala lain seperti disertai dengan mual, muntah, hilangnya kesadaran, kejang, sulit bicara, lemah pada tungkai atau penglihatan mulai mengabur.

3. Merasakan sakit kepala pada pagi hari yang disertai dengan mual dan muntah. Sedangkan jika gejala ini dirasakan sepanjang hari ini bukan merupakan gejala adanya tumor otak melainkan karena adanay tekanan sehari-hari

4. Sakit kepala yang diraskan semakin memburuk, hingga beberapa periode hari, minggu atau bulan.

Gejal ayang muncul akibat adanya tumor otak sangatlah banyak dan beragam. Karena itulah penderita memerlukan bantuan dokter untuk melakukan diagnosa. Salah satu jenis pemeriksaan yang tepat untuk dilakukan yaitu dengan CT-Scan yang berguna untuk melihat gambaran otak dan strukturnya. Terimakasih Semoga bermanfaa.