Ciri-Ciri Penyakit Jantung, Kenali Penyebabnya Sebelum Terlambat

Posted on

Ciri-Ciri Penyakit JantungPenyakit jantung merupakan momok dari segala jenis penyakit, karena serangannya yang tiba-tiba dan begitu cepat membawa kematian.

Untuk saat ini, Penyakit jantung sering disebut sebagai pembunuh nomer 1 dunia, untuk manusia karena penyakit jantung merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia dan telah banyak merenggut nyawa ribuan bahkan jutaan orang di dunia.

Ciri-ciri penyakit jantung mulai dapat dirasakan sangat menyakitkan dan mengganggu kehidupan seseorang saat penyakit tersebut mulai parah.

Oleh karena itu kita harus tahu, mengerti dan paham mengetahui ciri-ciri penyakit jantung agar kelak bisa mengatasi atau bahkan menghindari penyakit jantung.

Tak sedikit penyakit jantung juga mengakibatkan komplikasi penyakit lain yang juga akan lebih membahayakan nyawa penderitanya. Yang lebih berbahaya lagi penyakit jantung bisa diderita oleh siapa saja dan kapan saja baik yang memang sudah ada dalam garis keturunannya atau bagi mereka yang memiliki pola hidup tetap sehat.

Ciri-Ciri Penyakit Jantung

Gejala penyakit jantung lemah bisa terjadi kapan saja. Pada dasarnya timbulnya penyakit ini bisa dicegah sejak dini. Namun untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja gejala atau ciri-ciri penyakit jantung yang bisa mengancam keselamatan Anda.

Dan jika nantinya Anda merasakan atau mengalami beberapa gejala yang nantinya kita bahas pada artikel ini, segeralah untuk konsultasi ke dokter untuk mengetahui apakah gejala tersebut benar gejala penyakit jantung atau bukan.

Dan berikut ini adalah ciri-ciri penyakit jantung yang biasanya disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, kurang olahraga, atau terlalu sering stres:

Nyeri di Dada
Rasa nyeri di dada yang dimaksudkan di sini bukanlah hanya istilah yang biasa dipakai oleh orang-orang “galau.” Para penderita penyakit jantung biasanya memang akan merasakan gejala rasa nyeri di dada yang menjadi pertanda awal seseorang yang terkena sakit jantung.

Akan tetapi, masih belum bisa dipastikan apakah nyeri di dada yang Anda rasakan adalah diakibatkan oleh sumbatan arteri atau justru gejala penyakit lain. Maka dari itu sebaiknya Anda konsultasi kan masalah gejala penyakit jantung lemah ini ke dokter. Jika tidak segera ditangani dan semakin hari semakin parah, kondisi ini akan membuat tubuh penderita menjadi semakin lemah dan mati rasa. Berbahaya sekali, bukan?

Sakit Kepala
Jika Anda tidak jeli menyikapi ciri-ciri penyakit jantung, Anda akan merasa bahwa gejala sakit kepala ini adalah gejala biasa yang mungkin biasa Anda alami. Tetapi ternyata gejala sakit kepala yang diderita oleh penyakit jantung ini bisa terjadi saat penderita terkena sorotan cahaya.

Apa pengaruhnya bagi jantung? Saat Anda terkena sorot cahaya, maka jantung akan terpengaruh untuk berdenyut lebih cepat dari biasanya hal tersebut diutarakan oleh American Academy of Neurology yang mengatakan bahwa keluhan sakit kepala yang dirasakan oleh penderita sakit jantung terjadi karena adanya penyimpangan sirkulasi darah.

Nah, bagi Anda yang sering mengalami gangguan penglihatan dan juga sering mengalami migrain, mungkin Anda harus memeriksakan diri Anda. Barangkali itu adalah cikal bakal gejala penyakit jantung lemah.

Mudah Merasa Lelah
Ciri-ciri penyakit jantung selanjutnya adalah penderita akan sangat mudah merasa kelelahan meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Atau jika Anda juga merasa lelah saat Anda bangun tidur ketika seharusnya Anda merasa segar, Anda harus segera memeriksakan diri Anda ke dokter untuk memastikan apakah gejala tersebut berbahaya atau tidak untuk diri Anda dan apakah gejala tersebut termasuk gejala sakit jantung atau bukan.

Berkeringat
Orang normal biasanya akan mengeluarkan keringat ketika olahraga, melakukan aktivitas berat atau sedang berada di tempat yang panas. Akan tetapi Anda harus mewaspadai ciri-ciri penyakit jantung yang satu ini, terutama jika Anda berkeringat meskipun tidak melakukan aktivitas apapun. Hal tersebut bisa saja mengindikasikan jantung Anda mengalami masalah.

Merasa Mual
Sakit jantung di awal biasanya juga memberikan tanda atau gejala bagian perut mulai bengkak yang membuat penderita tentunya merasa mual dan muntah yang tidak wajar. Bahkan biasanya penderita penyakit jantung yang mulai merasakan gejala ini pun akan berkurang nafsu makannya.

Dan apabila kurangnya nafsu makan tersebut terus diikuti, maka tak heran jika nantinya akan timbul penyakit baru yang akan semakin menggerogoti kesehatan penderita.

Keluhan Sakit pada Bagian Tubuh Tertentu

Gejala atau ciri-ciri penyakit jantung yang lain adalah terkadang penderita merasakan sakit pada bagian-bagian tubuh tertentu. Khususnya untuk wanita, biasanya mereka akan merasakan nyeri atau sakit pada tangan kanan dan lengan kirinya.

Sedangkan untuk kaum pria biasanya akan merasakan pada bagian lengan kirinya. Rasa nyeri ini juga bisa dirasakan oleh penderita penyakit jantung pada bagian tubuh lainnya seperti di bagian bahu, leher, siku, punggung yang bisa dirasakan dan terkadang hilang dengan sendirinya.

Apa penyebab rasa sakit tersebut? Jika rasa nyeri yang Anda rasakan tersebut benar gejala penyakit jantung, maka rasa nyeri atau sakit tersebut diakibatkan oleh arteri yang tersumbat karena jantung mengalami gangguan.

Sering Merasa Cemas
Diantara beberapa ciri-ciri penyakit jantung yang sudah dijelaskan tadi, mungkin yang satu ini adalah yang paling sering dianggap biasa saja. Bahkan mungkin gejala ini biasa dianggap sebagai rasa cemas biasa yang mungkin disebabkan oleh gangguan mental atau psikis.

Akan tetapi saat jantung mengalami masalah, jantung akan mengalami ketegangan dan bisa membuat orang merasa cemas atau ketakutan. Akan tetapi rasa cemas berlebihan inilah yang justru juga bisa memicu orang terkena serangan jantung.

Terimakasih, semoga bermanfaat..