23 Ciri-Ciri dan Penyebab Kanker Serviks (Kanker Rahim) yang Mematikan

Posted on

Ciri-Ciri dan Penyebab Kanker Serviks – Kanker rahim adalah penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa. Penderita Penyakit mematikan ini banyak yang baru menyadari ketika saat tingkat stadium mereka telah mencapai batas tertinggi. Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim.

Informasi yang didapat, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker rahim berada diperingkat paling atas dengan jumlah mencapai sepertiga nya. Ada beberapa risiko yang harus diperhitungkan misalnya seperti halnya jika Anda melakukan diet, menggunakan kontrasepsi, terinfeksi HIV, terkena asap rokok atau jika itu ada dalam genetika.

Ciri-Ciri Kanker Serviks / Kanker Rahim

Mengenali tanda-tanda awalnya sedari dini, sangatlah perlu kita lakukan agar tidak sampai menjadi terlambat. Dan bawah ini adalah hal yang harus perlu diwaspadai terkait dengan tanda peringatan kanker rahim.

1. Sakit di bagian kaki
Ini umumnya menjadi tanda awal kanker rahim. Terasa sakit dan bengkak di kaki dapat disebabkan oleh aliran darah yang tersumbat.

2. Perubahan kondisi luar organ intim wanita (vagina)
Ini merupakan salah satu tanda kanker rahim dan potensi masalah kesehatan lainnya.

3. Pendarahan yang tidak biasa
Umum terjadi saat wanita menstruasi. Jika terjadi pendarahan berulang-ulang dengan intesitas cairan yang banyak, mungkin sudah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama jika itu muncul antara periode menstruasi.

4. Ketidaknyamanan ketika buang air kecil
Ini dapat mengungkapkan kanker rahim dalam beberapa cara. Anda wanita mungkin mengalami rasa terbakar, rasa menyengat atau sensasi yang ketat. Ini adalah salah satu gejala.

5. Tidak teraturnya saat buang air kecil
Sesuatu yang sulit untuk dilacak, tetapi akan tahu ketika Anda wanita saat melihatnya. Kontrol kandung kemih adalah masalah yang utama. Tidak mampunya mengendalikan kandung kemih adalah tanda kanker rahim, seperti halnya jika dalam urin anda terlihat darah.

6. Siklus haid tidak teratur
Inilah tanda-tanda bahwa Anda wanita berada diambang risiko yang paling tinggi untuk kanker rahim.

7. Menstruasi lebih lama dari biasanya
Jika normalnya masa menstruasi sekitar 5-7 hari, namun pada wanita yang mengalami lebih dari 15 hari mengalami menstruasi perlu diwaspadai adanya tumor atau keganasan seperti kanker mulut rahim (serviks) dan pembekuan darah.

8. Darah Menstuasi lebih banyak
Keluarnya darah menstruasi lebih banyak dibanding biasanya dapat menjadi faktor adanya suatu masalah seperti prubahan pada lapisan rahim dan bisa menjadi salah satu penyebab adanya gejala kanker serviks.

9. Nyeri ketika berhubungan seksual
Jika anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan dan anda merasakan sangat sakit tanpa sebab yang pasti, segera konsultasikan ke dokter agar segera memeriksa masalah terkait. Faktor tertinggi adanya gejala terkena kanker servik yaitu merasa sakit ketika berhubungan seksual.

10. Nyeri disekitar panggul
Rasa nyeri yang dirasakan setelah berhubungan seksual seperti di pinggul juga dapat menjadi faktor adanya gejala kanker serviks.

11. Pendarahan setelah masa menopause
Mas menopause merupakan masa berhentinya darah menstruasi, jika terjadi pendarahan lagi setelah masa menopause perlu dicurigai darah tersebut adalah kanker serviks.

12. Keputihan tidak seperti biasanya
Keluarnya cairan putih kental, berbau busuk atau bercampur nanah yang berkepanjangan juga menjadi faktor adanya gejala kanker rahim.

13. Hilangnya Nafsu Makan
Semua penderita kanker pada umumnya tidak mengalami nafsu makan. Hal ini dikarenakan zat-zat toksin yang dihasilkan oleh sel-sel kanker atau efek samping dari kemoterapi.

14. Hilangnya berat badan secara drastis
Secara umum semua jenis kanker akan mengalami penurunan berat badan yang drastis. Hal ini disebut dengan Chahexia atau badan kurus karena kanker

15. Mudah mengalami patah tulang
Tulang yang sudah terkena kanker akan lebih rentang patah karena mengalami kerapuhan meskipun karena benturan ringan.

Penyebab Kanker Serviks / Kanker Rahim

Setelah anda mengetahui tentang ciri-ciri kanker serviks yang harus anda lakukan selanjutnya yaitu melakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit mematikan ini. Cara melakukan pencegahan yang bisa anda lakukan adalah harus lebih peduli dengan kesehatan anda dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Konsumsi makanan dengan asupan gizi yang tinggi
  2. Jaga kesehatan tubuh dan lingkungan anda
  3. Jaga kebersihan organ kewanitaan
  4. Hindari merokok
  5. Setia pada pasangan anda
  6. Tidak berhungan inting dengan bergonta ganti pasangan
  7. Hubungan seks diusia muda
  8. Menggunakan alat kontrasepsi oral

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.