Kiat dan Cara Turunkan Risiko Kanker Payudara Dengan Pola Hidup Sehat

Posted on

Cara Turunkan Risiko Kanker Payudara Dengan Pola Hidup Sehat – Pakar kesehatan selalu mendengungkan penerapan gaya hidup sehat untukk mengungari risiko terkena kanker. Hal ini terbukti dengan adanya studi yang dilakukan dari University of British Columbia, Kanada. Suatu penelitian baru menyimpulkan, jika Anda adalah wanita dan membawa varian gen yang dikaitkan dengan kanker payudara, gaya hidup “kunci” ini bisa memotong kemungkinan kanker payudara sebesar 30 persen.

Hasil penelitian dari JAMA Oncology tersebut mengungkap, dengan menjalani gaya hidup tepat, kasus kanker payudara dapat dihindari oleh para wanita dengan sejarah keluarga maupun genetik kanker bawaan.

“Risiko genetik bukanlah sebuah kondisi mutlak,” kata senior Nilanjan Chatterjee

Chatterjee dan timnya mengembangkan penelitiannya untuk memprediksi risiko wanita terkena kanker payudara yang disebabkan oleh faktor genetik serta riwayat keluarga kanker payudara. Peneliti melihat usia responden, siklus menstruasi, serta kebiasaan gaya hidup.

Tim peneliti menemukan bahwa wanita yang memutuskan untuk melakukan gaya hidup ini, yaitu tidak merokok, menjaga berat badan sehat, menghindari asupan alkohol, serta tidak melakukan terapi hormon usai menopause, secara signifikan mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Selain itu, para peneliti juga mendapati, rata-rata wanita berusia 30 tahun—walau tidak memiliki risiko genetik atau keturunan kanker—juga memiliki kemungkinan 11 persen terkena kanker payudara pada usia 60 hingga 80 tahun, tetapi gaya hidup tersebut bisa menurunkan risiko terkenanya kanker tersebut.

“Faktor gaya hidup mungkin lebih penting untuk “dipatuhi” oleh wanita dengan risiko genetik kanker yang tinggi,” ujar Chatterjee.

“Intinya adalah, penelitian ini memberikan bukti bahwa, pada 40.000 responden wanita, sejumlah kasus kanker payudara dapat dicegah jika wanita melakukan gaya hidup ini,” kata William Dupont, penulis studi dan profesor di Vanderbilt University School of Medicine di Nashville, Tenn.

Kiat Turunkan Risiko Kanker Payudara dengan Hidup Sehat

Upaya mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati. Sembilan dari sepuluh wanita bersedia membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Pernyataan tersebut tentunya berdampak positif, karena saat ini kanker payudara masih menjadi pembunuh nomor dua wanita setelah kanker serviks. Untuk merubah pola hidup sehat dibutuhkan kiat-kiat yang harus dilakukan, berikut ini beberapa kiat yang harus dilakukan, antara lain:

1. Perhatikan diri sendiri
Belajar bertanggung jawab terhadap diri sendiri, begitu juga dengan kesehatan payudara. Periksa sendiri secara rutin pada payudara untuk mendeteksi keberadaan masalah atau adanya kelainan yang mungkin muncul pada payudara.

2. Dengan Menyusui
Studi menemukan bahwa kanker payudara berkaitan dengan hormon estrogen. Tubuh yang terpapar banyak hormon estrogen memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker payudara. Ketika menyusui maka kadar hormon estrogen pada tubuh wanita akan menurun, yang berarti dapat menurunkan risiko kanker payudara.

3. Selidiki faktor keturunan
Jika didalam riwayat keluarga ada yang mengidap kanker payudara, maka anda harus lbeih waspada. Segera konsultasikan ke dokter untuk mengantisipasi dan upaya memberikan pencegahan sejka dini.

4. Stop konsumsi alkohol
Tidak hanya karena faktor genetik, pola hidup bebas dan tidak sehat seperti mengkonsumsi alkohol dan merokok dapat memiliki pengaruh lebih tinggi terkena kanke rpayudara. Dengan mengkonsumsi alkohol menjadikan kadar estrogen neik dan meningkatnya kadar hormon estrogen memicu timbulnya kanker payudara.

5. Jaga kondisi berat badan
Perempuan cantik selalu pintar menjaga berat badan. Jaga berat badan dengan pola hidup sehat dan konsumsi makanan dan minuman sehat, hindari junk-food, dan hindari makanan dengan kadar lemak tinggi.

6. Rutin olahraga
Dengan secara rutin berolahraga tiga kali dalam seminggu mampu menurunkan kadar hormon estrogen, sehingga mampu pula menurunkan risiko terken akanker payudara.

7. Periksa payudara secara rutin
Selain melakukan pemeriksaan ke dokter, memeriksa payudara juga dapat dilakukan oleh sendiri (SADARI). Hal in penting dilakukan jika dalam keluarga anda terdapat riwayat memiliki keturunan kanker payudara.

Dengan sejak dini mengenal kanker payudara, kita bisa sedini mungkin melakukan upaya untuk menurunkan risiko terkena kanker payudara. Terimakasih Semoga Bermanfaat.