Cara Sederhana Melindungi Tubuh dari Gigitan Nyamuk Secara Alami

Posted on

Melindungi Tubuh dari Gigitan Nyamuk –¬†Tidak hanya menyebabkan gatal di kulit, gigitan nyamuk juga dapat berpotensi membawa berbagai penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Untuk itu kita perlu melakukan cara agar tubuh tidak terserang dari gigitan nyamuk.

Cara mudah untuk mencegah gigitan nayamuk secara instan biasanya banyak orang sering menggunakan obat semprot nyamuk, namun kebanyakan jenis obat semprot itu mengandung banyak bahan kimia yang justru dapat menajdi racun karena terhirup dan masuk ketubuh.

Tahukah anda, bahwa nyamuk mendeteksi mangsanya dari karbondioksida yang dikeluarkan manusia ketika bernapas. Pada saat bernapas, tubuh akan mengeluarkan karbondioksida yang menempel pada kulit. Hal yang membuat nyamuk tertarik pada karbondioksida karena kehangatan dan kelembapan yang berasal dari manusia maupun hewan lainnya.

Sedangkan menurut ahli serangga Renee Anderson, PhD. mengatakan ketika nyamuk mengetahui adanya karbondioksida, mereka akan mengikuti jejaknya, terbang dengan pola zigzag hingga menemukan sumber yang melepaskannya, yakni manusia. Selain itu nyamuk juga tertarik dengan senyawa kimia tertentu yang ada pada keringat manusia.

Selain menggunakan obat semprot, cara lainnya untuk melindungi gigitan nyamuk tanpa harus membunuhnya atau mencemari udara adalah dengan mengoleskan lotion atau gel anti nyamuk. Namun, agar lebih aman bagi kesehatan, anda dapat menggunakan lotion alami yang tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan. Lotion antinyamuk ini bekerja untuk menyamarkan bau karbondioksida dan tubuh manusia dari nyamuk. Berikut bahan alami yang dapat digunakan sebagai lotion anti nyamuk yang aman, antara lain:

Cegah Gigitan Nyamuk Secara Alami

Minyak Lemon Eucalyptus
Sejak tahu 1940-an, minyak dari campuran lemon dan eucalyptus telah digunakan sebagai lotion anti nyamuk alami. Sebuah pusat kontrol dan pencegahan penyakit di Amerika Serikat juga telah menyetujui bahwa minyak Eucalyptus baik untuk menolak nyamuk yang efektif. Selain itu, sebuah studi juga menunjukkan bahwa campuran minyak lemon eucalyptus memberikan proteksi terhadap gigitan nyamuk hingga 95 persen selama tiga jam. Cara membuat lotion ini adalah dengan mencampurkan minyak lemon, minyak eucalyptus dan minyak biji bunga matahari.

Minyak Lavender
Mengoleskan minyak lavender pada kulit juga dapat membantu melindungi tubuh dari gigitan nyamuk. Hal ini dikarenakan aroma bunga lavender yang bisa menghalau nyamuk mendekat. Caranya tuangkan beberapa tetes minyak lavender pada kain bersih dan halus, lalu gosokkan kain tersebut ke kulit. Selain mencegah gigitan nyamuk, minyak lavender juga menenangkan kulit karena bersifat analgesik (menghilangkan nyeri) dan antiseptik.

Minyak Kayu Manis
Sebuah studi yang dilakukan di Taiwan menyatakan minyak kayu manis dapat membunuh telur nyamuk serta berfungsi sebagai penolak nyamuk. Namun yang perlu diwaspadai, jangan terlalu banyak mengoleskan minyak kayu putih karena dapat menimbulkan iritasi. Cara menggunakan minyak kayu manis untuk melindungi gigitan nyamuk yaitu dengan campurkan sekitar 24 tetes minyak kayu manis dengan 100 ml air, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Kocok-kocok sebelum digunakan, dan Anda bisa menyemprotkannya langsung ke kulit, pakaian, seprai atau permukaan tempat tidur.

Minyak Serai
Salah satu bahan alami lainnya untuk mencegah gigitan nyamuk adalah minyak serai. Minyak serai memiliki aroma mirip dengan lemon dan eucalyptus yang cukup kuat. Cara menggunakan minyak serai adalah dengan tumbuk serai lalu oleskan pada kulit, namun jangan terlalu banyak karena bisa menimbulkan iritasi.

Konsumsi Bawang
Tidak hanya melezatkan masakan, bawang putih juga bisa melindungi tubuh dari gigitan nyamuk. Hal ini karena kandungan allicin mampu menghalau gigitan nyamuk.

Minyak Citronella
Selain minyak eucalyptus, minyak citronella juga bermanfaat untuk mencegah gigitan nyamuk. Hal ini karena minyak citronella memilik aroma yang kuat sehingga tidak disukai oleh nyamuk.

Cengkeh dan Jeruk Nipis
Cara selanjutnya yang digunakan untuk mencegah nyamuk yaitu dengan ramuan cengkeh dan jeruk nipis. Cara menggunakan ramuan ini yaitu dengan membelah jeruk nipis menjadi 2 lalu tancapkan cengkeh ke belahan jeruk nipis tersebut, lalu taruh jeruk nipis dan cengkeh pada ruang tidur dan tempatkan di dekat anda agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Ragi dan Lavender
Kombinasi minyak lavender dan ragi yang dicampurkan kedalam air secukupnya. Lalu letakkan campuran ragi dan minyak lavender pada ruangan tidur atau di dekat anda agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Kulit Nanas
Jika anda sering mengkonsumsi nanas, maka jangan buang kulitnya karena kulit nanas dapat dimanfaatkan untuk mencegah gigitan nyamuk. Cara mencegah gigitan nyamuk dengan kulit nanas adalah dengan masukkan kulit nanas dalam ember berisi air, dan letakkan ember di tempat tidur maupun didekat ruangan yang banyak nyamuk.

Meskipun menggunakan bahan alami, terlalu banyak mengoleskan minyak esensial juga bisa menyebabkan iritasi. Selain itu, gunakan minyak esensial dengan dicampurkan dengan bahan lain seperti lotion atau air.

Itulah penjelasan tentang Cara Sederhana Melindungi Tubuh dari Gigitan Nyamuk   . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.