11 Cara Pertolongan Pertama Mengobati Gigitan Lebah Tanpa Rasa Panik MUDAH

Posted on

Pertolongan Pertama Mengobati Gigitan Lebah – Lebah atau Tawon adalah serangga yang memiliki sengatan pada ekornya yang dapat menggigit hingga menimbulkan lukapada tubuh yang disengatnya. Lebah akan menggunakan sengatan yang ada pada ekornya ketika dirinya merasa terganggu,Lebah akan menusukkan sengatan berkali-kali ke epidermis musuhnya sehingga merasa sakit. Namun yang perlu anda ketahui, ketika lebah melakukan sengatan pada lawannya akan membuat sengat pada bagian ekornya terlepas dantertinggal di kulit korban yang akan membuat lebah mati dalam beberapa menit kemudian.

Bisa sengatan yang ditinggalkan lebah pada kulit biasanya akan menyebabkan demam, nyeri dan pembengkakan. Namun, andadapat mencegah reaksi akibat gigitan lebah tersebut jika dilakukan dengan pertolongan pertama yang tepat.

Gejala Sengatan Lebah

Sengatan lebah dapat membuat seseorang mengalami anafilaktif yaitu kondisi sengatan yang menyebabkan alergi berat, beberapa gejala akibat alergi dari sengatan lebah diantaranya seperti :

  • Sulit bernapas
  • Muncul pembengkakan parah para area sengatan
  • Mual, muntah dan mengalami diare
  • Merasa kram perut
  • Detak jantung terasa lebih cepat
  • Merasa pusing
  • Susah untuk menelan

Jika anda merasakan gejala yang dirasakan seperti diatas, solusi terbaik mengatasinya yaitu menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cara Mengatasi Sengatan Lebah

Pada umumnya sengatan lebah dapat ditangangi sendriri dirumah dengan meredakan rasa sakit yang ditimbulkan. Namunterdapat juga kasus yang memerlukan penanganan medis untuk masalah sengatan lebah seperti terjadi sengatan berulangkali dan memiliki alergi terhadap sengatan lebah. Namun untuk memberikan pertologan pertama pada kasus sengatan
lebah, anda dapat melakukan beberapa cara penanganan seperti :

Pertolongan pertama pada sengatan lebah :

1. Pertolongan pertama yang anda lakukan ketika tersengat lebah adalah dengan mengeluarkan sengat yang masih menempal dikulit dengan menggeseknya keluar menggunakan tepi kartu plastik seperti tepian kartu ATM. Tidak dianjurkan menggunakan pinset atau jari, karena menyebabkan racun dalam sengatan tertekan keluar dari dalam sengat dan masuk kedalam tubuh lebih dalam.

2. Kompres dengan es bagian yang terkena sengatan lebah.

3. Jika sengatan terjadi pada area kaki atau tangan, angkat kaki atau tangan sehingga berada di posisi lebih tinggi. Seperti meletakkan kaki atau tangan di kursi yang lebih tinggi.

4. Untuk meredakan rasa sakit akibat sengatan tawon, anda dapat mengkonsumsi paracetamol, aspirin atau ibuprofen. Catatan : jangan berikan aspirin pada usia dibawah 19 tahun.

5. Gunakan obat yang mengandung antihistamin atau bisa juga mengoleskan campuran baking soda dan losion yang mengandung calamine pada area yang tersengat.

6. Untuk menghindari infeksi, pastikan area sengatan tetap dalam keadaan bersih.

7. Gunakan olesan pada pasta gigi yang mengandung gliserin berkhasiat menarik racun dari sengatan lebah.

8. Setelah racun sengatan tercabut, oleskan pepaya pada area sengatan untuk menghindari alergi terhadap lateks. Pepaya mengandung senyawa papain yang memecah protein racun sengatan.

9. Gunakan pasta dari baking soda untuk meredakan rasa sakit yang muncul akibat sengatan. Caranya oleskan pasta soda dan diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas.

10. Minyak atsiri atau minyak esensial seperti minyak jarak atau minyak lavender juga berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi bengkak akibat sengatan lebah.

11. Gunakan campuran cuk dan baking soda untuk menetralkan racun dari sengatan lebah. Caranya, buat pasta dari baking soda dan cuka lalu balurkan pada area yang tersengat lebah.

Mencegah Sengatan Lebah

Untuk mencegah terhindar dari snegatan lebah, anda dapat melakukan beberapa langkah tips berikut ini :

  1. Lebah menyukai aroma minuman yang manis. Hindari minum minuman kaleng dengan keadaan kaleng terbuka karena akan menggundang datang menghampiri.
  2.  Untuk menghindari sengatan lebah dikebun, sebaiknay anda gunakan peralatan berkebun dengan lengkap seperti menggunakan sarung tangan, kaus kaki, sepatu dan topi pelindung.
  3. Usahakan menutup pintu mobil ketika berkendaraan untuk menghindari lebah terjebak didalamnya dan menyengat anda.
  4.  Tidak perlu panik ketika lebah masuk ekdalam ruangan, karena jika mereka tidak akan menyengat jika tidak merasa terganggu.
  5. Tutup tempat sampah untuk menghindari dikerubungi oleh lebah.

Itulah penjelasan tentang Pertolongan Pertama Mengobati Gigitan Lebah. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.