10 Cara Menyembuhkan Encok Secara Alami Mudah dan Mujarab

Posted on

Cara Menyembuhkan Encok – Encok adalah kondisi penyakit yang disebabkan adanya penumpukan kristal asam urat di dalam jaringan ikat, yaitu runag antara dua tulang atau dalam tulang itu sendiri. Dari simpulan diatas, encok masih berkaitan erat dengan asam urat dan rematik namun tidak sama.

Terjadinya penumpukan kristal menyebabkan peradangan artitis yang memicu pembengkakan, rasa panas, kemerahan pada kulit area sendi yang terserang encok, rasa nyeri, serta rasa kaku pada persendian. Pada umunya encok lebih sering menyerang pinggang, biasanya pinggang akan merasa nyeri pada tulang punggung tulang panggul, jika dibiarkan biasanya rasa sakit akan merambat ke bagian tulang atas.

Encok sering dikaitkan dengan penyakit rematik, padahal keduanya berbeda kasus. Penyakit encok berkaitan dengan adanya gangguan metabolisme yang terjadi didalam darah akibat penyumbatan asam urat. Penyumbatan tersebutlah yang menyebabkan tulang terasa nyeri dan sakit. Sedangkan rematik adalah gangguan persendian yang terjadi akibat adanya autoimun dalam tubuh yang berlangsung lama.

Penyebab Encok

Cara pintar untuk melakukan pengobatan adalah dengan terlebih dahulu mengetahui penyebab-penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat menimbulkan munculnya encok, antara lain :

  1. Obesitas atau kelebihan berat badan dapat memicu terkena masalah encok. Hal ini disebabkan karena pada seorang obesitas mengalami keadaan dimana banyak jaringan yang pecah atau berganti sehingga memicu meningkatnya produksi asam urat.
  2. Sering mengkonsumsi alkohol juga memicu munculnya penyakit encok. Hal ini disebabkan karena alkohol dapat menghambat proses keluarnya asam urat dalam tubuh.
  3. Terdapat beberapa jenis obat yang dapat meningkatkan resiko terkena asam urat seperti jenis cyclosporine, levodopa, dan obat diuretik.
  4. Adanya gangguan pada salah satu enzim dalam tubuh dapat membantu pemecahan senyawa purin yang kemudian akan membuat seseorang tersebut terkena encok jika mengkonsumis makanan yang mengandung purin.
  5. Selain karena konsumsi alhokol, merokok juga dapat memicu terkena encok.
  6. Aktivitas yang terlalu berat juga dapat menyebabkan terkena encok.
  7. Suhu yang terlalu dingin akan membuat encok serta asam urat kambuh.

Gejala Encok

  1. Rasa nyeri biasanya muncul pada sekitar sekitar encok, seperi pada pinggang, punggung, pinggul, kaki, dan temapt lain.
  2. Terjadi pembengkakan dan rasa nyeri pada persendian
  3. Pada bagian urat yang terkena encok menjadi tegang
  4. Keluar banyak keringan dan berbau asam
  5. Penderita encok biasanya akan kambuh pada malam hari karena pada malam hari kondisi suhu lingkungan cenderung lebih rendah.

Jenis Encok

Terdapat 4 tingkat karakteristik oenyakit encok, antara lain:

  1. Hyperuricemia Asimtomatik yaitu terjadinya peningkatan kadar asam urat, biasanya sebagian orang mengalami peningkatan kadar asam urat selama bertahun-tahun sebelum encok pertama mereka muncul.
  2. Serangan Encok Akut yaitu serangan yang menyebabkan penderita mengalami sakit dan pembengkakan pada area persendian, terutama terjadi pada malam hari, dan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.
  3. Interval yaitu Biasanya dalam interval orang yang merasakan serangan akut lebih sering dari biasanya. Kebanyakan masalah ini diatasi dengan merubah pola makan sehat, sedangkan jika diabaikan akan memperparah kondisi encok.
  4. Kronis yaitu jika encok yang diderita sudah parah atau kronis dapat memicu terjadinya penyakit lain seperti gagal ginjal, hingga kelumpuhan tulang.

Cara Menyembuhkan Encok

1. Jahe


Gunakan jahe untuk mengatasi masalah encok dengan cara memarkan lalu rebus jahe dengan ditambahkan dengan gula aren atau madu, lalu konsumsi ramuan tersebut setiap hari.

2. Jahe dan Cengkeh


Gunakan tumbukan jahe dan cengkeh untuk dibalurkan pada area encok untuk mengurangi rasa sakit pada encok.

3. Akar bunga pagoda


Ramuan selanjutnya dengan menggunakan akar bunga pagoda, dengan cara rebus akar bunga pagoda dan konsumsi 2 kali sehari.

4. Akar Selederi


Cara mengobati encok lainnya yaitu dengan menggunakan akar selederi caranya dengan seduk akar seledri dengan satu gelas air panas, tutup dan konsumsi ketika dingin, 2 kali sehari.

5. Akar Pepaya


Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah encok adalah dengan menggunakan akar pepaya, arak dan garam. Caranya keringkan 3 genggam akar kates dengan arak 1/2 liter, dan garam. Gunakan ramuan tersebut sebagai obat urut untuk encok.

6. Daun Belimbing Wuluh


Obat urut selanjutnya untuk mengatasi encok yaitu dengan menggunakan tumbukan daun belimbing wuluh dan kapur sirih.

7. Bunga kecubung


Ramuan selanjutnya untuk mengatasi encok adalah dengan menggunakan 3 kuntum bunga kecubung lalu rebus dengan air secukupnya. Gunakan ramuan tersebut unutk mengkompres bagian encok.

8. Daun Kecubung dan jahe
Selain bunganya, daun kecubung juga dapat digunakan untuk mengobati encok. Caranya dengan siapkan 5 lembar daun kecubung, 1 ruas jahe, kapur sirih, dan 5 butir bawang merah. Tumbk halus semua bahan tersebut, remas-remas dan balurkan pada bagian encok secara merata lalu balut ramuan agar tidak jatuh.

9. Daun kecubung dan minyak kelapa
Selain dengan cara diatas, ramuan menggunakan daun kecubung selanjutnya yaitu dengan iris tipis daun kecubung lalu jemur hingga kering. Setelah kering tambahkan minyak kelapa lalu simpan selama 3 hari. Setelah 3 hari, remas ramuan tersebut dan ambil minyaknya. Gunakan minyak tersebut sebagai minyak urut pada bagian encok.

10. Batang Tampal Besi (Phyllanthus reticulatus) 


Gunakan batang atau ranting 15 gram dari tanaman tampal besi dan 3 gelas air untuk membuat ramuan pengobatan encok selanjutnya. Caranya dengan Cuci bersih batang tampal besi dan rebus dengan 3 gelas air dan tunggu hingga tersisa 1 gelas rebusan. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari dengan takaran setengah gelas sekali minum.

Semoga ramuan diatas dapat membantu anda untuk mengatasi masalah encok dan rematik. Itulah penjelasan tentang Cara Menyembuhkan Encok Secara Alami Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.