Cara Meningkatkan Kolesterol Baik HDL dalam Tubuh secara Aman dan Efektif

Posted on

Cara Meningkatkan Kolesterol Baik HDL –┬áKolesterol memiliki fungsi yang penting untuk membantu tubuh berfungsi secara optimal. Kolesterol adalah zat yang terbuat dari minyak sehingga tidak dapat bercampur dengan darah yang terbuat dari air. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh tetap berfungsi secara normal. Kolesterol juga membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D, sejumlah hormon dan asam empedu yang berguna untuk mencerna lemak. Namun jika kolesterol dalam tubuh sudah berlebihan hal tersebut dapat membahayakan kesehatan anda atau dikenal sebagai kolesterol jahat.

Di dalam darah kolesterol dibawa oleh protein yang gabungannya disebut dengan lipoprotein. Terdapat dua jenis lipoprotein yaitu lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) yang biasa disebut dengan kolesterol jahat dan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) yang biasa disebut dengan kolesterol baik.

Kolesterol jahat (LDL) berfungsi untuk mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel yang membutuhkan. Namun jika kadarnya tinggi dan melebihi kebutuhan, LDL akan mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit.

Sedangkan kolesterol baik (HDL) bertugas untuk mengangkut kolesterol kembali ke organ hati. Dalam organ hati, kolesterol akan dihancurkan dan dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran.

Kolesterol baik (HDL) bermanfaat untuk mencegah arterosklerosis dan secara keseluruhan menjaga kesehatan jantung. Kadar kolesterol baik dalam tubuh dapat berubah sewaktu-waktu bahkan cenderung menurun yang salah satunya disebabkan oleh pola makan tidak sehat, selain itu HDL juga dapat menurun akibat mengonsumsi obat mengandung hormon testosteron dan steroid anabolik. Oleh karena itu, menghindari pemakaian obat tersebut atau dengan meningkatkan konsumsi serat dan lemak dari tumbuhan dapat meminimalisir kekurangan HDL.

Untuk menghindari menurunnya kada kolesterol baik dalam tubuh, berikut ini akan dijelaskan tentang cara meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh tanpa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan aman dilakukan.

Cara Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL) dalam tubuh

Konsumsi makanan sehat
Sangat mudah untuk meningkatkan kolesterol baik atau HDL, caranya adalah dengan memilih makanan yang tepat dan sehat serta kurangi makanan tinggi kandungan lemak jenuh.

Pilih Makanan tinggi lemak tak jenuh
Untuk meningkatkan kadar kolesterol baik, pilihlah jenis lemak tidak jenuh. Karena jenis lemak jenuh yang biasanya ditemukan pada daging merah dan produk susu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik maupun meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Namun, tidak berarti anda harus menghindari konsumsi lemak jenuh, karena tubuh tetap harus mendapatkan 7% kalori harian yang berasal dari lemak jenuh.

Hindari makanan mengandung lemak trans
Lemak trans dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh, untuk itu sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak trans. Lemak trans bisa didapatkan dari berbagai makan seperti gorengan, biskuit dan cemilan.

Perbanyak konsumsi asam lemak omega-3
Mengkonsumsi makanan kaya akan asam lemak omega 3 seperti salmon, makarel dan herring bermanfaat meningkatkan kolesterol baik tanpa mempengaruhi kolesterol jahat LDL serta membantu mengurangi tekanan darah pada hipertensi.

Berhenti merokok
Dalam rokok terdapat zat kimia akrolein, yaitu zat yang menghentikan aktivitas HDL yang mengangkut timbunan lemak menuju organ hati sehingga menyebabkan penyempitan arteri. Untuk itu mulailah berhenti merokok untuk membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Konsumsi makanan sumber serat larut
Terdapat dua jenis serat yaitu serat larut dan serat tak larut. Kedua serat tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Namun serat larut dapat membantu menurunkan kadar LDL. Serat larut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi gandum, buah-buahan, kacang-kacangan dan sayuran.

Kurangi berat badan
Berat badan yang berlebih dapat mempengaruhi kadar HDL dalam darah. Dalam setiap 3kg berat baran yang berhasil turun dapat meningkatkan HDL sebanyak 1 mg/dL.

Olahraga teratur
Selain mengubah pola makan, olahraga juga perlu dilakukan untuk membantu meningkatkan kolesterol baik HDL dalam tubuh. Dengan berolahraga santai selama 30 menit seperti jalan kaki, bersepeda, berenang atau lainnya akan membantu membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

Terdapat banyak cara untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Jika cara-cara diatas dinilai kurang efektif untuk membantu meningkatkan kolesterol baik, cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan meminta pendapat dari dokter.

Untuk terhindar dari masalah kolesterol tinggi, sebaiknya mulai sekarang ubah gaya hidup dan pola makan yang sehat. Itulah penjelasan tentang Cara Meningkatkan Kolesterol Baik HDL dalam Tubuh . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.