20 Cara Mengurangi Mata Minus Dengan Latihan Secara Alami Efektif Tanpa Kacamata

Posted on

Cara Mengurangi Mata Minus – Mata minus atau rabun jauh adalah kondisi kelainan pada mata yang tidak mampu melihat objek dengan jarak yang jauh dengan baik. Dalam dunia medis mata minus disebut dengan Miopa, pada mata minus cahaya yang masuk tidak fokus pada retina melainkan jauh di depannya.

Besarnya keparahan mata minus itu ditandai dengan ukuran dioptri (D).Berdasarkan tingkat keparahannya, mata minus dibagi menjadi tiba bagian yakni :

  • Miopi rendah (minus 0.5D hingga minus 3D)
  • Miopi sedang (minus 3D hingga 6D)
  • Miopi berat (minus diatas 6D)

Masalah mata minus sering menjadi hal yang sangat mengganggu, sehingga tidak heran jika banyak dari penderita mata minus melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Bukan hal yang mudah untuk melakukan penyembuhan untuk mengatasi masalah mata minus. Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak bisa menyembuhkan masalah mata minus, kita hanya perlu rajin dan telaten melakukan perawatan untuk dapat menyembuhkannya. Pada dasarnya kita dapat melakukan penyembuhan masalah mata minus secara alami dengan mudah dan cepat. Namun ada bainya kita ketahui terlebih dahulu permasalah yang dapat menyebabkan terjadinya mata minum terlebih dahulu.

Penyebab Mata Minus

Sebelum kita mengetahui tentang cara menyembuhkan masalah mata minus, sebaiknya kita ketahui terlebuh dauhu sebab munculnya mata minus. Pernahkan anda berfikir bahwa mungkin salah satu kebiasaan anda atau kesukaan anda lah yang menjadi penyebab mata minus? Mungkin ada beberapa dari anda yang menyadarinya dan mungkinjuga tidak. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan mata minus:

  1.  Terlalu sering berada didepan layar komputer atau laptop
  2.  Kebiasaan menonton televisi dari jarak terlalu dekat
  3.  Kebiasaan membaca buku terlalu dekat atau sambil tiduran
  4. Kebiasaan memandang suatu objek dalam waktu cukup lama tanpa mengalihkan pandangan
  5. Kurang nutrisi pada mata
  6. Faktor keturunan
  7. Adanya kelainan kondisi medis seperti penyaki glukoma
  8. Bertambahnya usia, maka ketajaman mata akan semakin berkurang.

Gejala Mata Minus

Berikut ini beberapa gejala yang sering muncul yang dirasakan oleh penderita mata minus, seperti :

  1. Mata terasa tegang dan kencang
  2. Sering memicingkan mata saat melihat sesuatu
  3. Merasa sulit untuk melihat sesuatu dengan jarak jauh dan jelas ketika melihat jarak dekat
  4. Sering mengucek mata
  5. Sulit melihat saat mengendari kendaraan
  6. Ketika menonton televisi harus dekat supaya lebih jelas
  7.  Sakit kepala
  8.  Mata terasa lelah

Cara Mengatasi Mata Minus

Solusi mengatasi mata minus tidak selalu harus menggunakan kaca mata atau softlens. Anda dapat melakukan beberapa terapi mengunakan cara-cara yang dapat anda lakukan dengan mudah sendiri.

1. Beri nutrisi pada mata
Cara terbaik untuk mengurangi mata minus adalah dengan memberikan nutrisi lebih pada mata. Mata juga membutuhkan vitamin A, β-carotene, vitamin E, zinc dan berbagai nutrisi lainnya untuk membuat mata berfungsi dengan baik. Nutrisi yang baik untuk kesehatan mata bisa didapatkan pada :

  • Supplement Kalsium dan Vitamin A berdaya serap tinggi dan berkualitas tinggi.
  • Supplement Zinc organik yang aman bagi tubuh
  • Supplement β-carotene dan vitamin E berkualitas tinggi (Vitaline)

2. Lepas kacamata jika tidak diperlukan
Menggunakan kacamata akan membuat mata terbiasa fokus pada pusat lensa, hal tersebut menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk melihat kearah lainnya. Karena itulah, coba untuk melepas kaca mata ketika tidak diperlukan dan biarkan bola mata bergerak untuk melatih otot mata.

3. Sering ganti objek pandangan
Sering menatap objek terlalu lama akan membuat mata menjadi kaku , karena itu anda perlu mengganti objek yang dilihat, Seperti pada saat berkerja didepan komputer, anda perlu sesekali alihkan pandangan ke jendela untuk mengganti objek pandangan.

4. Seringlah tatap objek yang jauh
Seringlah untuk menatap objek yang jaraknya cukup jauh untuk mengistirahatkan otot mata. Objek yang berwarna hijau dapat memberikan dampak positif pada mata anda. Cobalakn untuk pergi ke pegunungan untuk melihat pemandangan pepohonan dan nikmati pemandangan tersebut untuk melatih otot mata.

5. Seringlah melihat objek-objek yang bergerak
Untuk mengurangi mata minus selanjutnya yaitu anda bisa melakukan terapi melihat benda-benda yang bergerak seperti melihat kendaraan berlalu lintas atau melihat permainan bola pimpong secara langsung tanpa melalui televisi.

6. Istirahatkan mata 15 menit setiap jamnya
Jika rutinitas anda membutuhkan anda untuk fokus menatap layar komputer setiap hari. Anda harus pintas mengistirahatkan mata 15 menit setiap jamnya untuk membuat mata menjadi rileks dan membuat otot mata tidak tegang.

7. Latihan fokus dengan jari telunjuk
Cara selanjutnya untuk mengurangi mata minus adalah dengan melakukan latihan fokus jari telunjuk. Cara yang dilakukan yaitu dengan ambil posisi duduk yang nyaman, tempatkan jari telunjuk sekitar 10 cm dari hidung. Fokuskan pandangan ke arah telunjuk lalu alihkan fokus ke objek jauh dibelakang telunjuk. Kemudian kembalikan fokus ke telunjuk. Lakukan dengan melirik tanpa menggeser kepala. Ulangi proses ini hingga 10 kali, dan penglihatan akan meningkat.

8. Latihan Senam Mata
Cara lain untuk mengurangi mata minus adalah dengan melakukan latihan senam mata dengan cara goyangkan bola mata ke kanan dan ke kiri, lalu putar bola mata dan berkedip sebanyak 100 klai setiap hari. Selain untuk mengurnagi mata minus, latihan ini juga bermanfaat untuk membersihkan dan melumasi mata.

9. Berjemur untuk memanjakan mata
Selain tubuh, mata juga menginginkan rileks. Cara untuk merileksasikan mata yaitu memanjakan mata dengan berjemur dengan cara menutup kedua mata lalu arahkan mata ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Lakukan cara ini pada pagi hari agar asupan vitamin D juga tercukupi.

10. Kompres mata
Untuk membersihkan debu dan bakteri pada mata, anda perlu menggunakan obat tetes mata. Selain itu bilas dengan air hangat. Caranya siapkan semangkuk air hangat lalu masukkan mata ke dalamnya dan berkedip-kediplah selama beberapa saat.

11. Terapi lilin
Terapi lilin diberikan untuk membantu mensterilkan mata. Caranya dengan nyalakan lilin lalu tatap lilin sampai kau menitikan air mata. Usahakan untuk tidak terlalu lama berkedip supaya banyak air mata yang dikeluarkan. Lakukan terapi ini 4 kali dalam seminggu.

12. Pijat titik sekitar mata setiap bangun tidur
Cara selanjutnya untuk melakukan terapi mata minus adalah dengan melakukan pijatan-pijatan disekeliling mata setiap kali bangun tidur. Pijatan ini dilakukan untuk melancarkan peredaran darah dan merileksasi mata.

13. Terapi Daun sirih
Terapi dengan daun sirih dilakukan untuk mengerluarkan kotoran dari dalam mata, mengobati iritasi, membunuh kuman atau jamur pada mata. Caranya dengan cuci bersih 1 lembar daun sirih lalu pada malam hari tempelkan pada kedua mata , agar tidak jatuh anda dapat gunakan plester, dan lepas pada pagi harinya.

14. Terapi Eye Palming
Terapi eye palming adalah terapi yang dilakukan untuk mengistirahatkan mata dari kepenatan. Caranya dengan gosokkan kedua tangan hingg terasa agak panas, tutup kedua mata dengan tangan namun hindari memberi tekanan pada bola matam dan usahakan agar tidak ada cahaya yang masuk. Lakukan terpai ini sampai mata menjadi rileks.Anda dapat menggunakan terapi ini kapan saja disaat mata merasa lelah dan penat.

15. Jus wortel
Wortel mengandung jenis senyawa termasuk vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata . Cara untuk menjaga kesehtan amata dnegan wortel adalah dengan membuat jus wortel. KOnsumsi jus wortel 2-3 kali sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

16. Jaga pola makan sehat
Untuk menangani mata minus dari dalam, anda dapat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, betakaroten, Omega 3, luthein, lycopene, dan zink. Kandungan zat ini sangat dibutuhkan oleh mata. Beberapa makanan yang mampu mengembalikan kesehatan mata antara lain seperti wortel, ikan salmon, alpukat, kol, bayam, telur, dan tiram.

17. Konsumsi Daun selada
Daun selada mengandung kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin yang merupakan senyawa antioksidan. Menurut penelitian, kedua senyawa ini dapat membantu dengan cara mencegah katarak atau gangguan mata lainnya.

18. Jenis buah Berry
Jenis buah yang bagus untuk kesehatan mata selanjutnya adalah jenis bery-bery’an seperti stroberi, cranberry, raspberry, dan blueberry. Buah tersebut juga kaya akan vitamin C yang juga berperan untuk menjaga kesehatan mata.

19. Kacang Almond
Almond termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan. Almond mengandung banyak vitamin E yang juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi almond akan membantu memenuhi sebagian kebutuhan tubuh akan vitamin E.

20. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan glutathione, vitamin B1, vitamin C, selenium, dan quercetin yang dapat membantu melindungi mata dari efek buruk sinar UV. Bawang putih juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta memperkuat sel-sel optik yang akan membuat mata tetap dalam kondisi yang sehat.

Untuk mengurangi mata minus memang membutuhkan latihan yang teratur dan rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Itulah penjelasan tentang Cara Mengurangi Mata Minus Dengan Latihan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.