19 Cara Mengobati Vertigo Berdasarkan Penyebabnya Secara Efektif Menyembuhkan

Posted on

Cara Mengobati Vertigo – Vertigo adalah rasa sakit yang muncul dengan sensasi yang membuat sekililing terasa berputar dan terjadi secara tiba-tiba. KOndisi munculnya vertigo ada yang ringan hingga tidak terasa dan ada yang parah sehingga menghambat rutinitas.

Munculnya vertigo biasanya dimulai dengan rasa pusing yang ringan hingga muncul secara berkala kebih parah dan berlangsung lama. Vertigo disebabkan oleh virus, penurunan aliran daraj ke otak, adanya trauma kepala, terjadi iskemi karena obat-obatan dan alkohol. Vertigo bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala penyakit yang penyebabnya bervariasi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang vertigo, simak penjelasan dibawah ini.

Gejala Vertigo

Vertigo biasanya hanya berlangsung beberapa saat atau bisa juga berlanjut dalam beberapa jam hingga hitungan hari. Orang yang terserang vertigo memiliki gejala kehilangan keseimbangan yang diakibatkan kepala terasa sangat pusing dan seakan sekiling berputar. Tanda gejala lain yang diderita pengidap vertigo diantaranya:

  • Kesulitan ketika berdiri
  • Terasa Mual dan ingin Muntah
  • Badang berkeringat
  • Terasa Pusing
  • Telinga berdengung
  • Pandangan kabur karena gerakan mata tidak normal

Jika gejala yang muncul tidak kunjung membaik dalam beberapa hari, harap segera konsultasikan ke Dokter untuk memastikan kondisi yang sedang anda alami

Penyebab Vertigo

Pada umumnya vertigo terjadi karena adanya gangguan mekanisme keseimbangan pada telinga bagian dalam sehingga membuat tubuh menjadi kehilangan keseimbangan. Untuk mengetahui penyebab lain dari vertigo, kita ketahui terlebih dahulu dua kategori vertigo berdasarkan penyebabnya.

  1. Vertigo Perifer
    Vertigo Perifer adalah tipe vertigo yang paling sering umum terjadi. Vertigo Perifer dipicu karena adanya gangguan mekanisme keseimbangan yang terletak pada telinga bagian dalam. Gangguan tersebut meliputi labirinitis, vestibular neuronitis, vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV), dan penyakit Meniere.
  2. Vertigo Sentral
    Vertigo Sentral adalah gangguan vertigo yang terjadi akibat adanya gangguan pada serebelum (otak kecil) yang terletak pada bagian bawah otak besar atau batang otak sehingga menyebabkan vertigo. Penyebab Vertigo Sentral seperti migrain, sklerosis multipel, stroke dan transient ischaemic attack (TIA), akibat obat-obatan tertentu, serta tumor otak yang terletak di otak kecil ataupun tumor jinak pada saraf pendengaran (neuroma akustik).

Cara Mengobati Vertigo

Pada umumnya, pengidap vertigo akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa waktu tanpa melakukan pengobtan, karena cara paling efektif untuk mengobati vertigo adalah dengan beristirahat. Namun, meskipun tidak memerlukan penanganan yang intensif ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat vertigo. Simak beberaca cara dibawah ini.

1. Cara Mengatasi Vertigo karena Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

Cara mengobati vertigo yang disebabkan karena Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) yaitu dengan melakukan gerakan manuver kepala untuk mengatasi rasa pusing akibat vertigo. Caranya dengan mengunakan beberapa teknik seperti:

Manuver Epley

  1. Duduklah tegak di pinggir kasur Anda dengan tungkai tergantung. Putar kepala Anda 45 derajat ke kiri. Taruh bantal di bawah Anda, jadi ketika Anda berbaring, bantal akan bertumpu di antara bahu dan bukan di bawah kepala Anda.
  2. Segera berbaring, kepala menghadap kasur (tetap dalam sudut 45 derajat). Bantal harus berada di bawah bahu Anda. Tunggu 30 detik.
  3. Putar kepala Anda 90 derajat ke kanan tanpa mengangkatnya. Tunggu 30 detik.
  4. Putar kepala dan tubuh Anda dari sisi kiri ke sisi kanan, jadi Anda bisa melihat lantai. Tunggu 30 detik.
  5. Perlahan-lahan duduk lagi, tapi tetaplah di kasur selama beberapa menit.
  6. Ulangi instruksi gerakan dari sisi yang berbeda dan lakukan gerakan ini tiga kali sebelum tidur setiap malamnya, sampai Anda tidak pusing lagi selama 24 jam.

Manuver Foster/Half Somersault

  1. Duduklah bersimpuh dan dongakkan kepala Anda ke atas menatap langit-langit untuk beberapa detik.
  2. Sentuh lantai dengan kepala (keadaan sujud). Selipkan dagu ke dalam dada sehingga kepala Menyentuh atau masuk ke dalam lutut. Tunggu sekitar 30 detik.
  3. Masih dalam posisi bersujud, putar kepala Anda ke arah telinga yang bermasalah (kalau Anda merasa pusing di sisi kiri, putar wajah ke siku kiri). Tunggu 30 detik.
  4. Kemudian dengan gerakan yang cepat, angkat kepala Anda sampai posisinya lurus horizontal dengan punggung Anda. Jaga kepala Anda tetap pada sudut 45 derajat. Tunggu 30 detik.
  5. Setelah itu dengan gerakan yang cepat juga angkat kepala Anda dan duduklah tegak, tapi tetap jaga kepala Anda menghadap bahu pada posisi yang sama dengan telinga yang bermasalah.
  6. Lalu, berdirilah perlahan.

Lakukan latihan ini beberapa kali untuk mengurangi rasa pusing. Namun setelah melakukan latihan pertama istirahatkan badan selama 15 menit sebelum lanjut ke ronde kedua

2. Cara Mengatasi Vertigo Karena penyakit Ménière

Cara pengobatan yang dilakukan karena vertigo yang disebabkan oleh penyakit Ménière adalah dengan melakukan beberapa gerakan untuk membantu meringankan gejala vertigo, seperti:

  1. Membatasi konsumsi garam dan diuretik untuk mengurangi volume cairan yang tersimpan dalam tubuh
  2. Menghindari kafein, cokelat, alkohol, dan rokok
  3. Melakukan fisioterapi untuk mengatasi gangguan keseimbangan
  4. Akupuntur dan akupresur bagi sebagian orang mampu mengurangi gejala keduanya, namun sampai saat ini belum ada bukti ilmiah bahwa hal tersebut efektif.

3. Cara Mengatasi Vertigo dengan Obat Dokter

Jika anda berkonsultasi ke Dokter mengenai masalah vertigo, biasanya dokter akan memberikan obat vertigo agar anda merasa lebih nyaman sehingga mampu untuk meredakan sakit kepala, mual dan muntah. Beberapa jenis obat yang sering diberikan antara lain : meclizine, promethazine, diphenhydramine, dimenhydrinate, dan lorazepam.

Selain itu, dokter juga akan memberikan antibiotik atau steroid yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan penyembuhan infeksi.

4. Terapi Rehabilitasi vestibular (VRT)

Terapi tersebut dilakukan jika vertigo yang dialami menimbulkan gejala pusing dan sulit menjaga keseimbangan. Terpai ini diberikan untuk memperkuat sistem vestibular yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan, koordinasi, serta kontrol pergerakan tubuh

5. Cara mengatasi Vertigo dengan tindakan Operasi

Tindakan Operasi dilakukan bila vertigo disebabkan karena alasan serius seperti adanya tumor atau cedera pada otak. Tindakan operasi ini dilakukan untuk membantu meringankan hingga menyembuhnya penyakit ini.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengobati Vertigo Berdasarkan Penyebabnya  Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.