25 Cara Mengobati Sariawan Cepat Secara Alami dan Efektif AMPUH

Posted on

Cara Mengobati Sariawan – Sariawan atau stomatitis adalah inflamasi atau peradangan pada lapisan mukosa (selaput lendir) pada mulut, yakni terdapat pada bibir bagian dalam, pipi bagian dalam, gusi, lidah, dan langit-langit mulut. Peradangan yang terjadi pada sariawan biasanya ditandai dengan jaringan mukosa yang memerah, lalu akan membentuk ulkus atau tukak. Luka pada sariawan biasanya berbentuk bulat, oval juga tidak beraturan dan memiliki tepi yang terbatas tegas.

Meskipun luka pada sariawan relatif kecil dan sepele, tapi rasa sakit yang ditimbulkan akan sangat mengganggu terutama pada saat makan, berbicara, sata menggosok gigi dan cenderung menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Sebab itulah yang membuat kita harus dengan cepat melakukan penanganan agar sariawan lekas sembuh.

Cara Mengobati Sariawan

Cara mengobati sariawan sebenarnya sangat mudah, karena sebenarnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya namun memakan waktu agak lama. Simak beberapa cara berikut ini untuk mengobati sariawan.

1. Mencari penyebab sariawan
Langkah pertama untuk mengobati sariawan yaitu dengan mencari terlebih dahulu penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya kita akan lebih mudah melakukan penanganan. Sariawan dapat disebabkan karena terlalu banyak makan buah nanas, melon, kopi atau minuman lain yang panas, makanan pedas, keripik dan gorengan lainnya, dsb. Atau obat-obatan tertentu seperti antibiotik dan kemoterapi.

2. Hentikan penyebab sariawan
Jika anda telah mengetahui tentang penyebab munculnya sariawan, langkah selanjutnya yaitu dengan menghentikan penyebabnya, seeperti mengkindari makanan terlalu pedas dan menjaga pola hidup yang sehat. Sariawan akan membaik dalam kurun waktu 3 hingga 5 hari.

3. Menjaga Kebersihan mulut
Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah sariawan adalah dengan selalu menjaga kesehatan mulut. Caranya dengan berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam selama 30 detik pada pagi, siang dan malam hari. Larutan garam berguna untuk membunuh kuman-kuman dan merangsang pembentukan sel-sel baru untuk menyembuhkan sariawan.

4. Hindari menggunakan mouthwash
Jika sudah terkena sariawan, sebaiknya hindari penggunaan mouthwash karena dapat menyebabkan iritasi dan membuat sariawan tak cepat sembuh.

5. Gunakan sikat gigi lembut
Untuk menggosok gigi, sebaiknya anda menggunakan sikat gigi dengan senar yang lembut untuk meminimalisir timbulnya trauma pada bagian mulut.

6. Hilangkan rasa sakit pada sariawan
Anda dapat mencoba menghilangkan rasa sakit pada sariawan dengan menggunakan obat kumur atau dengan obat untuk diminum. Untuk obat kumur dapat menggunakan antasida yang dikombinasi dnegan difenhidramin (benadryl), dan obat yang diminum dapat menggunakan parasetamol, ibuprofen atau asam mefenamat.

Selain menggunakan beberapa cara diatas, anda juga dapat mencoba mengatasi sariawan dengan menggunakan beberapa cara alami. Selain dari faktor eksternal seperti terlelu banyak makan pedas dan terkena bulu sikat gigi, sariawan juga dapat disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi seperti kekurangan vitamin B12, vitamin C dan zat besi. Untuk mengatasinya simak beberapa cara berikut.

1. Yoghurt
KOnsumsi yoghurt dapat membantu menyembuhkan sariawan. Yoghurt adalah salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk membantu menyembuhkan sariawan. Yoghurt bekerja untuk mengatur keseimbangan bakterti dalam mulut.

2. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki fungsi yang bagus untuk mengurangi masalah nyeri dan peradangan, sehingga sangat efektif digunakan untuk mengobati sariawan. Cara mengobati sariawan dengan minyak kelapa yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagian mulut yang terkena sariawan.

3. Minyak Peppermint
Selain minyak kelapa, anda juga dapat menggunakan minyak peppermint. Minyak peppermint bekerja untuk membantu meredakan rasa perih akibat iritasi pada sariawan. Caranya dengan mengoleskan minyak peppermint pada bagian mulut yang terserang sariawan, gunakan 2 kali setiap hari hingga sariawan dirasa sembuh.

4. Air kelapa
Selain dengan minyak kelapa, air kelapa juga dapat digunakn untuk mengatasi masalah sariawan. Cara yang digunakan yaitu dnegan berkumur menggunakan air kelapa atau dapat juga anda telan. Selain menyegarkan, air kelapa juga ampuh untuk mengatasi sariawan.

5. Jambu Air
Bagian yang digunakan adalah batang muda yang berwarna hijau. Caranya dengan menumbuk halus batang jambu air sekita 10gr lalu peras air dengan menambahkan 1/2 gelas air matang. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur.

6. Kopi bubuk
Cara selanjutnya untuk mengobati sariawan yaitu dengan menggunakan kopi bubuk, yaitu dengan mengoleskan kopi bubuk secara langsung pada luka sariawan lalau biarkan beberapa menit dan kumur hingga bersih. Lakukan secara rutin hingga sariawan pulih.

7. Air Garam
Garam bekerja untuk menarik cairan pada luka sariawan sehingga sariawan akan lebih cepat sembuh. Caranya dengan mencampurkan air hangat dengan garam lalu gunakan untuk berkumur 3 kali dalam sehari.

8. Berkumur dengan obat tradisional
Cara alami untuk mengobati sariawan selanjutnya adalah dengan menggunakan obat tradisional seperti ekstrak lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, juice plum, tea tree oil serta air hangat dengan garam.

9. Bawang putih
Bawang putih memiliki anti bakteri yang sangat tinggi. Sehingga dapat dengan efektif untuk mengobati sariawan. Caranya dengan menempelkan irisan bawang putih pada luka sariawan. Cara ini efektif untuk membunuh bakteri pada sariawaan.

10. Tomat
Cara alami lain utnuk mengobati sariawan selanjutnya adalah dengan menggunakna buah tomat. Anda dapat memakan buah tomat secara langsung atau dengan berkumur menggunakan juice tomat untuk membantu mengobati sariawan.

11. Daun kemangi
Cara selanjutnya untuk mengobati sariawan yaitu dengan menggunakan daun kemangi. Anda dapat mengunyah daun kemangi secara langsung. Cara ini bermanfaat untuk meredakan rasa pada sariawan sehingga mempercepat penyembuhan

12. Kunyit
Kunyit dapat juga digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya dengan menghaluskan kunyit lalu campur dengan sedikit gliserin hingga membentuk seperti pasta. Gunakan untuk dioles pada luka sariawan.

13. Baking soda
Baking soda efektif untuk membunuh kuman dan bakteri pada bagian luka sariawan sehingga mempercepat proses penyembuhan. Caranya dengan mencampurkan baking soda dengan air lalu gunakan untuk berkumur.

14. Pisang dan Madu
Kombinasi pisang dan madu dapat efektif untuk membantu mengobati masalah sariawan. Caranya dengan menghaluskan pisang matang secukupnya saja, lalu campurkan dnegan madu hingga membentuk pasta. Lalu oleskan pasta pisang dan madu pada luka sariawan dan diamkan selama 10 menit lalu berkumur hingga bersih.

15. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh tinggi akan senyawa zat asam dan vitamin C, dengan rasanya yang asam sehingga efektif untuk membunuh bakteri. Cara penyembuhannya yaitu dengan menempelkan dan mengunyah buah belimbing wuluh selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.

16. Delima putih
Buah delima putih dapat dimanfaatkan untuk mengobati masaah sariawan. Caranya dengan menumbuk halus biji buah delima lalu campur dalam segelas air dan gunakan untuk berkumur.

17. Daun sirih
Daun sirih mengandung antiseptik yang efektif untuk membunuh bakteri dalam mulut. Anda dapat mengunyah daun sirih secara langsung atau gunakan air rendaman daun sirih untuk berkumur.

18. Daun jambu biji
Daun jambu biji dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masalah sariawan. Caranya yaitu dengan merebus satu genggam dauh sirih dengan satu liter air hingga hanya tersisa sekitar satu gelas saja. Gunakan untuk berkumur atau sekaligus diminum.

19. Asam Jawa
Kandungan asamnya dapat dengan efektif membunuh bakteri penyebab sariawan. Caranya yaitu dengan rebus asam jawa dan kunyit, anda juga dapat menambahkan sedkit gula agar terasa lebih manis. Saring dan minum 2 kali sehari tiap setelah makan. Minum secara rutin hingga sariawan sembuh.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengobati Sariawan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.