20 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Lengkap dengan Gejala dan Penyebabnya TerAMPUH

Posted on

Penyebab dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan – Radang tenggorokan adalah rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan pada bagian belakang tenggorokan yang dalam kondisi medis disebut dengan faring, atau masyarakat sering menyebutnya dengan panas dalam.

Biasanya munculnya radang tenggorokan merupakan suatu gejala beberapa penyakit yang akan terjadi sperti terkena flu, demamn atau mononukleosis (demam kelenjar). Pada umumnya, sakit tenggorokan yang diderita akna sembuh dengan sendirinya tanpa melakukan berbagai pengobatan. namun radang tenggorokan akan membuat Anda merasa tidak nyaman karena tenggorokan akan terasa sakit atau panas, sehingga membuat Anda kesulitan untuk makan.

Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, seperti pada anak-anak, remaja, dewasa, pria maupun wanita. Pada anak-anak usia antara 5 hingga 15 tahun lebih rentan terkena sakit tenggorokan yang disebabkan beberapa faktor kesehatan seperti flu, batuk atau demam. Sedangkan untuk orang dewasa, 10% sakit tenggorokan yang mereka alami merupakan faktor penyebab adanya beberapa masalah kesehatan yang disebabkan karena bakteri streptococcus.

Gejala Radang Tenggorokan

Jika anda mengalami radang tenggorokan, pasti akan akan mengalami beberapa gejala yang muncul saat terjadi radang. Beberapa gejala radang tenggorokan antara lain:

  1. Sakit saat menelan
  2. Sakit kepala
  3. Demam
  4. Nyeri sendi
  5. Nyeri otot
  6.  Ruam pada kulit
  7. kelenjar membengkak pada leher
  8. Tonsil menjadi merah
  9. Bersin
  10.  Kelelahan

Gejala tersebut merupakan gejala umum dari radang tenggorokan. Namun, jika radang tenggorokan yang anda derita belum pulih selama 1 minggu, anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama jika mengalami gejala, seperti :

  1. Terdapat benjolan pada leher
  2. Sakit telinga
  3. Suara serak yang berlangsung lebih dari dua minggu
  4. Sulit bernapas
  5. Mengi
  6. Terdapat darah pada dahak dan ludah
  7.  sering meneteskan air liur akibat sulit menelan

Penyebab Radang Tenggorokan

Umumnya radang tenggorokan terjadi akibat adanya infeksi atau akibat virus bakteri yang menyebabkan flu, seperti beberpa virus yang dapat menimbulkan sakit tenggorokan seperti :

  1. Virus influenza
  2. Mononukleosis
  3. Virus campak
  4. Virus cacar air

Sedangkan bakteri yang menyebabkan nyeri pada tenggorokan adalah kelompok bakteri Streptococcus pyogenes, dan bakteri penyebab batuk pertusis dan difteri.

Namun dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, ada beberapa penyebab radang tenggorokan yang ditimbulkan hal-hal selain virus diatas, diantaranya.

  1. Faktor udara
  2. Adanya Alergi
  3.  Iritasi bajan kimia seperti polusi
  4. Otot tegang pada tenggorokan
  5. Adanya faktor kondisi medis seperti HIV dan Tumor

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Pada kondisi radang tenggorokan pada umumnya, rasa sakit tersebut akan sembuh kurang dari satu minggu. Berikut ini adalah beberapa cara dan tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan.

Tips mengatasi radang tenggorokan

1. Konsumsi makanan lunak agar lebih mudah ditelan dan konsumsi air hangat agar tenggorokan terasa lebih lega.
2. Hindari penyebab terjadinya iritasi seperti asap rokok, debu dan polusi
3. Hindari merokok karena merokok memang tidak baik untuk organ dalam tubuh
4. Berkumur dengan air garam atau antiseptik
5. Perbanyak konsumsi air minum
6. Hindari konsumsi minuman terlalu panas dan terlalu dingin karena dapat menyebabkan infeksi
7. Konsumsi permen pelega tenggorokan untuk membantu meingkatkan produksi air liur dan mencegah tenggorokan kering.
8. Cukup istirahat, sementara waktu anda juga dapat membatasi berbicara
9. Hindari berbagi-bagi makanan, minuman, serta peralatan makan dan minum.
10. Ciptakan udara yang nyaman agar tenggorokan tidak menjadi kering dan memicu iritasi pada tenggorokan.

Cara mengobati radang tenggorokan

Sebenarnya, radang tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-4 hari tanpa konsumsi obat. Tapi jika gejala yang muncul mengganggu aktifitas anda, anda dapat menanganinya dengan menggunakan obat alami seperti berikut ini:

11. Air garam
Air garam merupakan bumbu dapur yang ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan anda, air garam bersifat antiseptik yang dapat membunuh bakteri maupun virus penyebab radang tenggorokan yang anda alami. Selain itu, garam juga dapat membantu melarutkan lendir yang ada di tenggorokan. Untuk mengobati sakit radang tenggorokan, ada 2 cara yang bisa anda lakukan yaitu air garam tersebut untuk berkumur atau air garam tersebut anda minum. Cara mengobati radang tenggorokan dengan menggunakan air garam:

  • Siapkan segelas air putih bersuhu normal dan garam
  • Selanjutnya, larutkan 1-2 sendok garam kedalam air lalu aduk.
  • Gunakan untuk berkumur atau silahkan minum jika disertai dahak.

12. Bawang putih
Menurut beberapa ahli, bawang putih mengandung senyawa alicin yang dapat membantu membunuh bakteri dan meminimalisir peradangan. Nah, cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan menggunakan bawang putih yaitu:
Kunyah satu siung bawang putih mentah hingga halus lalu ambil segelas air putih bersuhu normal untuk berkumur-kumur.
Untuk menghilangkan rasa tidak enak dimulut, anda dapat meminum madu.

13. Lemon dan Madu
Salah satu manfaat madu yang sangat efektif yaitu untuk membantu mengatasi peradangan. Sedangakan lemon mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat untuk meingkatkan kekebalan tubuh. Dua kombinasi ini sangat efektif digunakan untuk membantu mengobati radang tenggorokan. Cara mengobati peradangan dnegan lemon dan madu adalah
Peras satu buah lemon lalu campurkan dengan madu kedalam satu gelas air
Minum campuran lemon dan madu tersebut sampai habis untuk membantu mengobati radang tenggorokan

14. Wedang Jahe
Jahe memiliki kandungan senyawa zingiberin yang membantu melancarkan peredaran darah, membantu menghilangkan racun dan mengatasi peradangan. Cara mengobati radang tenggorokan dengan wedang jahe yaitu dengan memarkan jahe lalu campurkan dengan satu gelas air panas, lalu minum wedang jahe sedikit sedikit selagi hangat dan rasakan sensasi hangat dari aroma jahe.

15. Steaming Minyak Kayu Putih
Steaming adalah pengobatan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan uap untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, meringankan sakit kepala, mengurangi peradangan hingga menghilangkan stress. Untuk mengatasi radang tenggorokan dengan steaming dilakukan dengan cara mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih dalam baskom berisi air panas lalu hirup aroma hangat yang keluar dari baskom. Untuk menghindari uap panas hilang, tutup kepala dengan handuk kering dan hirup berulang-ulang hingga peradangan membaik.

16. Konsumsi pisang
Saat menderita peradangan, anda akan merasa kesulitan untuk menelan, karena itulah anda disarankan untuk mengkonsumi makana yang lunak seperti pisang. Selain lembut, pisang banyak mengandung nutrisi. Buah pisang mengandung potasium yang tinggi sehingga mampu untuk mengurangi peradangan, menangkal radikal bebas, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

17. Rebusan Alang-alang
Selain bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil, menurunkan hipertensi dan mengatasi keputiha, akar alang-alang juga bermanfaat untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Cara mengobati radang tenggorokan dengan akar alang-alang yaitu dengan gunakan 1 genggam akar alang-alang dan rebus hingga mendidih. Saring dan minum rebusan alang-alang satu kali dalma sehari untuk mengobati radang tenggorokan.

18. Rebusan Cengkeh
Cengkeh dipercaya ampuh untuk membantu mengatasi radang tenggorokan. Cara mengobati radang tenggorokan dnegan cengkeh yaitu dengan merebus cengkeh dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Saring lalu tambahkan sedikit gula agar memiliki rasa. Minum selagi hangat untuk meredakan peradangan pada tenggorokan.

19. Teh hangat dan perasan
Segelas teh hangat yang ditambahkan dengan perasan air lemon dapat membantu mengatasi masalah radang tenggorokan. Teh mengandung banyak antioksidan yang membantu tubuh untuk melawan infeksi dan keadaan radang yang menyebabkan nyeri tenggorokan. Sedangkan lemon bermanfaat untuk membanti sistem metabolisme tubuh.

20. Cukupi asupan air putih
Selain istirahat yang cukup, anda juga harus memperbanyak konsumsi air putih untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain untuk membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, banyak konsumsi air putih juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi akibat radang tenggorokan.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengobati Radang Tenggorokan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.