35 Cara Mengobati Herpes Secara Alami dengan Mudah dan Efektif menyembuhkan

Posted on

Cara Mengobati Herpes Secara Alami  – Herpes adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus Herpes Simpleks (HSV). Herpes adalah jenis penyakit menular yang menyebabkan peradangan pada kulit bagian luar. Munculnya herpes ditandai dnegan munculnya ruam merah dan gelembung-gelembung berisi air yang biasanya sering muncul dan menjangkiti bagian mulut, kulit dan kelamin.

Herpes itu di bedakan menjadi beberapa macam, sesuai dengan penyebabnya yaitu

  • Herpes simplek yang ditandai dengan luka seperti melepuh dan berisi air,
  • Herpes zoster merupakan jenis herpes yang terjadi karena penyakit varisella yang kambuh lagi,
  • Herpes genital yang berada di daerah alat kelamin,
  • Herpes labialis jika herpes terdapat pada bibir.

Biasanya munculnya herpes tidak menimbulkan gejala awal, karena virus Herpes Simpleks Virus (HSV) mampu bersembunyi dari sistem kekebalan tubuh seperti pada sel-sel saraf. Untuk itu kita perlu mengetahui faktor penyebab herpes dan mencari cara mengatasi masalah herpes.

Penyebab Herpes

Herpes disebabkan akibat infeksi dari virus Herpes Simpleks Virus (HSV) , virus tersebut berkembang dalam tubuh sehingga menyebabkan timbulnya herpes pada kulit. Masuknya virus Herpes Simpleks Virus (HSV) dalam tubuh dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  1. Sebelumnya ada riwayat penyakit herpes
  2. Berhubungan intim dengan pasangan yang menderita herpes
  3. Udara yang kotor
  4. Kulit yang luka lalu terpapar oleh virus herpes
  5. Penderita diabetes
  6. Penykit cacar air
  7. Kekebalan tubuh menurun
  8. Faktor usia

Cara Mengobati Herpes Secara Alami

Setelah kita mengetahui tentang penyakit herpes, langkah selanjutnya adalah dengan mengetahui cara pengobatan yang dapat anda lakukan. Cara pengobatan yang kami berikan berikut ini yaitu dengan menggunakan cara alami yang cenderung lebih aman sehingga tidak menimbulkan efek samping.

Penyakit herpes harus dnegan segera ditangani agar kondisi kulit tidak dipenuhi oleh gelembung air yang menyebabkan rasa sakit atau rasa nyeri. Beberapa cara pengobatan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan antiseptik alami yang sangat baik untuk mengatasi segala macam infeksi. Cara mengobati herpes dengan bawang putih yaitu dengan geprek bawang putih hingga mengeluarkan getahnya, lalu balurkan pada luka herpes.

2. Kunyit
Ramuan tradisional selanjutnya untuk mengobati herpes adalah dengan minum rebusan rimpang kunyit atau dengan membalurkan kunyit pada luka herpes.

3. Jinten Hitam (Habbatussauda)
Habbatussauda memang dipercaya sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya dalah masalah herpes. Anda dapat mengkonsumi ramuan jinten hitam untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga bisa untuk menyemabuhkan herpes.

4. Lidah Buaya
Gel dalam lidah buaya mengandung vitamin E yang mampu membantu menyembuhkan herpes. Cara pengobatan herpes menggunakan lidah buaya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya langsung pada luka herpes. Lakukan secara rutin hingga herpes mengering dan sembuh.

5. Daun Mint
Gunakn daun mint dengan cara tumbuk hingga mengeluarkan sedikit air lalu balurkan daun mint pada luka herpes. Jika dilakukan secara rutin, cara ini dapat membuat herpes cepat membaik dan efektif menyembuhkan

6. Sambiloto
Selain bawang putih, sambiloto juga memiliki kandungan antiseptik yang ampuh untuk mengatasi masalah infeksi pada kulit. Cara yang dilakukan menggunakan sambiloto untuk mengobati herpes adalah dengan tumbuk sambiloto lalu balurkan pada luka herpes secara rutin dan herpes akan segera mengering.

7. Brotowali
Brotowali merupakan tanaman yang dimanfaatkan batangnya untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Batang brotowali yang terasa sangat pahit ini juga ampuh untuk mengatasi masalah herpes. Cara yang dilakukan untuk memngatasi herpes dengan brotowali adalah dengan merebus batang brotowali lalu minum air rebusan tersebut untuk menyembuhkan herpes.

8. Madu
Madu dapat dikonsumsi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu madu juga dapat dioleskan secara langsung pada luka herpes untuk mempercepat keringnya herpes.

9. Daun Dewa
Daun dewa juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati masalah herpes, caranya dengan rebus daun dewa dan konsumsi secara rutin.

10. Daun teh hijau
Selain menjaid minuman untuk membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mengobati herpes. Cara mengobati herpes dengan teh hijau adalah dengan seduh teh hijau lalu kompreskan teh hijau dengan menggunakan kain pada luka herpes secara rutin untuk mengoptimalkan penyembuhan.

11. Daun Binahong
Daun binahong memiliki efek dingin jika ditempelkan pada kulit. Daun binahong sering digunakna untuk mengobati jerawat, selain itu daun binahong juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati masalah herpes, dengan cara tumbuk daun binahong lalu balurkan pada luka herpes secara rutin hingga luka herpes mengering.

12. Waru Landak
Saat ini jenis tanaman waru landak jarang ditemui. Tapi, waru landak efektif untuk membantu menyembuhkan masalah herpes, dengan cara tumbuk halus daun waru landak lalu balurkan dan tempel ramuan waru landak lalu balut luka herpes dengan kain kasa. Lakukan secara rutin untuk hasil optimal.

13. Minyak Zaitun
Minyak zaitun juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati herpes yang berguna untuk melembabkan luka herpes dan antioksidannya bermanfaat sebagai pengobatan terbaik untuk penyakit herpes. Cara pengobatan yang dilakukan adalah dengan memanaskan minyak zaitun sebentar hingga hangat lalu oleskan pda luka herpes.

14.Echinacea
Echinacea adalah jenis tanaman bunga yang dari semua bagiannya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi herpes. Caranya dengan direbus lalu minum air rebusan secara teratur atau gunakan tumbukan dari Echinacea sebagai olesan pada luka herpes.

15. Es batu
Es batu digunakan untuk mengobati herpes dengan tujuan untuk meredakan rasa sakit dan rasa nyeri yang ditimbulkan dari herpes. Cara pengobatannya yaitu dengan mengkompreskan es batu pada luka herpes secara rutin.

16. Baking Soda
Baking soda dapat dengan efektif menyembuhkan herpes dengan cepat. Baking soda juga mampu menghilangkan rasa gatal dan sakit yang ditimbulkan dari herpes. Cara mengobati herpes dengan baking soda adalah dengan menaburkan baking soda pda luka herpes secara langsung dan tepuk-tepuk halus menggunakan kapas.

17. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh ini mengandung sifat antiherpetik, anti inflamasi serta meredakan rasa sakit serta juga mengandung terpen dan fenilpropanoid dengan antivitas anti viral. Caranya adalah dengan menyiapkan satu gelas air lalu tambahkan dengan beberapa tetes minyak pohon teh dan gunakan untuk membasuh area kulit yang terkena herpes.

18. Akar manis
Akar manis memiliki sifat terapeutik yang akan sangat membantu untuk mengobati infeksi dari herpes, senyawa asam glycyrrhizic melawan bakteri penyebab herpes dan untuk alternatifnya. Cara pengobatan menggunakan akar manis adalah dengan rutin mengkonsumsi kapsul akar manis.

19. Kantong teh hitam
Kandungan tannin pada teh hitam memiliki sifat anti virus dan anti inflamasi. Cara yang dilakukan untuk mengobati herpes dengan kantong teh hitam adalah dengan gunakan bekas kantong teh hitam untuk mengkompres luka herpes secara rutin.

20. Minyak kelapa
Minyak kelapa mengandung asam laurat yang bersifat anti viral dan anti bakteri. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa berkhasiat untuk membunuh virus herpes. Cara pengobatan herpes menggunakan minyak kelapa adalah dengan minum minyak kelapa 10 sampai 30 on minyak kelapa. atau dengan mengoleskan minyak kelapa pada luka herpes.

21. Teh Peppermint
Teh peppermint digunakan untuk membantu menenangkan rasa sakit dan pembengkakan akibat herpes. Cara mengobati herpes dengan teh pepermint adalah dengan konsumsi teh pepermint 2 kali sehari, dan gunakan pula teh peppermint untuk di oleskan pada luka herpes dengan bantuan kapas.

22. Cuka Apel
Cuka apel memiliki sifat desinfektan kuat serta anti inflamasi yang efektif untuk mengurangi tingkat keparahan pada herpes.

23. Garam Epsom
Gunakan campuran garam epsom pada air hangat untuk mandi. Garam Epsom dapat membantu mengobati masalah herpes dengan memberikan efek tenang dan mengurangi rasa sakit serta mempercepat luka herpes menjadi kering.

24. Kopi Hitam
Solusi lain untuk mengatasi herpes adalah menggunakan kopi hitam. Cara mengobati herpes dengan kopi hitam yaitu dengan larutkan kopi hitam lalu oleskan pada luka herpes secara rutin.

25. Tepung Maizena
Tepung maizena berperan untuk menyerap kelembaban yang ada dikulit sekaligus mengurangi rasa gatal dan membantu mengeringkan luka herpes lebih cepat. Cara mengobati herpes dengan maizena yaitu larutkan tepung maizena lalu oleskan pada area luka herpes menggungan kapas.

26. Lemon Balm
Lemon blam memiliki bentuk agak mirip dnegan daun mint, lemon balm mengandung flavonoid, asam fenolik serta asam rosmanirat yang akan membantu penyembuhan luka atau lecet. Larutkan lemon balm dalam segelas air dan biarkan selama beberaoa saat lalu rendam kapas di dalamnya dan oleskan langsung pada herpes.

27. Hindari menggaruk luka herpes
Umumnya luka herpes akan menggelembung dan berisi cairan, jika digaruk dan gelembung menjadi pecah, maka cairan tersebut akan menyebar dan herpes akan merambat ke bagian lain.

28. Gunakan cairan antiseptik
Gunakan cairan antiseptik untuk dicampurkan pada bak mandi. Cara ini berguna untuk membunuh virus bakteri yang adal pada tubuh.

29. Jangan gosok menggunakan handuk
Saat setelah mandi, kebiasaan yang sering kita lakukan adalah menggosok badan menggunakan handuk. Namun jika anda terkena herpes, cara ini boleh dihentikan terlebih dahulu untuk menghindari gelembung herpes pecah dan menular kebagian lainnya.

30. Konsumsi sayuran berwarna merah dan jingga
Sayuran dengan warna merah dan jingga banyak mengandung seperti karetonoid, bioflavonoid dan juga vitamin C. Semua nutrisi ini sangat diperlukan tubuh untuk membentuk proses penyembuhan kulit atau luka dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh.

31. Jenis obat medis untuk herpes seperti :

  • Asiklovir
  • Valacyclovir
  • Famciclovir
  • Terapi Episodik
  • Terapi Penekanan

Itulah penjelasan tentang Cara Mengobati Herpes Secara Alami  .Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.