30 Cara Mengobati Flu dan Batuk Secara Alami Efektif Menyembuhkan

Posted on

Cara Mengobati Flu dan Batuk Secara Alami – Flu atau Influenza adalah infeksi virus yang terjadi pada saluran pernapasan yang terdiri dari hidung, tenggorokan dan paru-paru. Biasanya gejala terjadinya flu yang sering muncul diantaranya demam, sakit kepala, batu-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun hingga sakit tenggorokan. Flu datang secara tiba-tiba ketika sistem kekebalan tubuh menurun. Pada umumnya flu berlangsung selama 7 hingga 10 hari dan akan hilang dengan sendirinya.

Namun untuk kasus yang lebih parah, seperti flu yang terjadi pada orang tua, balita dan penderita yang memiliki sistem imun yang lemah flu dapat memicu komplikasi yang lebih hingga menyebabkan kematian. Komplikasi yang sering terjadi akibat flu adalah flu adalah flu babi (HIN1), flu burung (H5N1, H7N9), dan lain-lain.

Gejala Influenza

Tanda gejala munculnya flu dapat datang secara tiba-tiba, biasanya muncul mulai 24 jam hingga 48 jam setelah terkena paparan virus flu. Gejala yang sering muncul akibat flu seperti :

  • Demam berlangsung selama 3 hari
  • Badan terasa panas dingin
  • Nyeri pada otot
  • Tubuh terasa lebih lemah
  • Badan terasa lebih cepat lelah
  • Sakit kepala
  • Mata terasa sakit dan berat
  • Batuk disertai bersin-bersin
  • Hidung tersumbat
  • Pada anak-anak gejala flu disertai sakit perut

Penyebab Influenza

  • Flu disebabkan ketika tubuh terpapar oleh virus yang diklasifikasikan sebagai jenis A, B atau jenis C. Virus jenis A adalah jenis influenza yang paling umum terjadi.
  • Virus flu dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita flu seperti melalui batuk dan bersin.
  • Flu dapat menyebar melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi atau akibat daging hewan yang anda konsumsi.

Cara Mengobati Flu

Pada umumnya flu tidak memerlukan penanganan penanganan medis karena kondisi tersebut umumnya akan sembuh dengan sendirinya. Namun anda perlu melakukan pengobatan  untuk memperpendek durasi terjadinya flu seperti menggunakan beberapa cara pengobatan dibawah ini:

  1. Untuk meringankan rasa nyeri otot , penderita influenza dapat mandi dengan air hangat atau kompres dengan bantalan.
  2. Untuk mengencerkan sekret hidung atau ingus anda dapat menghirup uang hangat seperti dengan vaporizer.
  3. Untuk meringankan sakit tenggorokan anda dapat berkumur dengan menggunakan air garam kondisi hangat.
  4. Cukupi asupan mineral dalam tubuh untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan konsumsi suplemen vitamin daya tahan tubuh.
  5. Istirahat yang cukup untuk memberikan waktu bagi otot dan pikiran beristirahat.
  6. Konsumsi obat penghilang rasa namun anda terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep yang tepat.
  7. Menikmati sup ayam dipercaya untuk menyembuhkan masalah flu. Sup ayam berkhasiat untuk meredakan infkesi saluran pernafasan.
  8.  Hindari kopi dan alkohol karena zat tersebut cenderung dapat mengeringkan tubuh.
  9. Gunakan humidifier yang berfungi untuk melembabkan udara sehingga akan melegakan hidung.
  10. Berhenti merokok karena merokok dapat memperburuk kondisi flu
  11. Untuk menghindari virus flu menyebar, anda perlu sering mencuci tangan dengan menggunakan antiseptik. Cara ini efektf untuk membantu membersihkan kuman dan virus pada bagian luar tubuh.
  12.  Biasanya penderita flu akan kehilangan nafsu makan, namun paksa tubuh anda untuk tetap makan untuk melawan virus yang sudah masuk kedalam tubuh.
  13. Untuk melegakan hidung yang tersumbat karena flu, anda dapat tidur menggunakan posisi bantal tinggi untuk membantu mengalirkan cairan dari hidung.
  14. Makanan terbaik untuk mengatasi flu adalah telur. Kandungan protein dan asam amino dalam telur sanagt penting untuk melawan infeksi virus dari dalam tubuh.
  15. Sering membuang ingus saat flu baik dilakukan untuk menghidari hidung tersumbat. Namun lakukan cara ini secara perlahan.

Cara Alami Mengatasi Flu

  1. Cara mengobati Flu dengan Teh Hangat
    Mengkonsumsi teh hangat dapat anda lakukan untuk membantu badan terasa lebih segar. Selain itu, teh hangat juga efektif untuk membantu melawan virus penyebab flu. Kandungan plifenol seperti katekin berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Cara mengobati Flu dengan Jahe
    Jahe memiliki kandungan senyawa anti virus yang berkhasita untuk menghilangkan virus penyebab flu dan batuk. Jahe memiliki kandungan gingerol, minyak atsiri, terpenoid zingiberol serta shogaol yang merupakan senyawa yang digunakan sebagai obat batuk.
  3. Cara mengobati Flu dengan Madu
    Madu memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Madu berkhasiay untuk mengatasi flu dan batuk, madu juga mampu bekerja untuk mengurangi iritasi pada saluran tenggorokan. Agar lebih efektif, anda dapat mencampurkan madu dengan perasan air lemon.
  4. Cara Mengobati Flu dengan Ginseng
    Ginseng dipercaya ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Anda dapat menggunakan ginseng untuk campuran teh, sup atau dalam bubur.
  5. Cara Mengobati FLu dengan Makanan tinggi Seng
    Jenis makanan yang mengandung seng dapat membantu meningkatkan aktivitas tubuh dalam melawan flu. Seng juga membantu proses regenerasi sel tubuh yang aktif untuk melawan berbagai zat asing seperti virus. Cara ini akan membantu tubuh lebih kuat ketika sedang pilek. Jenis makanan tinggi seng antara lain udang, kepiting, kerang, tiram, daging kambing, sereal, keju, daging ayam, kacang mete, lentil, dan almond.
  6. Cara Mengobati FLu dengan Jus Elderberry
    Elderberry adalah buah ajaib dengan bentuk kecil berwarna ungu. Elderberry mengandung karotenois yang penting untuk melawan infeksi sedangkan kandungan vitamin C nya menjadi antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  7. Cara Mengobati FLu dengan Minum susu
    Susu baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin D dalam susu sangat penting untuk melawan infeksi. Namun anda harus cerdas, pilihlah susu yang tinggi kandungan lemak.
  8. Cara Mengobati FLu dengan makanan tinggi Omega 3
    Makanan yang tinggi akan omega 3 sangat penting dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh untuk melawan virus flu. Jenis makanan tinggi omega 3 terdapat pada ikan salmon, ikan tuna atau ikan makarel sangat baik untuk dikonsumsi.
  9. Cara Mengobati Flu dengan Teh Licorice
    Teh akar licorice akan membantu melawan infeksi dan memecahkan lendir yang bersarang di bagian tenggorokan atau hidung. Teh Licorice baik untuk membantu meningkatkan kondisi tubuh saat pilek karena juga menurunkan demam. Anda bisa mencoba membuat teh akar licorice dengan mencampurkan beberapa bahan seperti kayu manis, madu, akar licorice atau gula batu.
  10. Cara Mengobati Flu dengan Jus Jeruk Hangat
    Cara mudah untuk melegakan hidung flu yaitu dengan mengkonsumsi minuman jeruk hangat yang dicampur dengan madu. Selain melegakan, minuman ini juga mampu menjaga kekebalan tubuh.
  11. Cara Mengobati Flu dengan Steaming dengan Kayu putih
    Cara sederhana untuk mengatasi hidung flu selanjutnya yaitu dengan menggunakan kayu putih. Caranya dengan menuangkan beberapa tetes kayu putih pada semangkok air panas lalu hirup uap nya selama 10 menit dan hidung akan terasa lebih lega.
  12. Cara Mengobati Flu dengan Irisan Bawang
    Cara melegakan hidung tersumbat karena flu selanjutnya yaitu dengan menggunakan bawang merah. Cuci satu atau dua bawang merah lalu iris tipis lalu cium irisan bawang tersebut. Jika dilakukan secara rutin akan membuat hidung menjadi lebih lega.
  13. Cara Mengobati FLu dengan minyak Ecalyptus pada bantal
    Aroma pada bantal yang wangi akan memberikan efek terapi pada saat tidur. Jika tidak ada minyak ecalyptus, gunakan saja minyak kayu putih atau minyak semacamnya. Dengan aroma yang segar akan membuat anda lebih nyaman ketika tidur dan hidung menjadi sedikit lega.
  14. Cara Mengobati Flu dengan Biji Adas
    Biji adas sangat baik untuk membantu menghilangkan lendir atau cairan dalam hidung atau tenggorokan. Adas juga mengandung bahan yang bisa membantu menyembuhkan batuk dengan cara yang sangat alami. Adas memiliki rasa manis dan sedikit tajam ketika sudah dimasak. Untuk membantu mengatasi pilek sebaiknya adas direbus sebentar kemudian dicampur dengan air dan sedikit madu.
  15. Cara Mengobati FLu dengan Vitamin C
    Salah satu penyebab flu adalah menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga sering terserang penyakit. Cara efektif untuk tetap menjaga tubuh tetap fit yaiu dengan memperbanyak asupan vitamin C. Konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti mengkonsumsi buah jeruk, jambu biji, stroberi, mangga, tomat, buah kiwi, belimbing, dan buah naga. Konsumsi perasan air jeruk nipis atau lemon juga dapat membantu melegakan hidung tersumbat.

Cara terbaik untuk mengatasi flu adalah dengan dengan menjaga agar kebutuhan cairan tubuh Anda tetap terpenuhi. Itulah penjelasan tentang  Cara Mengobati Flu dan Batuk Secara Alami   Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.