20 Cara Mengobati Campak Secara Tradisional Aman dan Efektif Menyembuhkan

Posted on

Cara Mengobati Campak – Campak adalah infeksi virus yang ditandai dengan munculnya ruam pada tubuh dan menular.Munculnya campak terjadi akibat kondisi kekebalan tubuh seseorang sedang rendah dan tidak bugar. Penyakit campak dapat menyerang siapa saja, anak-anak, balita, remaja hingga dewasa, namun resiko terkena campak lebih tinggi terjadi pada bayi tanpa imunisasi atau anak-anak yang kekurangan gizi.

Campak disebabkan oleh Paramixvirus yang dapat menular, sehingga jika tidak ditanggani dengan tepat akan sangat menganggu dan mengarah pada komplikasi yang lebih serius. Untuk lebih mengenal penyakit campak, simak penjelasan dibawah ini :

Gejala Penyakit Campak

Gejala munculnya campak biasanya terjadi sekitar satu hingga dua minggu setelag virus Paramyxvirus masuk kedalam tubuh. Gejala yang biasanya muncul akibat campak seperti :

  1. Tanda awal biasanya badan terasa demam dan mengigil, flu, mata merah dan berair, bersin dan batuk, tubuh menjadi lemas dah mudah lelah.
  2. Setelah 3 hari akan muncul ruam besar berwarna merah pada kulit leher, telinga, muka dan selaput lendir mulut, yang diserati dengan rasa gatal.
  3. Mata lebih sensitif terhadap sinar, suhu badan naik 40 derajat hingga lebih.
  4.  Pada kasus yang lebih parah penderita juga berpotensi mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher.

Cara Mencegah Campak

Cara mencegah penyakit campak dapat dilakukan dengan memberikan vaksin anticampak pada saat bayi berusia sekitar 9 bulan (cukup 1 kali).
Untuk menghindari penularan, anda dapat menempatkan anak pada kamar yang berbeda sementara waktu.
Jika suhu tubuh masih panas, jangan mandikan anak, cukup bersihkan dengan handuk yang dibasahi air hangat.

Cara Mangobati Campak

Sistem kekebalan tubuh secara alami akan melawan virus campak, sehingga tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan campak. Karena itu penderita campak biasanya akan membaik tanpa memerlukan perawatan yang khusus dalam waktu satu hingga 2 minggu. Namun akibat penyakit campak yang diderita akan membuat penderita menjadi tidak nyaman dan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun. Berikut ini beberapa cara yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus campak.

1. Tingkatkan asupan cairan
Hindari penderita camapk dari dehidrasi. Selain melegakan tenggorokan, tubuh juga membutuhkan asupan cairan lebih tinggi agar sistem kekebalan tubuh tetap normal.

2. Kendalikan demam
Pada umumnya efek yang muncul akibat terkena campak adalah munculnya demam. Untuk itu anda perlu mengkonsumsi paracetamnol atau ibuprofen, untuk anak anda dapat memberikan paracetanmol bentuk cair.

3. Akar Manis
Akar manis memiliki kandungan senyawa organik asam glisiretinat yang bekerja mengubah hormon kortisol menjadi kortison sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih tenang. Cara mengobatinya dengan membuat teh dnegan akar manis dengan madu untuk dikonsumsi 2 kali sehari hingga gajala campak mulai hilang.

4. Daun mimba
Daun mikba atau sering dikenal dengan daun neem atau margosa memiliki kandungan antivirus dan antiseptik yang ampuh untuk mencegah virus berkembang biak dengan cepat dalam tubuh. Cara pengobatannya yaitu dengan rebus beberapa helai daun nimba dan gunakan air rebusan untuk membasuh campak atau dapat anda campurka pada air untuk mandi anda.

5. Lemon
Penderita camapk biasanya akan merasa mudah dehidrasi, untuk mencegah dehidrasi anda dapat menggunakan perasan air lemon. Air lemon memiliki peran unutk mencegah perkembangbiakan virus dalam tubuh. Selain itu, perasan air lemon juga mampu untuk mengobati gejala campak. Caranya dengan peras satubuah lemon lalu campurkan dengan air hangat, minum unutuk menghilangkan dehidrasi dan mengatasi campak.

6. Air kelapa
Air kelapa adalah kandungan elektrolit yang dibutuhkan oleh penderita campak agar tidak mengalami dehidrasi. Kandungan kalsium dan mineral pada air kelapa berfungsi untuk menutrisi tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh penderita campak.

7. Sup dengan bawang putih
Kandungan sulfur dalam bawang putih dipercaya ampuh utnuk membantu tubuh melawan virus. Cara terbaik mengatasi campak dengan bawang putih dengan menggunakan sup bawang putih. Campurkan sup dnegan berbagai sayuran untuk mendapatkan asupan yang membantu sistem imunitas tubuh tetap berjalan dengan baik.

8. Kunyit dan biji asam
Pengobatan lainnya untuk mengatasi campak adalah dengan menggunakan bubuk biji asam dan kunyit. Caranya dengan mencampurkan bubuk biji asam dan perasan kunyit, campur dan minum 2 kali sehari hingga gejala campak menghilang.

9. Telur rebus
Agar tubuh tidak kekurangan nutrisi salah satu makanan yang baik untuk mengembalukan energi tubuh adalah konsumsi telur rebus. Telur rebus kaya akan protein yang mampu membantu sistem imunitas untuk melawan virus.

10. Jahe
Jahe mengandung gingerol yang ampuh untuk mengobati penyakit campak. Gingerol bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe juga dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang sehingga akan lebih banyak istirahat. Caranya dengan rebus jahe dengan segelas air lalu minum pada malam hari agar dapat tidur dengan pulas.

11. Jus jeruk dan madu
Jeruk mengandung vitamin C, kalsium, dan mineral yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh penderita campak. Sedangkan madu memang sudah teruji baik untuk mengatasi berbagai penyakit termasuk penyakit campak. Cara pengobatannya yaitu masukan madu kedalam jus jeruk tanpa gula dan konsumsi hingga gejala campak menghilang.

12. Bunga Calendula
Bunga Calendula memiliki kandungan mineral yang penting untuk membantu mengobati campak. Cara pengobatan dengan bunga calendula yaitu rebus 3 cangkir air dan beri 1 sdt bubuk bunga candeluna. Minum air rebusan hingga gejala campk menghilang.

13. Hindari paparan sinar matahari
Saat terkena campak, mata akan lebih sensitif, karena itu salah satu solusi pengobatannya yaitu dengan menghindari matahari untuk mencegah rasa sakit terkena sinar matahari. Anda juga dapat mengkonsumsi vitamin a agar mata tetap sehat.

14. Kompres
Selain dengan konsumsi obat, cara untuk menurunkan demam adalah dengan melakukan kompres. Kompres berguna untuk membantu menurunkan panas akibat gejala campak.

15. Konsumsi buah-buahan
Tidak hanya mengandung vitamin, buah-buahan juga mengandung mineral yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Konsumsi buah-buahan untuk membantu mengatasi campak.

16. Singkong
Singkong dapat dimanfaatkan untuk mengatasi campak. Caranya yaitu dengan membuat bedak dari sari pati singkong, lalu balurkan bedak singkong pada campak.

17. Daun Jarak
Gunakan remasan daun jarak dengan campuran air untuk mandi, dan gunakan untuk mandi atau membasuh campak. Daun jarak memiliki kandungan zat aktif yang bekerja untuk membantu mempercepat pengeringan luka pada campak.

18. Bunga Gendola
Cara selanjutnya untuk mengatasi campak adalah dengan menggunakan bunga gendola. Caranya dengan cuci bersih 30 gram bunga gendola dan rebus dengan 3 gelas air. Biarkan hingga tersisa 1 gelas saja dan minum 3 kali sehari.

19. Wortel dan Sawi
Pengobatan alami lainnya untuk membantu mengobati campak adalah dengan menggunakan sawi dan wortel serta daun ketumbar. Caranya dengan cuci bersih dan wortel, daun ketumbar dan sawi lalu blender hingga halus dengan campur air tebu/ Minum 2 kali sehari hingga gajala campak hilang.

20. Adas dan Benalu
Pengobatan alami lainnya untuk mengatasi campak adalah dengan menggunakan adas dan benalu. Cara pengobatannya adalah dengan cuci dan bersihkan adas dan benalu tumbuk dan oleskan pada luka campak. Lakukan hingga campak mengering.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengobati Campak Secara Tradisional  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.